Pengembangan Aplikasi Berbasis Suara Untuk Membantu Aksesibilitas Informasi Bagi Anggota Pertuni Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Muhammad Ananda Rafiq Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Zen Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Fahmi Kurniawan Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.379

Keywords:

Aplikasi Berbasis Suara, Tunanetra, Aksesibilitas Informasi, Design Thinking, Screen Reader

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis suara guna meningkatkan aksesibilitas informasi bagi penyandang disabilitas tunanetra, khususnya anggota PERTUNI. Metode Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan, yaitu empathy, define, ideate, prototype, dan test, dengan pendekatan yang berpusat pada kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang mampu membantu tunanetra dalam mengakses informasi digital secara mandiri dan efisien. Proses perancangan didukung oleh pemodelan UML seperti Use Case Diagram dan Activity Diagram, serta integrasi teknologi pembaca layar sebagai elemen penting dalam navigasi. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan solusi digital yang inklusif dan adaptif untuk penyandang disabilitas penglihatan.

                                                                                                   

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. R. Fatihah, F. Kurniawan, dan B. Fachri, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN TAS PADA TOKO PELANGISHOP69 BERBASIS WEBSITE,” vol. 4307, no. 1, hal. 773–778, 2025.

D. Rahmadani, A. I. L. Nasution, dan Atika, “Analisis Peran dan Strategi Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) dalam Meningkatkan Kemandirian Perekonomian Masyarakat Penyandang Tunanetra (Studi kasus Kota Medan),” Trending J. Manaj. dan Ekon., vol. 3, no. 1, hal. 66–76, 2025.

W. Syahindra, N. Dahniarti, N. Sari, dan M. Murlena, “Penerapan Screen Reader dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-N Rejang Lebong,” Kontribusi J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, hal. 107–122, 2023, doi: 10.53624/kontribusi.v4i1.296.

P. Nugroho, Subagya, dan A. Anggrellanggi, “The Influence of Screen Reader Usage on the Ability to Understand Mathematical Word Problems for 6th Grade Blind Students in Special Schools ( SLB ) Across Solo Raya,” J. Orthopaedagog., vol. 2, hal. 7–13, 2024.

B. S. Salim dan W. Sandy, “Implementasi Metode Design Thinking dalam Desain Inklusif UI/UX Aplikasi E-Learning untuk Buta Warna Parsial,” JSI J. Sist. Inf., vol. 15, no. 1, hal. 3169–3175, 2023, doi: 10.18495/jsi.v15i1.21841.

F. Kurniawan, Z. Sitorus, R. R. Putra, dan S. Afrizal, Sistem Informasi Stunting Berbasis Website: Solusi Digital Untuk Mencegah Stunting. Serasi Media Teknologi, 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Informasi_Stunting_Berbasis_Websi/FzUyEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&pg=PA2&printsec=frontcover

C. Rizal, S. Supiyandi, M. Zen, dan M. Eka, “Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server,” Bull. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, hal. 27–33, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i1.255.

R. E. Putri dan A. Karim, “Perancangan Aplikasi Penjualan Sepeda Motor Pada PT. Adira Finance Rantauprapat Dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” Informatika, vol. 9, no. 1, hal. 32–39, 2021, doi: 10.36987/informatika.v9i1.2066.

M. Zen dan M. D. P. Ananda, “Perancangan Sistem Informasi Tracer Study Universitas Pembangunan Panca Budi Medan,” hal. 89–101, 2024.

E. P. dkk Hendry, “Perancangan Aplikasi Surat Perintah Tugas Melaksanakan PerjalananDinas Berbasis Web,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 6, no. 1, hal. 559–564, 2022, doi: 10.30865/komik.v6i1.5743.

D. Pujianto, S. Hartati, dan N. Permata, “Rancang Bangun Aplikasi Pengepul Getah Karet Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Berbasis Android,” J. Sist. Inf. Mahakarya JSIM, vol. 5, no. 1, hal. 57–64, 2022.

M. R. Aditia, A. Aranta, dan P. Astuti, “Sistem Informasi Manajemen Koperasi Siswa SMKN 3 Mataram Berbasis Website,” J. Begawe Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 90–100, 2022, doi: 10.29303/jbegati.v3i1.649.

A. H. Azzahra, D. Safitri, dan S. Sujarwo, “Peran Teknologi Non-Visual Desktop Access (NVDA) Untuk Siswa Tunanetra dalam Proses Pembelajaran,” J. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 4, hal. 7, 2024, doi: 10.47134/jtp.v1i4.606.

N. N. Anggraeni dan M. Indrakurniawan, “Aktualisasi Budaya Membaca Melalui Literasi Digital Bagi Siswa Penyandang Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pandaan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan,” J. Pendidik. Indones., vol. 12, no. 1, hal. 313–321, 2023.

I. D. Perwitasari, J. Hendrawan, dan F. Y. Panggabean, “Perancangan Website STMKu untuk Transparansi Pengelolaan Keuangan STM Desa Kelambir Lima Kebun,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 6, Nomor 1, no. 1, hal. 855–860, 2022, doi: 10.30865/komik.v6i1.5903.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Muhammad Ananda Rafiq, Zen, M., & Kurniawan, F. (2025). Pengembangan Aplikasi Berbasis Suara Untuk Membantu Aksesibilitas Informasi Bagi Anggota Pertuni Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(1), 167–173. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.379

Issue

Section

Articles