Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI) http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi <p>Journal Name : <a href="http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/index" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI)</strong></a><br />Initial : <strong>JUKTISI</strong><br />Frequency of Publication : <strong>3 Kali dalam Setahun (Februari, Juni, dan September)</strong></p> <p>DOI Prefix : <strong><a href="https://doi.org/10.62712/juktisi" target="_blank" rel="noopener">https://doi.org/10.62712/juktisi</a></strong></p> <p>e-ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2963-7104" target="_blank" rel="noopener"><strong>2963-7104 (Online - Elektronik)</strong></a></p> <p>p-ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2962-3022" target="_blank" rel="noopener"><strong>2962-3022 (Print - Cetak)</strong></a></p> <p>OAI : <a href="https://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/oai" target="_blank" rel="noopener"><strong>https://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/oai</strong></a></p> <p> </p> <p>Editor in Chief : <strong>Muhammad Amin, S.Kom.,M.Kom</strong></p> <p>Publisher : <a href="https://lkpkaryaprima.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>LKP KARYA PRIMA</strong></a> NPSN : <strong>K0561388<br /></strong>Citation Analysis : <a href="https://scholar.google.com/citations?user=Hk2-6q4AAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener"> <strong>Google Scholar</strong></a></p> <p align="justify"><a href="http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/index" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI)</strong></a> Adalah sebuah Jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil karya ilmiah bertujuan untuk menyebarluaskan hasil pemikiran dan gagasan konseptual khususnya hasil penelitian komputer, teknologi informasi, sistem komputer untuk diwujudkan secara berkelanjutan sebagai sarana informasi maupun referensi dikalangan akademisi dan mahasiswa ataupun untuk umum.</p> en-US supiyandi.mkom@gmail.com (Supiyandi, S.Kom., M.Kom) napsterzal@gmail.com (Chairul Rizal, S.Kom., M.M.S.I) Sun, 11 Feb 2024 22:27:25 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Calon Badan Eksekutif Mahasiswa Berbasis Web http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/97 <p>Dalam penelitian ini, akan dilakukan perancangan sistem informasi pendaftaran calon BEM berbasis web yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Diharapkan sistem ini dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi proses pendaftaran, serta memberikan kemudahan akses bagi calon peserta BEM UIN Sumatera Utara. Kerangka Kerja Penelitian meliputi Studi literaturr, Pengumpulan data, Perancangan sistem, dan Pembuatan laporan. Pengembangan Perangkat Lunak penelitian ini menggunakan SDLC (<em>Software Development Life Cycle</em>) dengan model <em>waterfall</em>. Proses pendaftaran calon anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang masih dilakukan secara manual menggunakan formulir fisik dan pengumpulan dokumen secara langsung menghadapi berbagai kendala. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dibangun perancangan dan pengembangan sistem informasi pendaftaran calon BEM berbasis web. Sistem ini akan memberikan solusi dalam hal aksesibilitas, kecepatan, dan akurasi dalam proses pendaftaran.Studi ini membahas tentang perancangan sistem informasi pendaftaran calon Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berbasis web di UIN Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendaftaran calon BEM melalui penerapan teknologi web.</p> Muhammad Fauzan Amri, Muhammad Arya Bintana, Milfa Aisyaroh, Fauziah Dechfina Copyright (c) 2024 Milfa Aisyaroh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/97 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Manajemen RT/RW Pada Dusun II Sukamaju Berbasis Web http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/93 <p>Perancangan Sistem Informasi Manajemen RT/RW Berbasis Web merupakan sebuah solusi inovatif untuk mengatasi masalah kompleksitas dan kurangnya efisiensi dalam pengelolaan informasi di tingkat unit pemukiman RT/RW. Masalah yang diteliti meliputi keterbatasan aksesibilitas, penyimpanan data yang tidak efisien, dan kurangnya koordinasi antara warga dan pengurus RT/RW. Dalam penelitian ini, kami merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem informasi manajemen berbasis web yang memungkinkan para pengurus RT/RW untuk mengelola informasi dan berkomunikasi dengan warga secara efektif. Sistem ini menyediakan berbagai fitur seperti database anggota warga, pengarsipan data, jadwal kegiatan, pemberitahuan, dan forum diskusi. Dalam perancangan sistem ini, kami menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak berbasis web yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan aplikasi, dan uji coba. Kami juga menerapkan teknologi terkini dalam pengembangan web seperti HTML, CSS, dan basis data MySQL untuk memastikan keamanan dan skalabilitas