Penerapan Metode Pose To Pose Dalam Pengembangan Animasi 3D Untuk Promosi UMKM

Authors

  • Muhammad Syaban Fadhil Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Supiyandi Supiyandi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ricky Ramadhan Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.431

Keywords:

animasi 3d, Pose to Pose, UMKM, Promosi Digital, Keripik Sidimpuan

Abstract

Transformasi digital telah mengubah cara pelaku usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memasarkan produknya, namun banyak UMKM masih menghadapi kendala dalam memproduksi media promosi visual yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media promosi berbasi animasi 3d dengan menerapkan metode pose to pose sebagai teknik utama dalam proses pembentukan gerakan animasi. Studi kasus difokuskan pada produk keripik khas sidimpuan yang dipasarkan oleh toko zlshopmdn. Hasil penenilitian ini diharapkan dapat menajadi referensi pengembang media promosi kreatif bagi UMKM, serta memberikan solusi visual yang relevan di era digital untuk meningkatkan daya saing produk lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendry, M. Wasito, and Supiyandi, “Toko Online Berbasis Web Dalam Mengenalkan Produk UMKM Pada Desa Suka Damai Kecamatan Kuala Kabupataen Langkat,” J. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 182–186, 2023, doi: 10.62712/juribmas.v2i2.119.

S. Pakar, D. Penyakit, K. Menggunakan, and C. Factor, “Jurnal mahajana informasi,” vol. 8, no. 1, pp. 36–43, 2023.

E. K. Hadi, “Perancangan Animasi 3D ‘Remember’ dengan Metode Pose to Pose,” Nuansa Inform., vol. 15, no. 2, pp. 14–20, 2021, doi: 10.25134/nuansa.v15i2.4260.

R. A. Setyawan and W. F. Atapukan, “Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert,” Compiler, vol. 7, no. 1, pp. 54–61, 2018, doi: 10.28989/compiler.v7i1.254.

L. A. Priyono, P. P. Purwacandra, S. G. Gunanto, and K. Widhiyanti, “Penerapan Prinsip Animasi dalam Penciptaan Animasi 3D ‘Kepiting,’” J. Animat. Games Stud., vol. 6, no. 1, pp. 51–66, 2020, doi: 10.24821/jags.v6i1.3854.

V. Anjani, R. A. Kurniawan, and A. Rachman, “Perancangan Video Iklan Animasi 2D dengan Mengusung Karakter Cerita Rakyat Lokal dalam Rangka Mengenalkan Daerah Wisata Alam Baturraden Kabupaten Banyumas,” ArtComm J. Komun. dan Desain, vol. 6, no. 2, pp. 66–84, 2023, doi: 10.37278/artcomm.v6i2.662.

I. Hadi Purwanto, A. Nur Aini, A. Zaid Rahman, A. Fachry M, and S. Dwi Kurniawan, “Implementasi Teknik Pose to Pose sebagai Proyeksi pada Animasi 3 Dimensi Gerakan Manusia Berjalan,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 12, no. 3, pp. 795–805, 2023, doi: 10.30591/smartcomp.v12i3.5479.

E. Subiyantoro, A. R. Muslikh, M. Andarwati, G. Swalaganata, and F. Y. Pamuji, “Analisis Pemilihan Media Promosi UMKM untuk Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.26905/jtmi.v8i1.6760.

N. A. Ada, “Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude the Series: Dampak Penggunaan Gadget,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 61–71, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/

W. Novayani and G. Eka Budiansyah, “Implementasi MDLC dan Pose to Pose dalam Film Animasi 3D Sejarah Kerajaan Melayu Siak,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 6, no. 1, pp. 98–103, 2022, doi: 10.30871/jaic.v6i1.3367.

M. Zikky, R. S. Aji, H. Rante, Z. Maisat, and E. Darmawan, “Pengembangan Iklan Animasi 3D untuk Pemasaran Global dalam Upaya Pemberdayaan UMKM Kerajinan Pengolahan Limbah Kayu Jati di UD . Akar Dewa Jati Kab . Situbondo , Dengan Pendekatan Project Based Learning,” vol. 2, no. 2, pp. 89–97, 2024.

A. R. Putri et al., “Pembuatan Simulasi Perang Zaman Pertengahan dengan Metode Pose to Pose Menggunakan Software Blender,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.14421/jiska.2021.61-01.

W. Saraswati et al., “Perancangan Animasi 3D Bertemakan Islami dengan Judul ‘Bersyukur’ Menggunakan Metode Pose to Pose,” J. Inform. dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 78–86, 2023, [Online]. Available: https://ejurnalunsam.id/index.php/jicom/

F. T. Julfia, M. H. Siregar, W. Ariani, and ..., “Perancangan Video Animasi Motion Graphic Sebagai Media Promosi Digital UMKM Kopi Jonggol,” … Teknol. Inf., vol. 9, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI/article/view/3244%0Ahttps://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI/article/download/3244/1494

T. S. Program et al., “Analysis of the Effectiveness of the Content Filter Algorithm in the Tiktok Shop Application for UMKM,” vol. 1, no. 2, pp. 63–66, 2024, doi: 10.61306/jitcse.v1i2.

Ranti Eka Putri, M. Wasito, and Ayu Nadia Lestari, “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 3, pp. 667–675, 2023, doi: 10.37339/jurpikat.v4i3.1550.

H. Chrisna, H. Hernawaty, and N. Noviani, “Persepsi Pelaku Umkm Desa Pematang Serai Kabupaten Langkat Terhadap Lembaga Keuangan Mikro Syariah,” J. Abdi Ilmu, vol. 14, no. 2, pp. 224–232, 2022, [Online]. Available: https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/4062%0Ahttps://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/download/4062/3736/

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Fadhil, M. S., Supiyandi, S., & Harahap, R. R. (2025). Penerapan Metode Pose To Pose Dalam Pengembangan Animasi 3D Untuk Promosi UMKM. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(2), 398–408. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.431