Pelatihan E-Marketing Kelopok Eks Pekerja Migran Mekar Harum Lestari Di Desa Bogangin Kecmatan Sumpiuh

Authors

  • Atiek Sri Purwati Universitas Jenderal Soedirman
  • Bambang Universitas Jenderal Soedirman
  • Sofiatul Khotimah Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i3.73

Keywords:

Pelatihan E-Marketing, Kelompok eks pekerja migran, desa bogangin

Abstract

Pelatihan E-Marketing ini mempunyai tujuan agar Eks pekerja Migran serta masyarakat di Desa Bogangin adalah dapat menerapkan metode pemasaran melalui E-Marketing sebagai upaya meningkatkan pangsa pasar produk olahan yang ada di Desa Bogangin Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas khususnya anggota kelompok usaha Kripik Lokdes “Desmigratif”. Pelatihan E-Marketing diharapkan mampu meningkatkan keahlian masyarakat dalam menggunakan pemasaran berbasis E-Marketing melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Shopee, dan aplikasi lainnya yang dapat membantu dalam pelaksanaan E-Marketing. Metode pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan mitra melalui program yang telah disepakati bersama yaitu dengan metode pelatihan, dan metode pendampingan. Indikator dalam melihat pencapaian tujuan dilakukan melalui rancangan evaluasi dengan membandingkan tingkat pengetahuan dan kemampuan serta kinerja produksi dan pemasaran mitra sebelum dan sesudah program penerapan IPTEKS. Hasil pengabdian menunjukan bahwa terdapat kenaikan yang positif antara rata-rata nilai pre-test dan post-test yaitu sebelum mitra mendapatkan pelatihan dan setelah mitra mendapatkan pelatihan, kenaikan tersebut yaitu sebesar 4.6 point. Selain Itu, terdapat perkembangan penggunaan E-Marketing mitra yang tadinya hanya sebatas menggunakan Whatsapp dan Facebook, menjadi bertambah dengan menggunakan Whatsapp Bussines, Facebook, Instagram, Tiktok, dan Shopee. Hal tersebut tentunya berdampak pada hasil penjualan mitra yang mengalami kenaikan yaitu sebesar 3,23 kg

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen koperasi. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tahun 2019 (Data sensus ekonomi 2016).

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tahun 2017 (Jumlah UMKM di Indonesia)

Kotler Philip, dan Gary Amstrong 2012. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson Education

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi Umkm Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175

Purnomo, N. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376–381. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11307

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (kedudukan, peran, dan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan menengah)

Sofiatul Khotimah,dkk. (2023). Pelatihan E-Marketing Bagi Penggiat Wisata Curug Gomblang Desa Kalisalak. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(3), 95-101.

Yessi Fitri Annisah Lubis,dkk. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dan E-Commerce Sebagai Media Promosi Untuk Pemasaran di Toko Ayaa Fashion. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(1), 35-40.

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356.

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33.

Downloads

Published

2023-03-26

Issue

Section

Articles