Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan MTs Al Fajar Teluk Kiri

Authors

  • Sulisfianti MTs Al Fajar
  • Sri Handayani Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.130

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa dan kesadaran mereka sebagai warga negara. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam pembelajaran PPKn. Pengabdian ini melakukan hal-hal seperti menemukan masalah kewarganegaraan yang relevan, membuat materi PPKn yang mendukung, dan membentuk kelompok kecil siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat sekitar. PBL adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai agen aktif dalam memecahkan masalah nyata sambil mengaitkannya dengan nilai-nilai Pancasila. Penggunaan PBL dalam PPKn menciptakan pembelajaran yang kontekstual, yang memungkinkan siswa untuk merasakan dampak nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pengembangan keterampilan pemecahan masalah, kolaborasi, dan keterampilan kritis juga didorong oleh PBL. Setiap kelompok siswa berpartisipasi dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan solusi masalah kewarganegaraan yang dihadapi masyarakat. Metode ini diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep PPKn secara konseptual. Mereka juga diharapkan dapat menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam situasi yang berbeda. Hasil presentasi kelompok dan peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Ketika PBL digunakan dalam pembelajaran PPKn, diharapkan dapat membantu siswa lebih memahami apa yang mereka pelajari dan membangun karakter kewarganegaraan yang kuat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Slavin, R. E. (1996). Research on cooperative learning and achievement: What we know, what we need to know. Contemporary Educational Psychology, 21(1), 43-69.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1994). Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning (4th ed.). Allyn and Bacon.

Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. San Juan Capistrano, CA: Resources for Teachers.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39-54.

Barkley, E. F., Cross, K. P., & Major, C. H. (2005). Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. Jossey-Bass.

Tudge, J. R. H., & Scrimsher, S. (2003). Lev Vygotsky on Education: A Cultural-Historical, Interpersonal, and Individual Approach to Development. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Educational Psychology: A Century of Contributions (pp. 207-228). Psychology Press.

Panitz, T. (1996). Collaborative versus Cooperative Learning: A Comparison of the Two Concepts Which Will Help Us Understand the Underlying Nature of Interactive Learning. Paper presented at the Annual Conference on Distance Teaching & Learning, Madison, WI.

Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2008). The Essential Elements of Team-Based Learning. New Directions for Teaching and Learning, 2008(116), 7-27.

Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning in Elementary Schools. Education 3-13, 42(1), 5-14.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative learning: Improving university instruction by basing practice on validated theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 85-118.

Kagan, S. (1989). Cooperative Learning Resources for Teachers. CA: Resources for Teachers.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative Learning: Improving University Instruction By Basing Practice On Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 85-118.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Gillies, R. M. (2007). Cooperative Learning: Integrating Theory and Practice. Sage Publications.

Sharan, S. (2010). Cooperative Learning for Academic and Social Gains: valued pedagogy, problematic practice. European Journal of Education, 45(2), 300-313.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2017). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson.

Hmelo-Silver, C. E. (2015). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 27(1), 61-74.

Pahl, C., & Rowland, S. (2018). Connecting PBL to PCK: Developing Research‐Informed Teaching Approaches in Secondary Education. European Journal of Teacher Education, 41(4), 474-490.

Savery, J. R. (2015). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 3.

Supriyadi, D., Yarmen, M., & Hadi, S. (2019). The Implementation of Problem-Based Learning Models on Civic Education Subjects in Increasing Student’s Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042080.

Yusnita, Y., Kusrini, E., & Zubaidah, S. (2018). Effect of Problem-Based Learning Models on the Civic Education Learning Outcomes of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 012067

Downloads

Published

2023-10-25