Implementasi Website Profile UMKM Kripik Barokah Mbak Hana
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i3.326Keywords:
UMKM; Website Profile; Waterfall; Keripik Barokah Mbak Hana; Perancangan SistemAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian, terutama dalam
menghadapi tantangan era Industri 4.0 yang menuntut pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan
daya saing. UMKM Keripik Barokah Mbak Hana, yang terletak di Kebun Lada, Binjai Utara, Sumatra Utara,
merupakan usaha mikro yang memproduksi berbagai varian kripik dari ubi dan pisang. Namun, UMKM ini
menghadapi keterbatasan dalam hal pemasaran dan distribusi informasi karena belum memanfaatkan teknologi
website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun website profile untuk UMKM Keripik
Barokah Mbak Hana dengan menggunakan metode Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan,
desain sistem, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah website
yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi terkait produk, sejarah, visi dan misi, serta kontak
yang lebih mudah. Sistem ini memiliki dua jenis pengguna, yaitu guest (pengunjung) yang dapat melihat
informasi dan menghubungi admin, serta admin yang dapat mengelola konten website. Dengan adanya website
profile ini, diharapkan UMKM Keripik Barokah Mbak Hana dapat lebih dikenal luas dan dapat mengembangkan
usahanya secara efektif melalui media digital.
Downloads
References
Hesti Eian, Ria Estiana, Nurul Giswindi Karomah, Suharmanto, Handa Gustiawan (2022). Pemanfaatan
Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan, Vol. 3 No. 2, Hal 655-651.
H. Bouwman, et al. (2019). Digitalization, business models,and SMEs: Howdo businessmodel innovation
practices improve performance of digitalizing SMEs?Telecommunications Policy, 43 (2019) 101828.
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Cocid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis,
Vol. 9 No. 2, Hal 109.
Ariffiyanto Gema Prakoso, Oktalisha Kirana Ulum, Reno Fandika, Tuti Hasanah, Ramadhani Ilham,
Udin Ahidin, Yayan Sudaryana (2024). Penerapan Digital Marketing Di Kalangan Pelaku UMKM Bogor
Untuk Meningkatkan Jaungakuan Dan Daya Saing Bisnis, Vol. 5 No. 2, Hal 121.
D. A. Saputra, S. Sucipto, and T. Andriyanto (2022). Analisis Kualitas Website Sistem Informasi
Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri, Vol. 5 No. 1, Hal 17-22.
Y. Rahmanto (2021). Rancang Bangun Sistem informasi Manajemen Koperasi Menggnakan Metode Web
Enginnering (Studi Kasus: Primkop Kartika Gatam), Vol. 2 No. 1, Hal 24-30.
M. F. Allard and A. Voutama (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Hotel ‘Hotel Hebat’
Berbasis Website, Vol. 12 No. 2, Hal 1297- 1308.
P. Sianggian (2023). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web, Vol. 9 No. 02, Hal 41-
I. A. Dewi, L. Fitria, A. Desrianty, and A. U. Afifah (2020). The Development of Company Profile
Website for CV. Rian using Waterfall Model SDLC, Vol. 1 No. 2, Hal 75-85.
Hermansyah, Rian Farta Wijaya, Rahmad Budi Utomo (2023). Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun
Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Masjid Berbasis Web, Vol. 3 No. 5, Hal 563-571.
Darmeli Nasuitan, Muhammad Rendy Prayoga, Muhammad Sigit, Muhammad Naim Nasution, Nasywa
Rizky Fatihah (2024). Incoming Mail Archivicing System Using the Waterfall at the Regional Secretary
(SEKDA) of the Mayor’s Office of Medan, Vol. 1 No. 2, Hal 134-138.
B. Fachri and R. Wahyu Surbakti, “Perancangan Sistem Dan Desain Undangan Digital Menggunakan
Metode Waterfall Berbasis Website (Studi Kasus: Asco Jaya),” 2021. [Online]. Available:
http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Ardiansah Temi and Hidayatullah Dani, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Reservasi Lapangan
Futsal Berbasis Web,” Journal of Information Technology, Software Engineering, and Computer Science
(ITSECS), vol. 1, no. 1, 2023
Nasution, Y. R., & Kom, M. (2019). Aplikasi Mobile Media Pembelajaran Dasar Android Peneliti :
Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri ( Uin ) Sumatera Utara.
Nuzulidar, N., & Hamdi, N. (2019). Perancangan Game Tebak Kata Istilah Ilmu Komputer Berbasis
Android Studi Kasus Mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal Of Informatics And Computer
Science, 5(2), 175–185.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Osis, J., & Donins, U. (2019). Topological Uml Modeling. Topuml Modeling, November 2018, 133–151.
Https://Doi.Org/10.1016/B978-0-12-805476-5.00005-8
Pangestuti, R. (2020). Pembangkit Test Case Berdasarkan Model Unified Modeling Language (Uml)
Sequence Diagram Menggunakan Metode Simulated Annealing. Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim.
Perginan, A. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Petualangan The Adventure Of Kang Ujang
Menggunakan Algoritma Quadtree. Universitas Siliwangi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Sigit, Hendry

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.