Pengembangan Website Media Promosi Pariwisata Super Prioritas Indonesia Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i3.243Abstract
Indonesia memiliki banyak tempat tempat wisata alam yang beragam, yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia ataupun masyarakat asing (Turis). Pada tahun 2023, industri pariwisata Indonesia mampu menyumbang sekitar US$ 10 miliar devisa negara. Posisi tersebut menjadi nomor empat setelah minyak, batu bara dan kelapa sawit. Menurut data dari PDTT Indonesia memiliki jumlah total 7.275 desa wisata yang tersebar di seluruh provinsi. Dengan dibuatnya website ini ditunjukkan beberapa destinasi destinasi dari berbagai pulau yang memiliki ciri khas nya masing-masing dari setiap daerah nya.Teknologi informasi menyediakan wadah informasi bagi para masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai destinasi wisata super prioritas yang ada di indonesia tersebar dari barat hingga timur Indonesia, adapun destinasi wisata tersebut yakni candi borobudur, danau toba, likupang, mandalika, dan juga labuhan bajo. Destinasi wisata super prioritas adalah bagian dari program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan destinasi wisata unggulan di berbagai daerah, dibuat oleh berdasarkan data destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Destinasi wisata super prioritas dibuat tidak hanya agar kunjungan ke wisata tersebut meningkat, melainkan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Dengan dibuatnya website ini, disediakan berbagai pilihan tempat bertujuan agar pengunjung dapat memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi terlebih dahulu dengan melihat bagaimana tempat tempat tersebut untuk memudahkan rencana perjalanan. Metode penelitian yang digunakan untuk keberhasilan website ini yakni metode waterfall, dengan metode ini dikembangkan website wisata super prioritas ini menggunakan wordpress dengan sistem pengerjaan yang berkala dan berurutan dari atas ke bawah. Adapun metode ini digunakan menyesuaikan data data dari website yang telah kami buat berdasarkan destinasi wisata super prioritas.
Downloads
References
S. Lambok, H. Muntasib, and B. Novianto, “Permintaan Ekowisata Wisatawan Mancanegara Di Taman Nasional Bromo
Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur,” Media Konserv., vol. 13, no. 2, pp. 79–84, 2008.
F. rahya Yanti, Y. dana yanti Br Purba, and H. Santoso, “Perancangan Sistem Informasi Buku Tamu Pada Website Kantor
Pencarian Dan Pertolongan Kelas A Medan,” J. Komput. Teknol. Inf. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 480–490, 2024, doi:
62712/juktisi.v2i3.125.
V. Vydia, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi Pada Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas
Semarang,” Jurnal The Messenger, vol. 1, no. 1. p. 42, 2009. doi: 10.26623/themessenger.v1i1.176.
I. Yunanda, N. Y. Praptiwi, A. E. Damayanti, and N. Nurhadi, “Pengembangan ekowisata berbasis evolusi bentanglahan
Danau Purba Borobudur kala pleistosen akhir di kawasan Borobudur,” Geomedia Maj. Ilm. dan Inf. Kegeografian, vol. 16,
no. 1, pp. 37–49, 2018, doi: 10.21831/gm.v16i1.20991.
H. Nala Estriani, “Kawasan Ekonomi Khusus (Kek) Mandalika Dalam Implementasi Konsep Pariwisata Berbasis
Ecotourism: Peluang Dan Tantangan,” J. Mandala J. Ilmu Hub. Int., vol. 2, no. 1, pp. 64–79, 2019, doi:
33822/mjihi.v2i1.995.
W. M. S. S. M. Hutahaean and M. Panjaitan, “Langkah Strategis Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Dalam Mewujudkan
Danau Toba Sebagai Pariwisata Super Prioritas Indonesia,” J. Ilmu Sos. Dan Polit., vol. 3, no. 2, pp. 257–273, 2023,
[Online]. Available: https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9239
M. R. Subandi, F. Kusnadi, and K. Putra, “Evaluasi Website Dinas Pariwisata Daerah di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas
Indonesia,” J. Manaj. Resort dan Leis., vol. 15, no. 1, pp. 11–18, 2018, [Online]. Available:
https://ejournal.upi.edu/index.php/jurel/article/view/11153
K. Al Ghofari and M. Kurniawan, “Pembuatan Sistem Informasi Management User, Management Praktikum dan Registrasi
Praktikum Berbasis Website di Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya Menggunakan Metode
Waterfall,” pp. 85–90, 2021.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen dan Pemodelan Topik dalam Optimalisasi Pemasaran Destinasi Pariwisata Prioritas di
Indonesia,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 459–470, 2021, doi: 10.51519/journalisi.v3i3.171.
D. S. Noya, H. S. Langi, and F. J. Doringin, “Rancang BangunWebsite Sebagai SaranaPromosi Wisata Pulau Lembeh,” Ind.
Res. Work. Natl. Semin., pp. 595–599, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/ojs-
1.2/proceeding/article/view/2767/2157
A. I. Anzela, “Diplomasi Komersial Indonesia: Studi Kasus 5 Destinasi Super Prioritas Tahun 2019-2022,” J. Pena Wimaya,
vol. 3, no. 2, 2023, doi: 10.31315/jpw.v3i2.9580.
S. Ekadewi, P. W. Yunanto, and Y. Sastrawijaya, “Pengembangan Website Dan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media
Informasi Dan Promosi Pariwisata Di Kabupaten Bangka Selatan,” PINTER J. Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 2,
no. 1, pp. 9–16, 2018, doi: 10.21009/pinter.2.1.2.
N. Afni, R. Pakpahan, and A. R. Jumarah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Dengan Implementasi Metode
Waterfall,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 2, pp. 99–104, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i2.6629.
Soebagyo, “Strategi Pengembangan Pariwisata di Indoneisa Soebagyo,” J. Liq., vol. 1, no. 2, pp. 153–158, 2012.
T. Sriwahyuni, Oktaria, and I. Parna Dewi, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pariwisata Berbasis Web (Studi
Kasus : Kabupaten Pesisir Selatan),” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 2086 – 4981, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 T. Amanda Syahrani, Kellin Audya, Nanda Amelia, Rifla Afdillah Hutabarat, Heri Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.