Analisis Pengalaman Pengguna pada Layanan Teknologi Informasi UNG Mengggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Design

Authors

  • Nurkesya Universitas Negeri Gorontalo
  • Mutia Retno Sawiji Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.345

Keywords:

user experience, information technology service, ITIL v3, service design, Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna terkait layanan teknologi informasi di Universitas Negeri Gorontalo. Masalah utama dalam penelitian ini adalah belum teridentifikasinya tingkat efektivitas layanan TI dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa yang merupakan pengguna utama. Alternatif yang diberikan adalah dengan menilai layanan menggunakan kerangka kerja ITIL versi 3 dalam domain Desain Layanan yang meliputi tujuh proses utama. Metode penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei yang dilengkapi instrumen berupa kuesioner berisi 43 pernyataan. Responden merupakan mahasiswa yang sedang aktif dari beberapa jurusan. Hasil pengujian validitas menunjukkan bahwa seluruh item dikategorikan valid dengan nilai korelasi > 0,3388. Reliabilitas instrumen juga tinggi dengan nilai Cronbach’s Alpha mencapai 0,875. Berdasarkan analisis yang dilakukan, tingkat kematangan layanan TI rata-ratanya berada di level 3 (Defined), yang menunjukkan bahwa proses telah terdokumentasi dan dioperasikan secara konsisten. Proses Manajemen Keamanan Informasi mencetak skor tertinggi (3,23), sementara Manajemen Kapasitas meraih skor terendah (2,08), yang menandakan adanya kebutuhan untuk memperbaiki pengelolaan kapasitas sistem. Studi ini menawarkan wawasan komprehensif mengenai pandangan mahasiswa tentang layanan TI dan dapat menjadi landasan dalam pengembangan peningkatan layanan di waktu mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. B. Suban and A. W. R. Emanuel, “Peran Framework ITIL V3 Mengukur Kualitas Layanan TI (Studi Kasus : Perpustakaan UAJY),” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 5, no. 2, pp. 59–63, 2020, doi: 10.30591/jpit.v5i2.1844.

N. L. Utami, A. Nazir, E. Budianita, and F. Insani, “Analisis kualitas layanan TI SIPATU UMRI menggunakan service operation ITILV.3,” J. Comput. Sci. Inf. Technol. ( CoSciTech ), vol. 5, no. 1, pp. 75–83, 2024.

F. A. Ekadana and Y. Kurniawan, “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Universitas Ma Chung Dengan Framework Itil Domain Service Strategy Dan Service Design,” Kurawal - J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 5, no. 1, pp. 31–44, 2022, doi: 10.33479/kurawal.v5i1.549.

E. Valentino, K. Yoputra, and N. Purwandi, “EXAMINING IT SERVICE MANAGEMENT SERVICE OPERATIONS UTILIZING THE ITIL V3 FRAMEWORK : A,” no. February 2019, pp. 1–6, 2024.

K. P. Sholekha, “Optimizing IT Service Strategies: A Performance Assessment through ITIL V3 in PT XYZ IT Operations Division,” IJIIS Int. J. Informatics Inf. Syst., vol. 6, no. 4, pp. 169–180, 2023, doi: 10.47738/ijiis.v6i4.176.

Z. Zulkarnain et al., “Peran COBIT 5 dan ITIL V3 Dalam Meningkatkan Tata Kelola TI dan Kesuksesan Proyek Sistem Informasi,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 1, pp. 588–599, 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i1.13748.

D. Krismayanti and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 3, pp. 190–195, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149

E. Suciowati, M. Yusuf, H. Zulfana, and L. Kusna, “Basis Komputer Sebagai Dasar Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Islam,” Sasana J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 27–32, 2022, doi: 10.56854/sasana.v1i1.62.

A. Kartini, A. Sanmorino, and Terttiavini, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik Stebis Igm Menggunakan Metode Pieces Framework,” AnoaTIK J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 51–59, 2024, doi: 10.33772/anoatik.v2i1.21.

A. Mayasari, Y. Supriani, and O. Arifudin, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 5, pp. 340–345, 2021, doi: 10.54371/jiip.v4i5.277.

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 79, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.955.

Dimi Krismayanti, Resky Klarasati, and Tata Sutabri, “Penggunaan Teknologi 5G Untuk Mendukung Manajemen Pelayanan Pelangan Telkomsel Menggunakan ITIL V3 Pada Telkomsel Palembang,” J. RESTIKOM Ris. Tek. Inform. dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 55–63, 2023, doi: 10.52005/restikom.v5i1.125.

B. Al Faruq, “[Research Background 3 ITIL & ISO 27001 & About Audit 2] Integration of ITIL V3, ISO 20000 & ISO 27001-2013 for IT Services and Security Management System,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 9, no. 3, pp. 3514–3531, 2020.

R. Setyadi and E. Priyatiningsih, “Maturity Level of ITSM Analysis Using ITIL V3 Framework in State Electricity Enterprise Purwokerto,” JUITA J. Inform., vol. 9, no. 1, p. 77, 2021, doi: 10.30595/juita.v9i1.9594.

M. C. Pontoan, J. I. SIhotang, and E. Lompoliu, “Information Security Analysis of Online Education Management System using Information Technology Infrastructure Library Version 3,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 22, no. 2, pp. 207–216, 2023, doi: 10.30812/matrik.v22i2.2474.

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Nurkesya, & Mutia Retno Sawiji. (2025). Analisis Pengalaman Pengguna pada Layanan Teknologi Informasi UNG Mengggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Design. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(1), 124–131. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.345

Issue

Section

Articles