Penerapan Metode SMART Dalam Menentukan Metode Pembelajaran Terbaik Pada Tingkat SMA

Authors

  • Anisha Fhuza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizky Akbar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Tasmara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zevi Yarti Simpa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v1i1.10

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran di sekolah, maka dari itu seorang guru
harus mengetahui serta mempelajari beberapa metode mengajar, dan juga harus dipraktikkan. Untuk mendapatkan
hasil belajar siswa yang tinggi,, maka guru dituntut untuk mendidik dan mengajar siswa dengan menggunakan
metode pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran merupakan proses
interaksi antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran terbaik pada tingkat SMA, hal ini dilakukan untuk mendorong
kemampuan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating
Technique) yang berguna untuk mempermudah para guru dalam menentukan metode pembelajaran yang paling
efektif untuk para siswa berdasarkan proses perangkingan terhadap alternatif kriteria yang telah ditentukan.
Perangkingan terhadap bobot nilai yang diambil berasal dari kriteria, yaitu: Dipahami Siswa (25%), Membuat Siswa
Lebih Aktif (20%), Membutuhkan Banyak fasilitas (15%), Membutuhkan Waktu Belajar Yang Banyak (15%),
Merangsang Kreatifitas Siswa (25%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-13

Issue

Section

Articles