Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS) http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas <p>Journal Name : <a href="http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/issue/view/2" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS)</strong></a><br />Initial : <strong>JURIBMAS</strong><br />Frequency of Publication : <strong>3 Kali dalam Setahun (Maret, Juli, dan Oktober)</strong><br />DOI Prefix : <strong>On Process</strong><br />p-ISSN : <strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220729571936855" target="_blank" rel="noopener">2962-3677 (Cetak - Cetak)</a></strong><br />e-ISSN : <strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220705320519313" target="_blank" rel="noopener">2961-7286 (Online - Elektronik)</a></strong></p> <p>Editor in Chief : <strong>Chairul Rizal, S.Kom., M.M.S.I</strong></p> <p>Publisher : <a href="https://lkpkaryaprima.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>LKP KARYA PRIMA</strong></a> NPSN : <strong>K0561388<br /></strong>Citation Analysis : <a href="https://scholar.google.com/citations?user=3yuYV5wAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener"> <strong>Google Scholar</strong></a></p> <p align="justify"><a href="http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/issue/view/2" target="_blank" rel="noopener"><strong>Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS)</strong></a> bertujuan untuk menyebarluaskan hasil pemikiran dan gagasan konseptual khususnya hasil penelitian dan teknologi pendidikan untuk diwujudkan di masyarakat, meliputi (1) Pengembangan TIK, Ilmu Komputer, Bidang ilmu pengetahuan, terapan, sosial, ekonomi, kesehatan, budaya dan pelayanan administrasi, (2) Pelatihan dan peningkatan hasil pendidikan, pertanian, informasi dan komunikasi, dan teknologi keagamaan (3) Pengajaran dan pemberdayaan komunitas dan komunitas pelajar, pemuda, pemuda dan organisasi masyarakat secara berkelanjutan.</p> en-US Sat, 15 Oct 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Kreatifitas Dan Pengetahuan Bina Lingkungan Pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Media Aquaponik Di Slb C Muzdalifah http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/22 <p style="font-weight: 400;">The contents of the abstraction, between 150-300 words, just one paragraph. Abstract includes the background or importance of community service topics, devotion goals, service partners, service methods and service results. If you use this template correctly, all numbering will be generated automatically. So you don't need to edit it manually. Of course, if you create a section of this paper that requires numbering after this template, the number will continue with the existing part number. Once again, you don't need to edit the part numbers, because if the contents of this template are deleted, the numbers will be sorted by themselves. If you want to try to delete the contents of this template, please back up first&nbsp;</p> siti anisah Copyright (c) 2022 siti anisah https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/22 Sat, 15 Oct 2022 00:00:00 +0700 Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru TK Nurul Muslimin http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/24 <p><span class="fontstyle0">Program pengabdian masyarakat yang bertajuk “Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru TK Nurul Muslimin” ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini melibatkan mitra yaitu para guru dan siswa TK Nurul Muslimin. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan. Kegiatan diawali dengan kunjungan awal untuk menganalisis situasi dan kebutuhan para guru di lokasi. Dari hasil kunjungan tersebut disepakati bahwa kegiatan ini difokuskan pada peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pemantauan dan penilaian untuk menindaklanjuti hasil kegiatan PKM dilakukan pada akhir kegiatan. Hasil penelitian&nbsp; menunjukkan bahwa setelah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat guru mampu memahami dan mengimplementasikan teori dan teknik pengembangan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa.</span> </p> Eka Putra, Supiyandi, Muhammad Amin Copyright (c) 2022 Eka Putra, Supiyandi, Muhammad Amin https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/24 Sat, 15 Oct 2022 00:00:00 +0700 Pelatihan Geogebra Bagi Guru Matematika Di Kota Balikpapan http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/25 <p><span class="fontstyle0">Diantara kesulitan dalam pengajaran matematika adalah siswa sulit memvisualisasikan materi pelajaran secara tepat. Dilain pihak, tidak semua guru matematika terampil dalam memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan materi pelajaran. Menghadapi tantangan tersebut, dilakukan pelatihan peningkatan kemampuan guru matematika baik tingkat dasar maupun menengah di Kota Balikpapan agar memiliki bekal yang mampu membuat siswa lebih tertarik dan memahami materi ajar dengan memvisualisasikannya secara tepat. Pelatihan diselenggarakan menggunakan perangkat lunak terbuka Geogebra dengan topik<br>pelatihan diantaranya menggambar grafik fungsi, bangun datar dan ruang. Berdasarkan umpan balik, diperoleh informasi bahwa peserta pelatihan antusias dengan materi pelatihan dan berharap pelatihan dapat terus dikembangkan dengan menambahkan topik pembahasan sesuai kebutuhan materi pelajaran matematika sekolah dasar dan menengah</span> </p> Sigit Pancahayani, Syalam Ali, Abrari, Winarni Copyright (c) 2022 Sigit Pancahayani, Syalam Ali, Abrari, Winarni https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/25 Sat, 15 Oct 2022 00:00:00 +0700 Penerapan Learning Management System Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Menengah Atas http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/26 <p><span class="fontstyle0">Sekitar 19,8 juta anak sekolah menengah di Indonesia saat ini belajar di bawah ancaman pandemi COVID-19. Untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran daring dan kerja dari rumah, yang mewajibkan seluruh sekolah menerapkan kebijakan “Belajar dari Rumah”. Kebijakan ini harus diterapkan mulai semester baru 2020-2021 dan perlu didukung oleh Learning ManagementSystem (LMS) beserta kompetensi seluruh pemangku kepentingan. Moodle dipilih karena gratis, dapat disesuaikan, dan dapat digunakan di server khusus untuk dikelola sepenuhnya oleh sekolah. Tahapan implementasi meliputi pengumpulan kebutuhan, instalasi dan konfigurasi, pengujian, pelatihan, dan evaluasi. Evaluasi tersebut mencatat beberapa kebutuhan untuk program selanjutnya, seperti menyederhanakan proses input untuk pertanyaan kuis, mengeksplorasi fitur yang lebih dalam, dan memberikan tutorial yang lebih informatif.</span></p> Irwan, Hamdi, Supiyandi Copyright (c) 2022 Irwan, Hamdi, Supiyandi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/26 Sat, 15 Oct 2022 00:00:00 +0700