Analisis Minat Siswa Kelas 1 SMK Pada Ekstrakulikuler Sepak Bola Dengan Metode Technology Acceptance Model
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.344Keywords:
minat siswa, ekstrakurikuler, sepak bola, SMK, Technology Acceptance Model, sistem informasi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat siswa kelas 1 SMK Putra Jaya Stabat terhadap kegiatan ekstrakurikuler sepak bola, serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhinya. Untuk memperdalam pemahaman terhadap penerimaan siswa terhadap sistem informasi yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler, penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Model ini digunakan untuk mengukur pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap minat dan perilaku siswa dalam mengikuti serta memanfaatkan sistem informasi pendukung ekstrakurikuler, seperti jadwal digital, absensi daring, atau komunikasi tim secara online. Sampel penelitian berjumlah 74 siswa, ditentukan melalui rumus Slovin dari total populasi 280 siswa. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert dan dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan minat tinggi terhadap ekstrakurikuler sepak bola, serta bersikap positif terhadap penggunaan sistem informasi pendukung. Faktor internal seperti motivasi pribadi dan hobi, serta faktor eksternal seperti kemudahan penggunaan sistem dan dukungan sosial, berkontribusi terhadap tingginya minat tersebut. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam mengembangkan sistem informasi ekstrakurikuler yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Downloads
References
A. Gani, B. Ismaya, and A. Dimyati, “Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler SepakBola Di SMPN 1 Lemahabang Karawang,” Riyadhoh J. Pendidik. Olahraga, vol. 4, no. 2, pp. 47–54, 2022.
N. T. Sinaga, C. L. Verentia, B. A. Sitanggang, I. N. Siahaan, and A. A. Manurung, “Digital dharma: Transformasi digitalisasi pendidikan di SMA Swasta Dharma Karya Beringin Deli Serdang melalui peningkatan pembelajaran digital dan pengembangan non-akademik siswa,” J. Pengabdi. Nas. Indones., vol. 5, no. 2, pp. 418–425, 2024.
S. Mustafidah, “PERSONAL BRANDING DAN KESEHATAN FISIK: PENDEKATAN HOLISTIK DALAM KESIAPAN KERJA SISWA,” PROPER Protean Perspect. J., vol. 1, no. 1, pp. 36–43, 2025.
A. R. Effendy, I. S. Fallo, and O. Ding, “Pengaruh Metode Drill Terhadap Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Siswa Ekstrakurikuler,” J. Sport Acad., vol. 1, no. 1, pp. 47–59, 2022.
R. Rusdin, S. Salahudin, E. Rudiansyah, R. Saputra, and F. Furkan, “Peran Kepemimpinan Dalam Olah Raga Untuk Membangun Nilai Karakter Bangsa,” J. Pendidik. Jasm. Kesehat. dan Rekreasi, vol. 10, no. 2, pp. 90–106, 2023.
J. Ade, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Halmahera Selatan Melalui Penerapan Model Kooperatif STAD,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 20, pp. 998–1007, 2023.
A. Setiawan, “Use of Canva Application as Information Technology-Based Learning Media to Improve Social Media Motivation for PK-PLK Teachers in Tulungagung District,” in International Conference on Aplied Social Sciences in Education, 2024, pp. 541–550.
D. Setyaningrat, I. A. Mushlihin, and A. Zunaidi, “Strategi digitalisasi untuk mendorong inklusi keuangan nasabah bank syariah: Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM),” Proc. Islam. Econ. Business, Philanthr., vol. 2, no. 1, pp. 53–76, 2023.
J. Andriani and W. W. Winarno, “Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi" Pedulilindungi" dengan Technology Acceptance Model (TAM),” Zo. J. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 89–100, 2022.
A. Ardiansyah and S. Sutedi, “Jurnal Analisis Penerimaan Pengguna Sistem Pelayanan Perizinan Sektor Kesehatan Menggunakan TAM,” J. Teknol. Inf. Mura, vol. 16, no. 2, pp. 142–151, 2024.
N. Sutisna, “Implementasikan sistem informasi dalam mendukung perilaku pembelian terhadap keputusan pembelian e-commerce,” J. MENTARI Manajemen, Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 20–30, 2023.
I. Nur’aini, “SISTEM CHATBOT SEBAGAI LAYANAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA MENGGUNAKAN METODE LARGE LANGUAGE MODEL (LLM),” 2024, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
A. Wiranata and W. Rasyid, “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler SepakBola Siswa SMP Negeri 4 Kota Padang,” J. JPDO, vol. 3, no. 4, pp. 22–27, 2020.
M. S. Novelan and A. K. Sari, “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum Di Masyarakat Desa Kelambir V Kebun Kecamatan Hamparan Perak,” J. Has. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 285–290, 2024.
V. V. Suhartawan et al., Rencana Pengembangan Pengajaran Menuju Masa Depan Pembelajaran Yang Dinamis. Cendikia Mulia Mandiri, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Hasanuddin, Bayu Eka Susanto, Sujatmiko Ginting, Fakhri Rizaldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Muhammad Hasanuddin




