Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.450Keywords:
video, company profile, promosi digital, MDLC, Pondok PesantrenAbstract
Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tebo menghadapi berbagai tantangan dalam upaya meningkatkan citra dan menarik minat masyarakat terhadap lembaga pendidikan tersebut. Media promosi yang digunakan masih mengandalkan metode tradisional, seperti spanduk dan penyampaian secara lisan, yang dirasa kurang efektif di era digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang video company profile sebagai media promosi yang lebih modern, guna memperkenalkan Pondok Pesantren kepada audiens yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Video company profile ini dirancang menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro 2019, dengan fokus pada pengemasan audiovisual yang menarik dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video company profile ini memenuhi standar kualitas teknis yang baik, mencakup aspek pencahayaan, resolusi, transisi, dan audio. Dari segi konten, video ini berhasil menyampaikan informasi yang akurat mengenai profil, kegiatan, dan prestasi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tebo, sehingga relevan dengan kebutuhan audiens. Evaluasi dari ahli media dan materi menunjukkan bahwa video ini efektif sebagai alat promosi. Uji coba video membuktikan dampaknya dalam menarik perhatian calon santri, orang tua, dan masyarakat, serta memperkuat citra Pondok Pesantren. Dengan demikian, video company profile ini berhasil mencapai tujuan penelitian, yakni menciptakan media promosi yang efektif untuk Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Kabupaten Tebo.
Kata Kunci: Video, Company Profile, Promosi Digital, MDLC dan Pondok Pesantren.
Downloads
References
H. Syahputra, “Pesantren di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter,” Jurnal Al-Urwatul Wutsqo, vol. 7, no. 1, pp. 55–63, 2023.
D. E. Valentino and M. J. Hardiansyah, “Perancangan Video Company Profile pada Hotel de Java Bandung,” Tematik, vol. 7, no. 1, pp. 1–20, 2020.
H. Sama and A. Budiman, “Perancangan Dan Implementasi Video Profil Di Sekolah SMA Maitreyawira Batam Menggunakan Metode MDLC,” in National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 2022, pp. 1178–1186.
R. Rahmat, I. Yuliana, and N. Nurfatimah, “Pembuatan Company Profile Pondok Pesantren Miftahul Huda Dalam Bentuk Website Menggunakan Metode Waterfall,” Jurnal Sains dan Sains Terapan (JSSAINSTEK), vol. 9, no. 2, pp. 123–130, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssainstek/article/view/6385
S. Widada, A. K. W. Tama, and N. Lestari, “Video Profile Sebagai Media Promosi Pada Mts Al-Husna Ypihn Curug Kabupaten Tangerang,” Journal Cerita, vol. 6, no. 1, pp. 39–51, 2020.
S. Purnomo and M. Marwanti, “Perancangan Media Promosi Video Company Profile Ponpes Miftahul Huda,” Jurnal Desain Visual Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 88–94, 2021, [Online]. Available: https://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/2622
I. Aghnia and T. C. Kusumandyoko, “Perancangan Video Profil Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik,” Jurnal Barik, vol. 3, no. 2, pp. 202–212, 2022.
S. E. Prasetyo, J. Jefri, F. Mahendra, V. Theo, W. Vivianti, and P. Princessa, “Pembuatan Video Company Profile Untuk Mengenalkan Sekolah Islam Integral Luqman Kepada Masyarakat Kota Batam,” in National Conference for Community Service Project (NaCosPro), Sep. 2021, pp. 548–552.
Y. R. Pratanto and A. K. Anwar, “Perancangan Company Profile SMK Muhammadiyah 2 Sragen,” JURNAL KEMADHA, vol. 12, no. 1, pp. 33–52, 2022.
M. Ardiansyah and W. Fernando, “Perancangan dan Implementasi Video Profil Sekolah SMK Al-Azhar Batam menggunakan MDLC,” Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, Jan. 2023, doi: 10.37253/se.v1i1.7334.
A. Gunawan, U. P. Raya, R. A. Uda, U. P. Raya, S. S. Sinaga, and U. P. Raya, “Artikel Media Pembelajaran Sejarah Presiden Indonesia Dengan,” November, pp. 0–12, 2022.
R. Roedavan, B. Pudjoatmodjo, and A. P. Sujana, “Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Teknologi Dan Informasi, Multimedia, vol. 7, 2022.
D. Rosyada and Murodi, Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan . 2020. Accessed: Jul. 05, 2025. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=kXIREAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
N. N. Septiana, Z. Khoiriyah, and Shaleh, “Metode Penelitian Studi Kasus dalam Pendekatan Kualitatif,” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 10, no. 04, pp. 233–243, 2024, doi: 10.36989/didaktik.v10i04.5181.
Y. Sumaryana and M. Hikmatyar, “Aplikasi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 117–124, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmadi Setiawan, Sepriano Sepriano, Saldi Yulistian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ahmadi Setiawan




