Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan E-Learning Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library dan Critical Success Factor
DOI:
https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.516Keywords:
Critical success factor, e-learning, information technology infrastructure library, service operationAbstract
Dunia pendidikan pada saat ini telah menerapkan Sistem informasi terutama untuk membantu proses belajar mengajar. Penerapan layanan Teknologi Informasi dapat membantu operasional layanan akademik dan kegiatan belajar mengajar, contoh penerapan TI di sekolah yaitu e-learning, dimana proses seperti belajar mengajar dan ujian dapat dilakukan dimana saja dengan memanfaat jaringan internet. Salah satu sekolah yang menggunakan e-learning sebagai layanan TI yaitu SMAN 21 Bandung. Sejak pelaksanaannya, sekolah belum melakukan evaluasi terhadap layanan e-learning dan sejauh mana tingkat implementasi e-learning secara sistematis dan terstruktur. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan dari e-learning di sekolah sebagai analisis sejauh mana kapabilitas layanan e-learning dapat mendukung proses pembelajaran dan memberikan rekomendasi perbaikan agar layanan TI dapat ditingkatkan. Sebagai best practices, framework yang digunakan pada penelitian ini adalah Information Technology Infrastructure. Library (ITIL) versi 3 dengan berfokus pada domain service operation dilengkapi Critical Success Factor (CSF). Dalam melakukan analisis tingkat kematangan layanan e-learning, penulis menyebarkan kuesioner ke 31 responden terdiri dari guru dan murid sebagai pengguna dari e-learning. Dari hasil sebaran kuesioner didapatkan bahwa tingkat kematangan e-learning secara keseluruhan bernilai 3.034 yang berarti berada pada level tiga yaitu defined. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan sekolah ada di angka empat di level managed, GAP analisis bernilai 0.95. Beberapa rekomendasi diberikan oleh penulis kepada pihak sekolah dengan harapan dapat mencapai level yang diinginkan sesuai dengan kerangka ITIL dan CSF.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadhlirrahman Kusumanagara, Asep Wahyudin, Yudi Ahmad Hambali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Fadhlirrahman Kusumanagara