sistem. Dengan implementasi sistem ini, diharapkan akan terjadi peningkatan efisiensi dalam pengelolaan informasi dan koordinasi antara pengurus RT/RW dan warga. Warga dapat mengakses informasi terkini, berpartisipasi dalam forum diskusi, dan memberikan masukan kepada pengurus. Pengurus RT/RW dapat mengelola data dengan lebih baik, mempercepat proses administrasi, dan mengoptimalkan pemberian pelayanan kepada warga. Penelitian ini memberikan solusi konkret untuk meningkatkan kualitas pengelolaan RT/RW dengan memanfaatkan teknologi informasi. Diharapkan sistem ini dapat diadopsi oleh banyak unit pemukiman RT/RW untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu meningkatkan transparansi, partisipasi, dan efisiensi dalam pengelolaan komunitas setempat.</p> Raja Yusuf Siregar, Aldito Fayyadh Yustihar, Akbar, Olivia Maylina Copyright (c) 2024 Raja Yusuf Siregar https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/93 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Buku Tamu Pada Website Kantor Pencarian Dan Pertolongan Kelas A Medan http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/125 <p><strong>Abstract</strong></p> <p>The Medan Class A Search and Rescue Office is a government agency whose main task is to carry out rescue, search and rescue operations. This agency is also a bridge for coordination with other agencies to improve the evacuation process in certain circumstances. An agency visit often occurs to this agency. Visitors or guests are often recorded in a special agenda or book which is recorded conventionally. This condition is certainly less effective because recording is still carried out using physical books which are easily damaged and often cause queues when guests register themselves. After knowing this problem, the author designed a guest book information system which was intended to fill in the features on the Medan Class A Search and Relief Office website. The goal is to fill in guest data more neatly and not cause data loss or damage. The method used in this research is the waterfall method, this method has its own specifications, so that a system can be developed according to what is desired. The way this method works is systematically and gradually so that all information and results will be recorded well and distributed accurately and quickly. The system was built using the PHP programming language with MySQL as the database.</p> Fitri rahya Yanti, Yunita Dana Yanti Br Purba; Heri Santoso Copyright (c) 2024 Fitri rahya Yanti, Yunita Dana Yanti Br Purba; Heri Santoso https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/125 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Siskamling Berbasis Web Di Kelurahan Pasar Merah Timur Kota Medan http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/90 <p>Kelurahan Pasar Merah Timur merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Medan Area, Kota Medan provinsi Sumatera Utara. Selama ini, pada Kelurahan Pasar Merah Timur aktivitas menjaga keamanan lingkungan tidak pernah dilakukan oleh masyarakat setempat. Akan tetapi pada daerah ini memiliki Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang akan menjadi relawan dalam kegiatan siskamling ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan <em>website</em> untuk mengatur kegiatan siskamling secara <em>online</em> dengan merancang sebuah sistem informasi Siskamling untuk memudahkan dalam pemantauan kegiatan ronda sekaligus menentukan jadwal piket ronda supaya berjalan lancar. Sifat dari Penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah melalui wawancara dan observasi, dimana wawancara dilakukan dengan salah satu asisten dari Kepala Lurah setempat. Solusi dari permasalahan dipaparkan dengan UML dan perancangan ini menggunakan metodologi <em>waterfall</em><em>. </em>Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa dalam penggunaan aplikasi Siskol untuk pelaksanaan siskamling dapat memudahkan para relawan dan admin untuk membuat/melihat laporan dan melihat jadwal ronda.</p> Roya Hefifiya Siregar, Indah Novita Jambak, Aisyah, Rangga Abdillah, Calvin Aditya Harahap Copyright (c) 2023 Roya Hefifiya Siregar, Indah Novita Jambak, Aisyah, Rangga Abdillah, Calvin Aditya Harahap https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/90 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/94 <p>Kemajuan teknologi baru-baru ini berkembang sangat cepat serta dapat menjawab tantangan dan hambatan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dapat digunakan dalam bidang Pendidikan dengan menggunakan Sistem Informasi Berbasis web dalam penerimaan siswa baru. SMA Swasta Prayatna Medan merupakan &nbsp;Sekolah Menegah Atas Swasta yang memiliki 2 jurusan yaitu IPA dan IPS.SMA Prayatna Medan setiap tahunnya membuka pendaftaran siswa baru,SMA Swasta Prayatna Medan masih melakukan sistem manual yaitu mencatat semua nama nama siswa yang ingin mendaftar menggunakan&nbsp; buku dan fomulir pendaftaran dan menyimpan berkas nya di dalam lemari.Hal ini menjadikan para pihak sekolah kesulitan dalam mengelolah data yang setiap waktunya akan berubah terus menerus.Solusi dari permasalahan yang terjadi di SMA Prayatna Medan adalah membangun Sistem Informasi&nbsp; Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web di SMA Prayatna. