Optimalisasi Promosi Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Desa Sei Limbat

Authors

  • Chairul Rizal Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Zen Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hendry Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.118

Abstract

Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi dan sosial suatu daerah dengan melibatkan aktifitas partisipatif warga lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi promosi dalam pengembangan Desa Wisata Sei Limbat, dengan fokus pada partisipasi masyarakat desa. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, survei, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif masyarakat desa memiliki peran penting dalam mengembangkan desa wisata. Namun, promosi desa wisata ini masih belum optimal dan perlu ditingkatkan. Dalam upaya meningkatkan promosi, penelitian ini mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat, termasuk pengetahuan, minat, dan keterlibatan mereka dalam kegiatan promosi. Selain itu, studi ini juga mengidentifikasi hambatan dan kendala yang menghambat partisipasi masyarakat dalam promosi desa wisata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan dan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan promosi desa wisata Sei Limbat dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat. Dengan demikian, pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat dapat menjadi sarana yang efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa Sei Limbat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, S., & Irawan, T. (2019). Community-Based Tourism in Indonesia: A Systematic Literature Review. Journal of Tourism, Hospitality and Sports, 28-43.

Haley, I., & Snaith, T. (2017). Rural Tourism Development: New Theory and Practice. Channel View Publications.

Ibrahim, J. E. (2015). The Role of Communities in Tourism Development in East Java, Indonesia. In Tourism, Development and Growth: The Challenge of Sustainability (pp. 83-100). Channel View Publications.

Nunkoo, R., Gursoy, D., & Ramkissoon, H. (2013). Organizational Support and Service Quality in the Context of Small and Medium Enterprises (SMEs) in the Tourism Industry. Tourism Management, 37, 55-65.

Gursoy, D., & Lu, L. (2012). Antecedents and Outcomes of Place Attachment and Continuance Intention in a Tourism Destination. Journal of Hospitality Marketing & Management, 21(4), 334-363.

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33.

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356.

Downloads

Published

2023-10-25