Efektivitas Pembelajaran Melalui E-Learning Di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i1.7Keywords:
E-learning, pembelajaran, COVID-19, akademi, efektivitasAbstract
Pada awal tahun 2020 seluruh dunia termasuk Indonesia mengalami situasi di luar
kendali yang diakibatkan oleh menyebarnya wabah COVID-19 di hampir seluruh
penjuru dunia. Berbagai aspek kehidupan ikut terkena imbas dari pandemi ini
dikarenakan diterapkannya berbagai protokol kesehatan yang mengharuskan
sebagian besar orang harus tetap berada di rumah dan menghentikan sementara
kegiatan sosialnya. Di Perguruan Tinggi yang berisikan tentang penghentian
sementara kegiatan akademik khususnya modus pembelajaran tatap muka dan
menggantikan dengan modus belajar dari rumah atau pembelajaran daring bagi
mahasiswa. Salah satu media pembelajaran yang paling efektif pada masa pandemi
adalah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran
melalui e-learning efektif terhadap minat pembelajaran pada perkuliahan saat dalam
masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif,
dengan melakukan survei. Penelitian survey dilaksanakan untuk menggambarkan
sikap atau pendapat. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner.
Downloads
References
G. Selfi and Akmal, “Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid- 19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP,” Journal of Civic Education, vol. 4, no. 3, pp. 212–218, 2021.
P. P. Hariani and S. N. Y. Wastuti, “Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 41–49, 2020, doi: 10.30596/bibliocouns.v3i2.4656.
A. Lilis and E. D. Iswara, Ulfah Setia Retnani, “The Effectiveness of Using E-Learning as Learning Media,” JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), vol. 7, no. November, pp. 72–81, 2020, doi: 10.31289/jkbm.v7i1.4333.
A. S. AJIATMOJO, “Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring,” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 229–235, 2021, doi: 10.51878/teaching.v1i3.525.
Hamonangan Tambunan, “Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa yang Akan Datang,” Jurnal Generasi Kampus, vol. 3, no. 2, pp. 1–24, 2010.
Setyoningsih, “E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi,” Elementary, vol. 3, no. 1, pp. 39–58, 2015.
N. S. Hanum, “Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 3, no. 1, pp. 90–102, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i1.1584.
W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.
P. Masa, P. di Sdn, K. Kerang Aikmel, E. Yuliana, and S. Bahri, “Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan e-Learning,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 2, p. 219, 2020.
M. Sukono, . “Kata kunci: E-learning, media belajar, tantangan. 110,” vol. 4, no. 2, pp. 110–124, 2020.
P. W. Ratnaningsih and R. Triayomi, “Analisis Model Pembelajaran Pada Kelas E-Learning,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 93–100, 2021, doi: 10.26618/equilibrium.v9i1.4421.
Much. F. Saifuddin, “E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa,” Jurnal VARIDIKA, vol. 29, no. 2, pp. 102–109, 2018, doi: 10.23917/varidika.v29i2.5637.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arya Pratama, Dzira Faza Zarasky, Wafiq Hafiz Wardana, Qori Al Fahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.