Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Cinta Budaya/Chong Wen

Authors

  • Friska Ovani Purba Universitas Negeri Medan
  • Nurul Irwanoviana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.127

Keywords:

Numbered Head Together; Model; Pembelajaran; Hasil Belajar.

Abstract

Jurnal pengabdian ini mendokumentasikan implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di SMP Cinta Budaya dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan pengabdian ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang melibatkan guru dan siswa dalam pengenalan, pelatihan, dan implementasi Model NHT dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan selama satu semester akademik dengan partisipasi siswa kelas VIII sebagai kelompok eksperimen.Pendekatan NHT diimplementasikan dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil, di mana setiap anggota kelompok memiliki nomor tertentu. Guru menyusun pertanyaan atau tugas yang mendorong kolaborasi dan pemikiran kritis. Selanjutnya, setiap kelompok menyepakati satu anggota yang akan menjawab pertanyaan tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, dan evaluasi hasil belajar siswa.Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Cinta Budaya. Terjadi peningkatan partisipasi siswa, motivasi belajar, dan pemahaman konsep. Implementasi model ini juga memberikan dampak positif pada interaksi sosial antar siswa. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran berbasis kolaborasi di tingkat sekolah menengah pertama. Implikasi dari pengabdian ini adalah potensi peningkatan kualitas pembelajaran dan pencapaian akademis siswa melalui pendekatan yang melibatkan mereka secara aktif dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Slavin, R. E. (1996). Research on cooperative learning and achievement: What we know, what we need to know. Contemporary Educational Psychology, 21(1), 43-69.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1994). Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning (4th ed.). Allyn and Bacon.

Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. San Juan Capistrano, CA: Resources for Teachers.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39-54.

Barkley, E. F., Cross, K. P., & Major, C. H. (2005). Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. Jossey-Bass.

Tudge, J. R. H., & Scrimsher, S. (2003). Lev Vygotsky on Education: A Cultural-Historical, Interpersonal, and Individual Approach to Development. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Educational Psychology: A Century of Contributions (pp. 207-228). Psychology Press.

Panitz, T. (1996). Collaborative versus Cooperative Learning: A Comparison of the Two Concepts Which Will Help Us Understand the Underlying Nature of Interactive Learning. Paper presented at the Annual Conference on Distance Teaching & Learning, Madison, WI.

Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2008). The Essential Elements of Team-Based Learning. New Directions for Teaching and Learning, 2008(116), 7-27.

Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning in Elementary Schools. Education 3-13, 42(1), 5-14.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative learning: Improving university instruction by basing practice on validated theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 85-118.

Kagan, S. (1989). Cooperative Learning Resources for Teachers. CA: Resources for Teachers.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative Learning: Improving University Instruction By Basing Practice On Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 85-118.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Gillies, R. M. (2007). Cooperative Learning: Integrating Theory and Practice. Sage Publications.

Sharan, S. (2010). Cooperative Learning for Academic and Social Gains: valued pedagogy, problematic practice. European Journal of Education, 45(2), 300-313.

Downloads

Published

2023-10-25