Audit Sistem Informasi Dengan Framework Cobit 5 Pada E-Learning Menggunakan Domain DSS Dan MEA
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i1.163Keywords:
E-learning, COBIT 5, Audit sistem informasi, Efektivitas, Kematangan sistemAbstract
Dalam penelitian ini, akan mengaudit sistem informasi e-learning di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara menggunakan framework COBIT 5 untuk mengatasi tantangan efektivitas dan efisiensi yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja e-learning saat ini dan menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan layanan dan keamanan sistem e-learning. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, serta analisis kesenjangan untuk mengevaluasi kematangan sistem berdasarkan domain DSS dan MEA. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar proses e-learning telah mencapai tingkat kematangan yang baik (level 4), namun masih ada kesenjangan yang perlu diperbaiki, terutama pada manajemen kesinambungan (DSS04). Dengan memahami gap tersebut, Universitas dapat merencanakan perbaikan yang terfokus untuk meningkatkan kematangan sistem informasi akademik mereka dan mencapai target kematangan yang diinginkan. Penelitian ini tidak hanya memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja e-learning saat ini, tetapi juga menawarkan rekomendasi yang berguna untuk meningkatkan layanan dan keamanan sistem e-learning, yang dapat berguna bagi institusi pendidikan lain yang menghadapi tantangan serupa.
Downloads
References
A. Candra Dewi et al., “Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan,” Journal on Education, vol. 06, no. 01, pp. 9725–9734, 2023.
B. Husain and Mp. Megawati Basri, PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI. Surabaya: PUSTAKA AKSARA, 2021. [Online]. Available: www.pustakaaksara.co.id
B. Haninuna, “Pemanfaatan Teknologi E-Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Agama Kristen di Sekolah SMP Taruna Harapan Bangsa,” 2022.
D. Darwis and N. Yulianti Solehah, “PENERAPAN FRAMEWORK COBIT 5 UNTUK AUDIT TATA KELOLA KEAMANAN INFORMASI PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI LAMPUNG,” 2021.
M. Jasmin, F. Ulum, and M. Fadly, “ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA KOMUNITAS BARBERSHOPS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DELIVER SERVICE AND SUPPORT (DSS) (Studi Kasus : Kec, Tanjung Bintang),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 3, pp. 66–80, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
A. Aziz, F. Widianto, and A. Purwanto, “Analisis Pengunaan Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Tahun Pertama,” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, 2024, doi: 10.30605/jsgp.7.1.2024.3354.
N. Nur Hidayaturrohmah et al., “Implementasi Software as a Service pada Mata Kuliah Literasi Digital Kemanusiaan dalam E-Learning Universitas Negeri Semarang,” Desember, 2023. [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet
Z. Mustofa, S. Kom, and M. Kom, TEKNOLOGI INFORMASI TATA KELOLA. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2022.
F. Faliandy and T. Sutabri, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pendaftaran Perkara berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5,” Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 154–161, Jun. 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.143.
H. R. Talab and H. H. Flayyih, “AN EMPIRICAL STUDY TO MEASURE THE IMPACT OF INFORMATION TECHNOLOGY GOVERNANCE UNDER THE CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGIES ON FINANCIAL PERFORMANCE,” International Journal of Professional Business Review, vol. 8, no. 4. AOS-Estratagia and Inovacao, 2023. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i4.1382.
M. Reza and L. I. Prahartiwi, “AUDIT SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PADA KONSULTAN HUKUM AM BADAR & AM BADAR,” Indonesian Journal on Information System, vol. 8, Apr. 2023.
W. Wilonotomo, W. E. Putra, and D. Muhaemin, “ANALYSIS OF E-ARRIVAL CARD SYSTEM WITH COBIT 5 FRAMEWORK IN THE DELIVER, SERVICE, SUPPORT (DSS) DOMAIN,” TEMATICS: Technology ManagemenT and Informatics Research Journals, vol. 3, no. 1, pp. 91–102, May 2021, doi: 10.52617/tematics.v3i1.308.
J. Adithya, I. Belegur, C. Rudianto, and M. N. N. Sitokdana, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Menggunakan Framework Cobit 5.0 pada Domain Monitor, Evaluate And Asses (MEA),” pp. 107–114, 2018.
D. Iskandar and M. Rudyanto Arief, “AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA (Studi Kasus: Politeknik Indonusa Surakarta),” 2017.
Zulham, Z. Lubis, M. Zarlis, M. Reza Aulia, and Y. W. Tanjung, “Strategi Optimalisasi Adopsi Teknologi Sistem Barcode di Pt. Langkat Nusantara Kepong,” Technomedia Journal, vol. 8, no. 1 Juni, pp. 23–34, Apr. 2023, doi: 10.33050/tmj.v8i1.1935.
M. Khoirun Siddik, Y. Vitriani, T. Darmizal, P. Studi Teknik Informatika, and F. Sains dan Teknologi, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi pada Universitas Hang Tuah pada Domain Deliver and Support COBIT 4.1,” vol. 4, no. 3, pp. 725–735, 2024, doi: 10.57152/malcom.v4i3.1299.
N. Rai Vivien Pitriani, I. Gede Dedy Diana Putra, and G. Bagus Sugriwa Denpasar, “Paradigma Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Hindu di Masa Pandemi Covid-19 Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja,” Jayapangus Press Jurnal Penelitian Agama Hindu, vol. 7, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/JPAH
S. Pd. , M. Rizal Pahleviannur et al., Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka, 2022.
S. Indriane Maebari, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Evaluasi Layanan E-Learning Menggunakan Framework Cobit 5 Domain MEA dan EDM,” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 877–889, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1031.
S. S. Adiputra, C. Rudianto, and K. S. Wacana, “Evaluasi Layanan E-Learning Universitas Kristen Satya Wacana Menggunakan Framework COBIT 5.0 Domain Monitor, Evaluate, Assess (MEA),” JIFOTECH (JOURNAL OF INFORMATION TECHNOLOGY, vol. 3, no. 1, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arya Dwi Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.