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP Native dengan menggunakan Framework bosstrap dan MysSql sebagai database. Metode yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah menggunakan metode waterfall. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan data calon siswa baru.</p> Bayu Fadhli Erlangga Lubis, Nurul Amanda Khairani Lubis, Dwi Tyas Nurul Lita, Friska Andriani, Annisatul Padlah Copyright (c) 2024 Bayu Fadhli Erlangga Lubis https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/94 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Web http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/101 <p>Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan langkah awal dalam manajemen pelayanan sekolah kepada masyarakat dalam dunia pendidikan. Bagaimana sebuah sekolah melakukan promosi produk dan sekaligus pelayanan prima diawali dari penerimaan peserta didik, selanjutnya siswa/orangtua mendapatkan akses portal. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam melakukan rancang bangun sistem informasi penerimaan peserta didik baru, metode watefall adalah suatu metode yang merupakan perancangan System Development Life Cycle (SDLC) ,dimana perancangan diawali dengan requirement,design,implementaon,verificaon,dan maintenance. Proses penerimaan peserta didik baru pada lembaga pendidikan sering kali melibatkan banyak dokumen dan proses yang rumit. Oleh karena itu, dibangunlah sistem informasi PPDB berbasis web sebagai solusi untuk meningkatkan aksesibilitas, kecepatan, dan akurasi dalam proses tersebut. Dalam penelitian ini, akan dilakukan studi literatur mengenai PPDB, pengumpulan data terkait persyaratan dan prosedur penerimaan peserta didik baru, perancangan sistem informasi, implementasi sistem, pengujian, dan pembuatan laporan. Sistem informasi PPDB berbasis web ini akan mencakup fitur-fitur seperti pendaftaran online, pengumpulan dokumen secara digital, sistem seleksi dan penilaian calon siswa, serta pengumuman hasil seleksi secara transparan. Dengan adanya sistem informasi PPDB berbasis web yang dirancang dan dikembangkan dalam penelitian ini, diharapkan proses penerimaan peserta didik baru pada lembaga pendidikan dapat menjadi lebih efisien, terstruktur, dan memberikan kemudahan bagi calon peserta didik serta pihak terkait. Sistem ini akan membantu lembaga pendidikan dalam mengelola dan melacak data peserta didik baru dengan lebih baik, sehingga proses penerimaan dapat dilakukan dengan lebih akurat dan efektif..</p> Andra Swasti Atmaja, Abdul Syahputra Sidabalok, Muhammad Raihan, Faiz Alfian Putra, Nurul Ifkah Lolona Silalahi Copyright (c) 2024 nisa tompul https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/101 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Rancang Bangun Game 3D Edukasi Basic Web Development Menggunakan Unity 3D http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/131 <p><em>The development of games is a media that is favored by the public which can have good or bad effects, where a game is basically made as for entertainment but there are also those who use games as educational media. This research was conducted to create a basic web development educational game packaged in the form of RPG (Role Playing Games) games with the result that providing basic web development education that can be played by all audience, where learning about web development is currently quite popular with some people. The game system design process is made using UML diagrams which will be applied to the unity 3D application and the assessment obtained through a questionnaire of 82% of respondents agreed that this game can be provide basic web development education. This game is also implemented using a finite state machine algorithm that controls enemy behavior in each state and collision detection for interaction with other objects. In this process create several interface designs and also for the finite state machine algorithm implemented to the enemy animator to control the state of enemy behavior, and the collision detection algorithm is applied to areas that have a collider to display the interface and also play background music.