Implementasi Customer Relationship Management Pada Pengembangan Aplikasi Pemesanan Jasa Printing Kain
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.492Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital dalam pengelolaan data dan layanan pelanggan, termasuk dalam industri jasa printing kain. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam pengembangan sistem aplikasi pemesanan digital pada CV XYZ, sebuah perusahaan jasa printing kain yang berlokasi di Kota Bandung. Selama ini, proses pemesanan di CV XYZ masih dilakukan secara manual menggunakan Google Forms dan komunikasi via WhatsApp atau email, yang berpotensi menimbulkan keterlambatan, kesalahan pencatatan, dan kurangnya transparansi informasi bagi pelanggan. Melalui pendekatan CRM, sistem dirancang untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan efisiensi operasional perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi literatur, observasi langsung, dan wawancara dengan pihak internal perusahaan. Sistem dikembangkan menggunakan model Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, integrasi, dan pengujian. Teknologi yang digunakan mencakup PHP dan MySQL untuk pengembangan web, React Native untuk aplikasi mobile pelanggan, serta Express.js untuk REST API sebagai backend aplikasi mobile. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mengelola data pesanan secara terstruktur, menyediakan pembaruan status pesanan, serta mendukung admin dalam memproses pesanan secara lebih efisien. Evaluasi usability menggunakan System Usability Scale (SUS) memperoleh skor rata-rata 83,75 yang termasuk kedalam kategori “Excellent” dan memunjukan tingkat penerimaan sistem yang tinggi oleh pengguna. Dengan demikian, penerapan CRM dalam aplikasi ini berhasil meningkatkan kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan daya saing perusahaan di era digital.
Downloads
References
H. Siregar, W. Setiawan, and P. D. Dirgantari, “Isu proses bisnis berbasis artificial intelligence untuk menyosong era industri 4.0,” J. Bisnis Strateg., vol. 29, no. 2, pp. 89–100, 2020.
A. F. Sembiring, I. K. Jaya, A. P. Silalahi, and Y. Rumapea, “Perancangan sistem pemesanan pada toko sablon medan berbasis web dengan menerapkan crm (customer relationship management),” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2021, doi: 10.46880/methosisfo.v1i1.12.
Y. A. Hambali, A. N. I. Anisyah, and A. S. Arianti, “Analysis and design of web- based project management system,” vol. 19, no. 3, pp. 996–1009, 2024.
M. Nasir and Mahfuz, “Pemanfaatan google form untuk pelaporan form a di panwascam daha selatan: Inovasi teknologi dalam peningkatan efisiensi dan akurasi pengawasan pemilu,” Pendidik. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 3, pp. 10111–10121, 2023, [Online]. Available: https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
R. Syabania and N. Rosmawani, “Perancangan aplikasi customer relationship management (crm) pada penjualan barang pre-order berbasis website,” Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.
E. R. Simarmata and D. Hasibuan, “Implementasi customer relationship management (CRM) pada aplikasi penjualan berbasis web PT. Buana Telekomindo,” J. TIMES, vol. 7, no. 1, pp. 8–14, 2019, doi: 10.51351/jtm.7.1.2018596.
I. Kurniawan, Humaira, and F. Rozi, “REST API menggunakan nodejs pada aplikasi transaksi jasa elektronik berbasis android,” JITSI J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 4, pp. 127–132, 2020, doi: 10.30630/jitsi.1.4.18.
K. Gupta, G. Deepali, V. Kaushik, and D. Gupta, “react native application development,” no. March, pp. 461–462, 2018.
Rasmila and J. S. Sirait, “Penerapan crm pada sistem promosi dan pemesanan,” 2020.
L. A. Manurung, A. M. Harahap, F. Sains, U. Islam, and N. Sumatera, “Sistem informasi pemesanan toko hanza florist dengan penerapan customer relationship management berbasis aplikasi mobile,” vol. 14, no. 2, pp. 533–540, 2024.
I Gede Bagati Kusuma, Dwi Putra Githa, and I Made Sunia Raharja, “Pengembangan aplikasi E-CRM berbasis website pada PT. Bali Segara Indah Watersport,” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 20–34, 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i1.144.
H. Apriyanto, “Rancang bangun aplikasi chat box untuk mendukung customer relationship management (CRM) Di PT. JNE,” Prosiding, vol. 3, pp. 192–196, 2023, doi: 10.59134/prosidng.v3i.358.
E. Y. Meol, D. Nababan, and Y. P. K. Kelen, “Sistem informasi penjualan ikan pada Kefamenanu berbasis android menggunakan metode waterfall,” J. Krisnadana, vol. 3, no. 2, pp. 78–89, 2024.
I. Sommerville, Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education. 2011.
A. D. Hidayat, R. F. Nurkhalim, and N. Nurhadi, “Evaluasi kebermanfaatan aplikasi salve menggunakan metode system usability scale (sus),” J. Wiyata Penelit. Sains dan Kesehat., vol. 9, no. 2, p. 162, 2022, doi: 10.56710/wiyata.v9i2.599.
S. Putri, G. M. Putra, and Y. A. M, “CRM terhadap loyalitas pelanggan berbasis web,” pp. 1–10, 2025, doi: 10.33364/algoritma/v.22-1.2297.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elsa Nabiilah, Herbert Siregar, Yudi Ahmad Hambali, Rasim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 Elsa Nabiilah
								Elsa Nabiilah
							 
							





















