Penerapan Metode Moosra Untuk Evaluasi Kinerja Pengajar Di Ponpes Tahfidzul Qur’an Darul Iman Ar Ridho

Authors

  • Said Ahmad Rizqi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Barany Fachri Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Supina Batubara Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.423

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Pengajar, Pondok Pesantren, Moosra, Pengambilan Keputusan Multikriteria

Abstract

Pondok pesantren memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang tidak hanya unggul secara intelektual, tetapi juga kuat dalam aspek spiritual dan akhlak. Salah satu unsur penting dalam keberhasilan pendidikan di pesantren adalah kinerja pengajar atau ustadz/ustadzah, khususnya dalam membantu santri menghafal dan memahami Al-Qur'an. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Darul Iman Ar Ridho menghadapi tantangan dalam memastikan kualitas pengajarnya melalui proses evaluasi yang masih dilakukan secara subyektif dan manual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan metode MOOSRA (Multi-Objective Optimization on the Basis of Simple Ratio Analysis) sebagai pendekatan objektif dan sistematis dalam menghasilkan kinerja pengajar. Metode MOOSRA yang merupakan bagian dari teknik pengambilan keputusan multikriteria, mampu mengukur kinerja berdasarkan sejumlah kriteria seperti kompetensi pedagogik, kedisiplinan, keaktifan, capaian hafalan santri, dan keteladanan. Hasil evaluasi ini diharapkan dapat memberikan dasar yang adil dan terukur bagi pimpinan pondok dalam proses pelatihan, pemberian penghargaan, serta peningkatan mutu tenaga pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Fachri, D. D. S. Bazikho, F. S. Susilo, S. Komputer, U. Pembangunan, and P. Budi, “Metode Waterfall Berbasis Wordpress,” vol. 3, no. 2, pp. 723–730, 2024.

N. Nurdiah, S. Suprapto, F. Maujud, and U. Nasri, “Manajemen Rumah Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani:(Studi Kasus di Rumah Qur’an Nahdlatul Wathan Lombok Yayasan Pondok Tahfidz Baqiyatussalaf Nahdlatul Wathan),” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 161–170, 2023.

N. Indana and L. Nurvita, “Implementasi manajemen kurikulum pesantren di ponpes al urwatul wutsqo diwek jombang,” Al-Idaroh J. Stud. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 29–51, 2020.

M. Ruslan, “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an di Yayasan Tahfizdul Qur’an Al-Fawwaz Medan,” Berajah J., vol. 4, no. 2, pp. 245–254, 2024.

R. Ratnawati, L. F. Purwoko, A. Majid, M. Pekei, and B. Purwoko, “Manajemen Program Tahfiz Dalam Pembentukan Karakter Santri: Studi Di Sekolah Menengan Pertama Plus Nurul Hikmah Pamekasan,” Re-JIEM (Research J. Islam. Educ. Manag., vol. 7, no. 2, pp. 362–379, 2024.

A. C. Panjaitan, D. Octariani, and A. Afnaria, “MODEL MATEMATIKA UNTUK PENUGASAN EFISIEN MAHASISWA PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN,” Asimetris J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 48–54, 2025.

S. Arrahma et al., “Pengauditan Sistem Informasi Pendaftaran Sidang dan Wisuda Menggunakan Framework COBIT 5 pada Domain EDM04 dan APO07,” vol. 3, no. 2, pp. 813–822, 2024.

A. Mayasari, Y. Supriani, and O. Arifudin, “Implementasi sistem informasi manajemen akademik berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran di SMK,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 5, pp. 340–345, 2021.

M. Mesran, S. Nastiti, K. Sussolaikah, I. Saputra, and D. P. Utomo, “Penerapan Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) dalam Penentuan Bantuan Siswa Miskin (BSM) pada SMK,” J. Decis. Support Syst. Res., vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2024.

T. Setiadi and L. R. H. A. Fajri, “Penerapan analytic hierarchy process dengan metode penilaian tertimbang menggabungkan sistem hybrid knowledge based untuk pemilihan aplikasi,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 27–36, 2023.

L. D. M. Sitompul, K. G. Purba, and S. Aripin, “Penerapan Metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Simple Ratio Analysis Dalam Seleksi Pengangkatan Karyawan Tetap,” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 55–62, 2023.

M. Hasanuddin, B. E. Susanto, S. Ginting, and F. Rizaldi, “Analisis Minat Siswa Kelas 1 SMK Pada Ekstrakulikuler Sepak Bola Dengan Metode Technology Acceptance Model,” vol. 4, no. 1, pp. 52–58, 2025.

S. Tarigan and S. Batubara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Asset Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” J. Nas. Teknol. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 92–99, 2024.

S. A. Pradana et al., “Perancangan Sistem Informasi E-Voting Berbasis Web Untuk Pemilihan Ketua Himpunan Di UIN Sumatera Utara Medan,” vol. 3, no. 2, 2024.

B. Fachri and R. W. Surbakti, “Perancangan Sistem Dan Desain Undangan Digital Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Website (Studi Kasus: Asco Jaya),” J. Sci. Soc. Res., vol. 4, no. 3, pp. 263–267, 2021.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Said Ahmad Rizqi, Barany Fachri, & Supina Batubara. (2025). Penerapan Metode Moosra Untuk Evaluasi Kinerja Pengajar Di Ponpes Tahfidzul Qur’an Darul Iman Ar Ridho. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(1), 359–367. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.423

Issue

Section

Articles