Manajemen Proyek Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota Berbasis Website

Authors

  • Asrul Syabana UIN Sumatera Utara Medan
  • Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i1.162

Keywords:

Sistem Informasi, Pengelolaan Pelanggan, PT. PLN (Persero), Efisiensi, Waterfall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi pengelolaan pelanggan di PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan. Seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan, perusahaan menghadapi tantangan dalam mengelola data dan pelayanan pelanggan secara manual yang sering kali menyebabkan keterlambatan dan ketidaktepatan dalam penanganan keluhan. Solusi yang ditawarkan adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang mengotomatisasi proses pengelolaan data pelanggan, mulai dari pendaftaran, pengelolaan keluhan, hingga pelaporan. Metodologi pengembangan sistem menggunakan pendekatan Waterfall yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi sebesar 40% dalam pengelolaan data pelanggan dan penurunan waktu respon terhadap keluhan pelanggan hingga 30%. Dengan demikian, sistem informasi ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung operasional PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Armstrong and L. Yusron, Layanan Ketenagakerjaan dan MSDM: Handbook Manajemen SDM. Nusamedia, 2021.

N. P. Pujiati, “Peran Kualitas Pelayanan Pengaduan Pelanggan Pada Aplikasi Pln Mobile Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) ULP Kudus Kota.” UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG, 2022.

F. A. A. Pratama, I. B. G. Dwidasmara, and C. R. A. Pramartha, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DATA PELANGGAN PADA PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN MENGWI,” J. Pengabdi. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 91–100, 2022.

A. Rudini, Sistem informasi manajemen. CV. AZKA PUSTAKA, 2024.

T. Muhammad, “Automatic Meter Reading (AMR) System di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang,” 2023.

D. Saing, ““Evaluasi Kehandalan Jaringan Listrik 20 kV Berdasarkan Nilai SAIDI-SAIFI Terhadap Pemasangan Tabung Urgent Cut Out Di PLN (Persero) ULP Medan Baru”.

E. Turban, C. Pollard, and G. Wood, “B. Peluang dalam Penggunaan Sistem Informasi Manajemen,” Sist. Inf. Manaj. AI (Artificial Intell. as Futur. Manag. Inf. Syst. (Untuk Mhs. Ekon. Progr. Stud. Manajemen), vol. 94, 2023.

M. B. Ibrahim et al., Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

S. Kainulainen, “Research and Development (R&D),” in Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, Springer, 2024, pp. 5957–5959.

R. C. A. Kaseger, N. Adot, G. Rinaldi, V. V. P. Chandra, M. Rendo, and J. P. Nadapdap, “Observasi Implementasi Program Layanan di PT Pengadaian Cabang Bengkayang, Kalimantan Barat,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 6, pp. 9771–9783, 2023.

D. Vahlepy, “IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN WAY HALIM,” 2022.

E. P. Primawanti and H. Ali, “Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) for Business),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 267–285, 2022.

A. A. Wahid, “Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. Novemb., pp. 1–5, 2020.

H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Penerbit Andi, 2007.

M. Natsir, “Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Data Office Menggunakan Metode Blowfish Dengan Bahasa Pemrograman Java,” J. Format, vol. 6, no. 1, pp. 87–105, 2017.

R. B. Hadiprakoso, Rekayasa Perangkat Lunak. Rbh, 2020.

A. A. H. Siregar, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENGAJUAN KENAIKAN PANGKAT BERBASIS WEB PADA PT. PLN ULP MEDAN JOHOR.” Fakultas Sain dan Teknologi, 2022.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Syabana, A., & Yahfizham. (2024). Manajemen Proyek Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota Berbasis Website. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 3(1), 639–648. https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i1.162

Issue

Section

Articles