Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Berbasis Web Wedding Organizer

Authors

  • Edho Rahmat Harahap Universitas Negeri Padang
  • Vera Irma Delianti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v2i2.135

Abstract

Syariah Wedding Organizer  adalah  sebuah usaha  jasa  yang  bergerak  di  bidang pelayanan   jasa   penyewaan   perlengkapan pernikahan yang memiliki banyak pelanggan. Syariah Wedding Organizer ini memiliki strategi  yang   baik   dalam menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat serta lebih mengedepankan pelanggan (customer oriented)   dari pada keuntungan  semata (profit  oriented).  Peneliti melakukan penelitian pada jasa penyewaan perlengkapan pernikahan pada Syariah Wedding Organizer, pada pengamatan awal yang peneliti lakukan Syariah Wedding Organizer masih menggunakan sistem secara manual untuk melakukan pendataan customer dan juga pelayanan serta strategi promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Masalah lainnya yang peneliti temukan adalah kurang berkembangnya Syariah Wedding Organizer disebabkan oleh sistem pelayanan seperti pada proses pelayanan pelanggan tidak adanya fasilitas yang membantu pelanggan untuk menyampaikan saran, kritik, dan pertanyaan mengenai produk serta tidak adanya fasilitas yang membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi pelayanan seperti adanya promo dan adanya diskon. Perancangan CRM menggunakan bahasa Pemrogram PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini adalah implementasi  CRM  berbasis web yang dapat membantu Syariah Wedding Organizer  mempromosikan produk dan jasa layanannya kepada pelanggan lama dan baru serta membantu mempermudah pelanggan berkomunikasi dan melakukan order produk dan layanan Syariah Wedding Organizer.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Harahap, E. R., & Delianti, V. I. (2023). Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Berbasis Web Wedding Organizer. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 2(2), 439–443. https://doi.org/10.62712/juktisi.v2i2.135