</em></p> Rendy Irawan, Yunita Sari Siregar, Mufida Khairani Copyright (c) 2024 RENDY IRAWAN https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/131 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Aplikasi Enkripsi Data Video Menggunakan Metode Rsa Dan Blowfish Berbasis Web http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/143 <p>Perkembangan teknologi pada era digital sekarang ini memiliki dampak yang begitu besar dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah teknologi video. Video merupakan salah satu media komunikasi yang paling populer dan banyak digunakan terutama dalam hal konferensi, rekaman rapat kantor, rekaman belajar mengajar oleh guru dan lain sebagainya. Akan tetapi, karena banyak orang cenderung berbagi dan menyimpan video dalam jumlah besar di internet, keamanan data video menjadi hal yang sangat penting untuk dilindungi agar data video tidak bisa di akses oleh orang yang tidak berwenang. Dengan demikian peneliti merancang sebuah aplikasi enkripsi data video yang menggunakan metode <em>RSA(Rivest Shamir Adleman)</em>&nbsp; dan <em>blowfish</em> sebagai algoritma keamanan untuk meningkat tingkat keamanan dan kecepatan performa enkripsi dan dekripsi. hasil uji coba penelitian pada sistem aplikasi enkripsi data video menggunakan metode <em>RSA</em> <em>(Rivest Shamir Adleman)</em>&nbsp; dan <em>Blowfish</em> menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu dan berhasil mengamankan data video dengan tingkat kecepatan dan keamanan yang tinggi, sehingga mengurangi resiko kebocoran dan peretasan data video.</p> Yusmaifany Yusmai; Tommy Tommy, Rosyidah siregar Copyright (c) 2024 yusmaifany yusmai; Tommy Tommy, Rosyidah siregar https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/143 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Rule Based Dalam Mendeteksi Serangan Multi Attack Pada Network Attached Storage http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/138 <p>Network Attached Storage (NAS) merupakan sebuah server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani<br>kebutuhan berkas data. NAS merupakan solusi terbaik sebagai media penyimpanan dan sharing data. Namun, aspek<br>keamanan data juga menjadi perhatian utama dalam penggunaan media penyimpanan NAS. Pengelola NAS server tidak<br>dapat menjamin keamanan data pada NAS server yang dikelolanya. Dalam melindungi dan mendeteksi serangan pada<br>NAS, penggunaan firewall sebagai keamanan sangatlah disarankan sebagai benteng awal. Metode Rule Base yang<br>diimplementasikan dalam firewall untuk menguji seberapa besar akurasi keamanan NAS server, apabila NAS tersebut<br>diserang dengan serangan multi-attack (serangan ganda). Serangan multi-attack dibagi menjadi dua, yaitu brute-force<br>attack dan a denial-of-service (DDoS). Analisis forensik juga diperlukan untuk mengetahui apakah ada intruder yang<br>melakukan penyerangan, diperlukan juga wireshark sebagai paket capturing dan snort sebagai paket sniffing yang berbasis<br>Intrusion Detection System (IDS) dalam pengujian serangan. Pengujian dilakukan menggunakan metode rule based<br>terhadap firewall iptables pada NAS yang sangat efektif untuk memblokir serangan awal terhadap NAS. Dari 8 kali<br>pengujian, akurasi rule-based terhadap serangan multi-attack pada NAS sebesar 84% berhasil memblokir serangan dan<br>16% gagal memblokir serangan. Waktu yang diberikan berupa pembatasan limit bandwidth masuk dan limit-burst yang<br>diterapkan pada port icmp, udp, tcp ssh dan ftp. Rule-based berhasil memblokir serangan multi-attack yang ditujukan pada<br>NAS. Hasil dari penerapan metode rule-based pada firewall diharapkan dapat memblokir serangan ganda pada NAS. Pada<br>serangan brute-force rule base berhasil melakukan drop koneksi port aktif pada NAS, dan pada serangan DDoS rule base<br>juga berhasil melakukan drop terhadap socket flooding pada NAS.</p> Ilham Faisal, Divi Handoko, Halimansyah Putra Copyright (c) 2024 Halimansyah Putra https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/138 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Teknik Marker Based Tracking Pada Pembelajaran Interaktif Mengenal Hewan Laut Dalam Bagi Siswa Sekolah Dasar http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/141 <p>Penggunaan teknologi <em>Augmented Reality</em> (AR) dalam pendidikan telah menghadirkan peluang baru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini mengkaji implementasi teknik <em>marker-based tracking</em> dalam konteks pembelajaran interaktif yang bertujuan mengenalkan hewan laut dalam kepada siswa sekolah dasar. Dengan memanfaatkan AR, <em>marker</em>, dan multimedia, penelitian ini merancang dan mengembangkan aplikasi pembelajaran yang memadukan elemen-elemen tersebut. Aplikasi ini memanfaatkan <em>marker</em> khusus yang ditempatkan penanda yang telah disiapkan dan digunakan siswa. Ketika siswa mengarahkan perangkat mobile atau tablet mereka ke marker, teknologi <em>marker-based tracking</em> mengenali <em>marker</em> tersebut dan memicu munculnya objek 3D hewan laut dalam yang interaktif dan hidup di layar perangkat. Siswa dapat secara langsung menjelajahi dan berinteraksi dengan hewan laut, mendapatkan informasi tentang ciri-ciri fisik, dan habitat mereka dengan cara yang menarik dan mendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik <em>marker-based tracking</em> dalam pembelajaran interaktif ini dapat memperkaya pengalaman belajar siswa sekolah dasar. Mereka tidak hanya dapat mengidentifikasi berbagai jenis hewan laut dalam secara visual, tetapi juga memahami karakteristik mereka melalui interaksi langsung dengan model 3D. Selain itu, pendekatan ini memungkinkan guru untuk mengintegrasikan teknologi AR ke dalam kurikulum mereka dengan cara yang lebih menarik, membantu siswa mengembangkan minat dan pemahaman yang lebih dalam terhadap sains dan lingkungan laut. Implementasi teknologi AR, <em>marker</em>, dan multimedia dalam pembelajaran interaktif semacam ini menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan merangsang rasa ingin tahu serta pemahaman siswa terhadap dunia yang mengagumkan di bawah permukaan laut.