Kegiatan Bercerita Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Jenderal Soedirman

Authors

  • Vera Krisnawati Universitas Jenderal Soedirman
  • Memet Sudaryanto Universitas Jenderal Soedirman
  • Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i3.69

Abstract

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman nilai-nilai karakter Jenderal Soedirman kepada siswa SD Negeri 4 Teluk. Setiap pertemuan tim pengabdian memberikan materi kepada siswa dengan melibatkan siswa di dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa sebelum dan sesudah dibekali nilai-nilai karakter Jenderal Soedirman. Siswa dapat mengetahui cara implementasi nilai-nilai karakter Jenderal Soedirman dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan karakter Jenderal Soedirman ini dilaksanakan secara bertahap, yaitu adanya pembelajaran, keteladanan, dan penguatan. Pembelajaran dilakukan dengan memberikan materi terkait dengan nilai-nilai karakter. Keteladanan dilakukan dengan memberikan contoh konkret pahlawana yang dapat diteladani nilai-nilai karakternya. Selanjutrnya, penguatan dilakukan dengan memberikan penugasan merangkum video atau buku cerita Jenderal Soedirman.

 

Kata Kunci: pemahaman; nilai-nilai karakter; Jenderal Soedirman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Ayuningtyas, D. R., Suharso, R., & Sodiq, I. (2016). Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman pada Masa Revolusi Fisik Tahun 1945-1950. Journal of Indonesian History, 5(1), 10–17.

Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–149.

Ghufron, A. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan.

Ningsih, T., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 8 Dan SMP Negeri 9 Purwokerto. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(2), 225–236.

Ramadan, Z. H. (2017). Pemahaman Kearifan Lokal di Sekolah Dasar sebagai Suatu Cara Membentuk Karakter Siswa. Pigur, 1(1), 84–93.

Saifuddin Zuhri, & Abidin, Z. (2012). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam SD Al-Azhar Solo Baru tentang Pendidikan Karakter. Suhuf, 24(2), 152–170.

Soelistyarini, T. D. (2011). Cerita Anak dan Pembentukan Karakter. Lokakarya Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Sastra Anak. https://www.academia.edu/7304333/Cerita_Anak_dan_Pembentukan_Karakter.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Wahyuni, Y., Sutarjo, A., & Wardana, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Patriotisme pada Film Jenderal Soedirman Sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Pembelajaran Kepahlawanan dan Patriotisme bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kalimaya, 6(2), 1–17.

Wibowo, M. U., Suryo, D., & Siswoyo, D. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Kejuangan Jenderal Soedirman dalam Pendidikan Karakter di SMA Taruna Nusantara. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 132–139.

Zubaidah, E. (2013). Pemilihan Nilai Karakter dalam Cerita Anak dan Teknik Penceritaannya. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 301–311.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Vera Krisnawati, Memet Sudaryanto, & Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho. (2024). Kegiatan Bercerita Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Jenderal Soedirman. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(3), 236–240. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i3.69

Issue

Section

Articles