Analisis Faktor Keberhasilan dan Kendala Implementasi Sistem Kantin Kejujuran Berbasis Web di Instansi Pemerintah

Authors

  • Famoboro Gulo Universitas Nias
  • Serius Halawa Universitas Nias
  • Lustantri Mendrofa Universitas Nias
  • Santi Trimurni Buulolo Universitas Nias
  • Ofelius Laia Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.495

Keywords:

Sistem Kantin Kejujuran, Integritas, Instansi Pemerintah, BPS Gunungsitoli, Implementasi Sistem

Abstract

Sistem kantin kejujuran berbasis web merupakan salah satu upaya modernisasi tata kelola pelayanan internal instansi pemerintah yang menitikberatkan pada nilai integritas dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung keberhasilan serta mengidentifikasi kendala utama dalam implementasi sistem kantin kejujuran berbasis web di Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, serta penyebaran kuesioner kepada seluruh pegawai aktif yang berjumlah 18 orang selama periode tiga bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor keberhasilan utama meliputi dukungan pimpinan, kesiapan infrastruktur teknologi, dan budaya organisasi yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Namun demikian, masih terdapat kendala signifikan seperti keterbatasan pemahaman teknis oleh sebagian pegawai, minimnya pelatihan sistem, serta ketergantungan terhadap individu kunci dalam pengelolaan sistem. Temuan ini memberikan gambaran menyeluruh terhadap kesiapan instansi pemerintah dalam mengadopsi sistem digital berbasis nilai integritas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan sistem sejenis pada lembaga pemerintah lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Cahyani and H. Hidayat, “Kantin Kejujuran Sebagai Penguji Spiritual,” J. Pendidik. PPKn, vol. 1, no. 2, pp. 91–96, 2020.

G. Anisa and K. Siahaan, “Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Pegawai Negeri Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 412–425, 2023, doi: 10.33998/jurnalmsi.2023.8.3.1478.

N. M. F. Latif and M. Irwansyah, “Implementasi Kantin Kejujuran Sebagai Upaya untuk Menumbuhkan Karakter Jujur di Sekolah Dasar Negeri 4 Pakuan Aji,” Al Mumtaz J. Pendidik. dan Sos. Keagamaan, vol. 2, no. 1, pp. 86–102, 2023.

“OECD Good Practice Principles for Data Ethics in the Public Sector,” vol. 57, Mar. 2021, doi: 10.1787/CAA35B76-EN.

F. A. Idris and M. Munif, “IMPLEMENTASI KANTIN KEJUJURAN DALAM MENINGKATKAN KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 02, pp. 271–282, Jul. 2025, doi: 10.23969/JP.V10I02.29434.

A. Gearidinda Anisa and K. Siahaan, “Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Pegawai Negeri Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 412–425, 2023, doi: 10.33998/jurnalmsi.2023.8.3.1478.

Safrudin and Suwandi, “Implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dalam Perencanaan Keuangan Dilihat dari Aspek Sumber Daya,” J. Adm. Publik Borneo, vol. 6, no. 2, pp. 1185–1200, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/886

Y. Yulianti, “Model dan Perancangan Kantin Jujur BerbasisEntrepreneurship di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDN Panggungrejo04 Jl. Panji - Kepanjen).,” 2014, Accessed: Jul. 22, 2025. [Online]. Available: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/852

N. I. Dewi, “Efektivitas layanan sirkulasi melalui sistem layanan mandiri (skripsi),” 2018. [Online]. Available: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/162117/1/Nur

F. N. Widariyati, F. N. Kumala, and H. Anggraini, “Kantin Kejujuran Sebagai Media Pembelajaran Pengembangan Nilai Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini di TK Bakti Persada,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1710–1717, 2025, doi: 10.31004/JERKIN.V4I1.1602.

C. Pratiwi and A. T. Hidayat, “PENGEMBANGAN APLIKASI MANAJEMEN KEUANGAN KOPERASI JATI HUSADA MULYA MENGGUNAKAN METODE FAST,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 6, no. 4, pp. 1080–1090, Nov. 2024, doi: 10.51401/JINTEKS.V6I4.4909.

L. Nissa and U. Majalengka, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web pada KUA Kecamatan Cigasong,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, pp. 288–292. doi: 10.24002/SENAPAS.V1I1.7369.

K. C. L. J. P. Laudon;, “EBOOK : Management Information Systems: Managing the Digital Firm, 15th edition,” 2018.

OECD, “Good Practice Principles for Data Ethics in the Public Sector,” Organ. Econ. Co-operation Dev., pp. 1–16, 2022, [Online]. Available: https://www.oecd.org/digital/digital-government/good-practice-principles-for-data-ethics-in-the-public-sector.htm

E. Adelia, A. Kusumawati, and Haliah, “Digital Ethics and Public Trust in the Era of Government Digital Transformation,” J. Etika Digit. dan Adm. Publik, vol. 4, no. 2, pp. 142–161, 2025.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Famoboro Gulo, Serius Halawa, Lustantri Mendrofa, Santi Trimurni Buulolo, & Ofelius Laia. (2025). Analisis Faktor Keberhasilan dan Kendala Implementasi Sistem Kantin Kejujuran Berbasis Web di Instansi Pemerintah. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(2), 699–706. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.495