Toko Online Berbasis Web Dalam Mengenalkan Produk UMKM Pada Desa Suka Damai Kecamatan Kuala Kabupataen Langkat

Authors

  • Hendry Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Wasito Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Supiyandi Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.119

Keywords:

Toko onlie, Website, UMKM, Desa Suka Damai

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan toko online berbasis website kepada masyarakat Desa Suka Damai sebagai bagian dari upaya meningkatkan promosi produk UMKM desa. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode praktis dan partisipatif, memungkinkan peserta untuk belajar dan mengimplementasikan toko online dalam konten produk UMKM desa secara langsung. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta terkait pembuatan website. Dengan penerapan teknik SEO yang tepat, produk desa menjadi lebih mudah ditemukan di hasil pencarian, meningkatkan eksposur produk desa secara digital. Dampak positif dari pelatihan ini dapat diamati dari peningkatan trafik web ke situs web desa, peringkat halaman yang lebih baik di mesin pencari, dan peningkatan interaksi pengguna dengan konten produk desa. Selain itu, pelatihan ini juga membuka peluang baru bagi masyarakat desa untuk memanfaatkan platform digital sebagai alat promosi yang efektif dan mendukung perkembangan ekonomi desa secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., Sulistianingsih, I., Syam, F. H., & Kurniawan, B. (2022). Rancangan Aplikasi Dusun Nusantara berbasis Web sebagai Media Promosi Wisata dengan Metode SEO. No, 4, 16–22.

de Vries, L., Gensler, S., & Leeflang, P. S. H. (2017). Effects of Traditional Advertising and Social Messages on Brand-Building Metrics and Customer Acquisition. Journal of Marketing, 81(5), 1–15. https://doi.org/10.1509/jm.15.0178

Gillpatrick, T., & others. (2019). The digital transformation of marketing: Impact on marketing practice & markets. ECONOMICS-INNOVATIVE AND ECONOMICS RESEARCH JOURNAL, 7(2), 139–156.

Indrawan, M. I., Ritonga, H. M., & Sari, D. S. (2022). Entrepreneurship Education and Digital Marketing for Improving the Welfare of the Community–A Case Study on Gada Village, Gunungsitoli Regency, Nias. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5).

Kumar, G., & Paul, R. K. (2020). Literature review on on-page & off-page seo for ranking purpose. United Int. J. Res. Technol, 1, 30–34.

Nagpal, M., & Petersen, J. A. (2021). Keyword Selection Strategies in Search Engine Optimization: How Relevant is Relevance? Journal of Retailing, 97(4), 746–763. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2020.12.002

Sulistianingsih, I., Akbar, A., Mayasari, N., & Rahma, A. M. (2022). Rancangan Aplikasi Gogalas berbasis Web sebagai Listing Direktori Jasa Penggalas di Desa dengan Penerapan Metode Search Engine Optimization. 4(1A), 44–50.

Wahyuni, S., Sari, D. J., Hernawaty, H., & Afifah, N. (2023). TERNAKLOKA: A WEB-BASED MARKETPLACE FOR QURBAN AND AQIQAH. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 9(2), 249–254.

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33.

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356.

Downloads

Published

2023-10-25