Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Mengengah Atas Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i1.6Keywords:
Teknologi, Pendidikan, Pandemi, PengaruhAbstract
Saat ini hampir setiap negara di belahan dunia sedang dilanda wabah Covid-19.
Covid-19 merupakan virus yang penyebarannya sangat cepat dan merupakan virus
yang mematikan, untuk itu negara-negara di dunia disibukkan dalam menetapkan
berbagai kebijakan sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran virus corona,
salah satunya Indonesia. Pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap berbagai
sektor, termasuk sektor pendidikan. Semua sekolah dan perguruan tinggi hampir di
semua negara yang terdampak Covid-19 memberlakukan kebijkan pembelajaran dari
rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengabdian ini menggunakan pengabdian
deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dari pengabdian ini terdapat dalam
satu sekolah yang merupakan siswa-siswa sekolah MAN 3 LANGKAT yang
berjumlah 926. Sedangkan sampel dari pengabdian ini sebanyak 50 siswa yang
bersedia mengisi survey di google form. Objek pengabdian iniadalah guru dan siswa.
Instrument yang digunakan adalah kuesioner mengenai proses hasil belajar para
siswa dengan teknis analisis data yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu
menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pertanyaan. Setelah melakukan
tahap penyebaran pernyataan kepada para siswa maka langkah selanjutnya adalah
mendeskripsikan data yang diperoleh, yaitu gambaran dari semua data penulis di
peroleh dari hasil pengabdian. Dari hasil pernyataan yang dibagikan kepada para
siswa, maka diperoleh hasil sebagaimana yang penulis jabarkan di table-tabel
frekuensi dan presentasi. . Salah satu dampak positifnya adalah siswa-siswi tersebut
mendapatkan pengetahuan baru berupa penerapan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran daring.
Downloads
References
S. Ula, A. N. Afifa, and S. A. Azizah, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di Man 2 Jember,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 2, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.35719/alveoli.v2i1.35.
U. Hanifah Salsabila, L. Irna Sari, K. Haibati Lathif, A. Puji Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, 2020, doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
O. A. M. A. H Kara, “済無No Title No Title No Title,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 7, no. 2, pp. 107–15, 2014.
D. Rahmawati, “Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 107–118, 2012, doi: 10.21831/jep.v5i1.606.
N. --, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 6, p. 648, 2010, doi: 10.24832/jpnk.v16i6.493.
W. Sasmita, “PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI MUARA SABAK TIMUR Winda Sasmita UNIVERSITAS ISLAM NEGERI,” 2021.
M. Tekege, “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire,” J. Teknol. dan Rekayasa, vol. 2, no. 1, pp. 40–52, 2017, [Online]. Available: https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38.
Y. A. Pratama, W. Sopandi, Y. Hidayah, and M. Trihatusti, “Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar,” JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 6, no. 2, pp. 191–203, 2020, doi: 10.22219/jinop.v6i2.12653.
I. Syarif, “Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 2, no. 2, pp. 851–854, 2013, doi: 10.21831/jpv.v2i2.1034.
U. Salsabila, S. Utami, A. Zahra, F. Haikal, and A. Cahyono, “Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2021, doi: 10.5281/zenodo.4412063.
Z. Nuryana, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam,” Tamaddun, vol. 19, no. 1, p. 75, 2019, doi: 10.30587/tamaddun.v0i0.818.
J. Lampuhyang, L. P. Mutu, S. Agama, and H. Amlapura, “https://e-journal.stkip- amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang,” vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020.
K. Mohammadi et al., “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI INDOMESIA,” Adv. Drug Deliv. Rev., vol. 135, no. January 2006, pp. 989–1011, 2017, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012%0Ahttp://www.capsulae.com/media/Microencapsulation - Capsulae.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jaerosci.2019.05.001.
Y. M. Jamun, Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, and Rudolof Ngalu, “Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar,” JIPD (Jurnal Inov. Pendidik. Dasar), vol. 4, no. 1, pp. 46–50, 2020, doi: 10.36928/jipd.v4i1.253.
A. Nasir and R. Oktari, “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kampar),” J. Ekon., vol. 19, no. 02, pp. 1–14, 2011.
P. Budhi, A. JUANDA, and I. B. PAMUNGKAS, “Faktor Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah,” vol. 637, no. x, 2020.
D. Wiguna, Regita, Sutisnawati, Astri, Lyesmaya, “Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19,” vol. III, no. 2, pp. 75–79, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nadya Fatyana, Ronny Hasibuan, Meilisa Ninta Sari, Dwika Sherliyanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.