Sistem E-Learning Berbasis Moodle
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.358Keywords:
Sistem, E-learning, Moodle, Teknologi, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstract
Pendidikan di era digital semakin menggabungkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna meningkatkan mutu pembelajaran. Moodle, sebuah platform e-learning yang terkemuka, menyajikan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan fleksibel bagi peserta didik dan pendidik. Akan tetapi, walaupun penggunaan Moodle telah menarik perhatian yang besar, masih diperlukan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penerapan, manfaat, dan tantangan yang terkait. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Literatur untuk mengeksplorasi topik tersebut, menghasilkan pemahaman yang komprehensif tentang pemanfaatan Moodle dalam konteks pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Moodle memiliki keunggulan seperti fleksibilitas, aksesibilitas, dan keamanan data. Selain itu, terdapat peluang untuk pengembangan lebih lanjut, seperti peningkatan fungsionalitas, personalisasi dengan kecerdasan buatan, dan integrasi dengan sistem luar. Harapannya, penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan, pengembang teknologi pembelajaran, dan peneliti guna meningkatkan efektivitas penggunaan platform e-learning dalam konteks pembelajaran modern.
Downloads
References
E. Rohyadi and C. Atikah, “Peran Penting Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 4, pp. 752–766, 2024.
R. E. Putri, “Implementasi Learning Management System (LMS) Berbasis Website Di SMAN 2 Mengwi,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 18, no. 1, pp. 21–32, 2024.
M. Mustika and R. Temarwut, “Membangun TPACK Guru IPS Melalui Moodle berbasis Blended Learning dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 02, pp. 313–323, 2022.
I. Koswara, “Pemanfaatan Learning Management System untuk Seleksi Calon Karyawan,” J. Learn. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 24–32, 2024.
E. Sukmawati et al., Digitalisasi sebagai pengembangan model pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri, 2022.
Y. Rahma et al., “Penggunaan Moodle untuk Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dalam Inovasi Pembelajaran Bahasa,” J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones. Met., vol. 9, no. 2, pp. 104–114, 2024.
A. T. B. Firdaus, M. A. Rizal, and T. Rahman, “Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran,” Pragmatik J. Rumpun Ilmu Bhs. Dan Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 256–265, 2025.
Y. M. Ramadhan, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Agama,” Educ. J. Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 36–46, 2024.
A. A. Mahanani, “Dampak Peralihan Pengunaan Web 3.0 bagi Ilmu Pengetahuan dan Edukasi Bidang Peternakan,” AL-MIKRAJ J. Stud. Islam dan Hum. (E-ISSN 2745-4584), vol. 3, no. 2, pp. 157–173, 2023.
S. Sucipto et al., “Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle,” Arch. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 105–115, 2023.
S. Rahmah, D. Mariyam, K. Syafina, D. Lestari, and R. N. Analita, “PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA (SEBUAH STUDI LITERATUR),” JCAE (Journal Chem. Educ., vol. 7, no. 3, pp. 137–148, 2024.
T. A. Syahputra, “PERAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING DALAM MENGAKSES SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HUDA,” Res. Dev. J. Educ., vol. 11, no. 1, pp. 329–338, 2025.
M. K. Ashari, S. Athoillah, and M. Faizin, “Model E-Asesmen Berbasis Aplikasi pada Sekolah Menengah Atas di Era Digital: Systematic Literature Review,” TA’DIBUNA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 2, pp. 132–150, 2023.
E. Elmustian and M. Firdaus, “Filologi, Transformasi Teks, dan Filsafat Pendidikan: Strategi Pelestarian Budaya dalam Konteks Pendidikan Kontemporer,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 4, pp. 1073–1081, 2024.
B. Suhartawan et al., Konsep Dasar Media Pembelajaran. CV Rey Media Grafika, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Subhannur Risti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Subhannur Risti




