Peningkatan Pemasaran UMKM dengan Teknologi Cloud dan Digital Marketing

Authors

  • Zelvi Gustiana Universitas Dharmawangsa
  • Ananda Hadi E
  • Al Firah Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.241

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Cloud Catalog, Teknologi Cloud

Abstract

DW Food Court (DFC) di Glugur Kota, Medan Barat, terdiri dari 10 UMKM kuliner yang dikelola oleh mahasiswa Universitas Dharmawangsa. Seiring kemajuan teknologi, pemahaman tentang cloud catalog dan digital marketing penting untuk mengumpulkan data produk dan jumlah mahasiswa berwirausaha. Upaya ini memerlukan pendampingan berupa pelatihan, bantuan modal, dan sistem digitalisasi untuk pemasaran produk. Saat ini, kurang dari 25% anggota DFC menggunakan fitur digital marketing seperti website, media sosial, dan marketplace. Sebagian besar masih mengandalkan metode konvensional, seperti menunggu pembeli di stand dan mengikuti bazar UMKM. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan volume penjualan melalui digitalisasi. Solusi yang ditawarkan mencakup modul pelatihan, form survei (pra/post test), desain menu usaha, video profil, akun media sosial (Instagram), website, dokumentasi kegiatan, dan publikasi online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation And Practice, 6th. Pearson.

Fachrizal A., A. Kusumawati, . A. Irawan. (2019). Analisis Implementasi Strategi Content Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi pada Strategi Content Marketing Amstirdam Coffee Malang). 73(1), 78–87.

Hasanudin, A. (2017). Milenial Nusantara. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Hayu, R. S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 61. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.362

Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI". JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2722

Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix Of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s.

Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3

Sri Lindawati, M. H. & J. H. (2020). No Title (Cetakan I). Kita Menulis.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.Pengertian usaha mikromenurut Keputusan Menteri Keuangan No.40 / KMK.O6 / 2010 tanggal 29 Januari 2010.

UKM Kuliner Melesat berkat Platform Teknologi https://katadata.co.id/ariemega/infografik/5e9a55dcdc7d5/umkm-kuliner- melesat-berkat-platform-teknologi

https://cloudraya.com/blog/apa-itu-cloud-computing

https://cloudraya.com/blog/potensi-pasar-layanan-cloud- computing-di-indonesia/

Additional Files

Published

2024-07-25

How to Cite

Gustiana, Z., E, A. H., & Firah, A. (2024). Peningkatan Pemasaran UMKM dengan Teknologi Cloud dan Digital Marketing. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 276–284. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.241

Issue

Section

Articles