Rancang Bangun Website Bucket Bunga Medan Dengan Metode Waterfall
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i3.242Keywords:
Penjualan, CRM, Bucket Bunga, Website, WaterfallAbstract
Bucket bunga Medan merupakan bisnis yang menyediakan berbagai macam jenis bucket. Saat ini, proses pemesanan bucket masih dilakukan dengan cara datang langsung ke toko dan proses pengelolaan data penjualan masih menggunakan pembukuan manual, sehingga berisiko terjadi kesalahan dalam pencatatan. Proses bisnis yang kurang efektif ini membuat Toko Bucket Bunga Medan membutuhkan strategi bisnis yang lebih inovatif untuk dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan sistem informasi penjualan bucket berbasis web dengan menerapkan metode Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang optimal sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, sistem dikembangkan menggunakan metode Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL sebagai basis data. Metode Waterfall diterapkan untuk memastikan setiap tahap pengembangan sistem dilakukan secara sistematis dan berurutan, dari analisis kebutuhan hingga pemeliharaan. Pengujian sistem menggunakan metode blackbox memperoleh hasil 100% valid. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem berhasil berjalan dengan baik secara fungsional sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan yang terdapat pada Toko Bucket Bunga Medan. Penggunaan metode ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dan efisien dalam mengelola bisnis bucket bunga.
Downloads
References
Nuryamin, Y., & Saraswati, S. D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Buket Bunga Kain Flanel Florist Menggunakan Metode Waterfall. In JURIKOM) (Vol. 5, Issue 5). http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom|Page|449
Enggar Darmastuti,Tahun 2022, S. N. P. M. I., Penelitian, L., & Pengabdian, D. (2022). Strategi Pemasaran Buket Snack Melalui Digital Marketing. In AGUSTUS 1945 SURABAYA (Vol. 2, Issue 1).
Nur Aini, I., & Dwi Fitria, D. (n.d.). Sistem Informasi Penjualan Buket Berbasis WEB (Studi Kasus: Pada Toko Buket May Flowers Tahun 2022) Oleh.
Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan “Buket” Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Smk MAWADDAH. (2021).. Jurnal ABDI, 1, 73–77.
Astuti, I. P., Buntoro, G. A., & Ariyadi, D. (n.d.). Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Pembuatan Buket Bunga Dan Cara Pemasarannya.
Asmarani,Pendirian, P., Luna, U., Bunga, B., & Asmarani, K. ). (n.d.). LUNA BUKET BUNGA. Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Jakarta
Muh. Ilham Ridwan, A. M. I. T. A. E. J. (2022). Pelatihan Pembuatan Buket Bunga dan Snack Sebagai Kado Wisuda di Perpustakaan Bone. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning 2020, 5158.
Sang Ayu Putu Rahayu. (2023). Pelatihan Keterampilan Pembuatan Kreasi Buket sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Ibu-Ibu PKK Desa Kebojongan. Jurnal Bina Desa, 5(3), 428–434.
Puspita, V. I., Alfisah, E., & Wicaksono, T. (n.d.) Toko, ", Abstrak, C. ",. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Buket.
Yulyastuti, P. E., & Wahab, A. (2019). Analisa Dan Perancangan E-Commerce Bouquet Pada Toko Nissa Florist Berbasis Web (Vol. 2, Issue 3). https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jukomika/115
Basah, B., Nurjehan, R., Hafiz, N., Pa, W., Efendi, F., & Rahmat, M. (n.d.). Pelatihan Kreasi Buket Bunga Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kewirausahaan di Masyarakat Kelurahan Beras Basah. https://jurnal.perima.or.id/index.php/FS
Rezkya, M., Zakkiyah, Z., & Lestari, S. (n.d.). Upaya peningkatan umkm di bidang barang dan jasa berupa kreativitas buket dengan pemanfaatan pemasaran metode teknologi 4.0.
Ariprabowo, T., Sakhar Rivansyah, V., Ellen Krisanti, G., & Erianto Putra, F. (2023). Membangun Ekonomi Melalui Umkm Bucket Uang Dan Jajan Dengan Potensi Di Era Digital Desa Balonggarut. Journal of Community Service), 5(1).
Safitri, F. I., Fadil, C., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (n.d.). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat Strategi Pengembangan Digital Marketing Bisnis UMKM Ragam Hantaran. https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1717
P., Novi Sari, B., Harahap, S., & MNawawi, Z. (n.d.). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi.
Handoyo, F., & Anwar, N. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Buket Bunga Berbasis Web. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v7i3
Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. 05(02), 63–068.
Violin, Y., Fergiant, R., Syakuran, A., Ulhaq, A. A., & Julianto, M. F. (2024). Pembuatan Website Toko Online Floly Florist Menggunakan Metode Waterfall. In Indonesian Journal of Technology and Computer Science (IJTCS) (Vol. 1, Issue 1).
Butarbutar, M., Dewi Nainggolan, C., Butarbutar, N., Siamtupang, S., Girsang, R. M., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2023). Pengembangan Kreativitas Dan Pengelolaan Keuangan Dalam Mendorong Saya Saing Usaha Bouquet Flower Siantar. Community Development Journal V Ol, 4(2).
Tabelessy, W. (2021). Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria di Kota Ambon. In Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e (Vol. 2, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Nabila Zahra, Siti Nurfadilah, Nurlela Pangaribuan, Ahmad Sani, Heri Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Putri Nabila Zahra