</p> Eko Somba Harahap, Ilham Faisal, Arief Budiman Copyright (c) 2024 Eko Somba Harahap Eko https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/141 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan Sistem Rekomendasi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna Di Platform E-Commerce http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/145 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem rekomendasi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan konversi penjualan di platform e-commerce. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kebutuhan akan sistem rekomendasi yang dapat menyajikan rekomendasi produk yang lebih relevan dan personal kepada pengguna, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan konversi penjualan dan memperkuat hubungan antara platform dan pembeli. Metode penelitian yang digunakan mencakup analisis data menyeluruh untuk memahami preferensi dan perilaku pengguna. Selain itu, model rekomendasi berbasis kecerdasan buatan dibuat dengan menggunakan teknik pengajaran mesin dan analisis data untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih memuaskan bagi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi berbasis AI dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyajikan rekomendasi produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna. Selain itu, sistem ini berhasil meningkatkan konversi penjualan dengan mengoptimalkan strategi pemasaran dan memberikan manfaat operasional dalam bentuk efisiensi kerja. Oleh karena itu, penelitian ini membantu memahami peran sistem rekomendasi</p> Didi Riswan, Heri Eko Rahmadi Putra, Risfan Nazar Saputra Copyright (c) 2024 Didi Riswan, Heri Eko Rahmadi Putra, Risfan Nazar Saputra https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/145 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Identifikasi Proses Knowledge Management Systems Pegawai (Studi Kasus: Direktorat Jenderal Pajak) http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/142 <p>Dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak negara, Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan, bertanggung jawab terhadap keuangan negara khususnya dalam proses pengelolaan pajak dari wajib pajak. Untuk karena itu, DJP harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berintegritas. Pengelolaan pegawai dilaksanakan oleh Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Pemberhentian Pegawai (P4). Bagian P4 harus menyediakan tenaga ahli yang berkualitas tinggi sesuai bidang unit lain yang membutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi prioritas proses <em>knowledge management sytems</em> (KMS) guna mengelola pengetahuan SDM di Bagian P4. Metode kuesioner, observasi, dan interview dilakukan dengan mengadopsi metodologi Fernandez dalam tahapan analisis faktor kontingensi, teknologi, proses, infrastruktur, dan mekanisme (KM). Dari hasil analisis diketahui KM proses yang menjadi prioritas pengembangan adalah sosialisasi untuk penemuan pengetahuan, pertukaran pengetahuan, eksternalisasi pengetahuan, dan internalisasi pengetahuan sebagai urutan yang paling penting dalam merancang KMS Bagian P4,</p> Siti Rohajawati Copyright (c) 2024 Siti Rohajawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/142 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Web http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/147 <p>Program Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang akan membantu mereka masuk ke dunia kerja di masa depan. Program ini juga dikenal sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU). Untuk memastikan ketersediaan data dan informasi saat menyimpan, mendistribusikan, dan pengambilan keputusan stategis berdasarkan informasi yang diolah oleh sistem informasi MBKM, sistem informasi sangat diperlukan. Tujuan penelitian adalah untuk membangun sistem informasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dapat mengolah data MBKM siswa untuk digunakan sebagai sumber informasi yang bermanfaat dalam proses pengambilan kebijakan manajemen dan strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Waterfall untuk mengembangkan perangkat lunak. Hasilnya adalah sistem informasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dapat membantu memenuhi kebutuhan informasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan mendukung pencapaian IKU.</p> Barany Fachri, Chairul Rizal, Supiyandi Copyright (c) 2024 Barany Fachri, Chairul Rizal, Supiyandi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juktisi/article/view/147 Sun, 11 Feb 2024 00:00:00 +0700