MBKM: Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD Negeri No 091261 Perkebunan Bangun Kabupaten Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.258Abstract
Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar adalah terciptanya kolaborasi antara mahasiswa dan guru di lapangan untuk membantu proses pengajaran di sekolah dasar. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk aktivitas dari pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Fokus dalam tulisan ini adalah melihat implementasi dari program Kampus Mengajar sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri No 091261 Perkebunan Bangun Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Metode penelitian yang dilakukan berupa pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah yang ada di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan program Kampus Mengajar sangat membantu dalam pelaksanaan tugas-tugas yang ada di SD Negeri No 091261 Perkebunan Bangun, hal ini dapat dilihat dari aktivitas kolaborasi yang dilakukan antara mahasiswa dan guru, diantaranya: (1) membantu proses pembelajaran, (2) membantu adaptasi teknologi, dan (3) membantu administrasi sekolah.
Downloads
References
A. J. Mahardhani, “Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Manaj. Publik dan Kebijak. Sos., vol. 5, no. 2, pp. 137–155, Dec. 2021, doi: 10.25139/JMNEGARA.V5I2.3522.
A. J. Mahardhani, I. Diana, A. P. Aji, M. U. Nurcahyani, M. A. Ahmad, and Y. Ruqoiyati, “Aktualisasi Sistem Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sdn Jatimulyo 02 Kota MalanG,” Publ. Libr. Inf. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 16–25, Dec. 2021, doi: 10.24269/PLS.V5I2.4007.
A. Widiyono, S. Irfana, and K. Firdausia, “Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar,” Metod. Didakt. J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 16, no. 2, Jan. 2021, doi: 10.17509/MD.V16I2.30125.
D. A. Rosita and R. Damayanti, “Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 42–49, Mar. 2021, doi: 10.37478/JPM.V2I1.852.
F. Eko Hardiawan, Q. Irfan Rifa, and A. Januar Mahardhani, “Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Melalui Komunitas Gubuk Literasi Pada Masa Pandemi,” Jan. 2021. Accessed: May 26, 2021. [Online]. Available: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1672.
G. Al Haddar, S. Puspita Ningrum, and afdal Afdal, “Analisis Permasalahan Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19,” DIAJAR J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 147–151, Apr. 2022, doi: 10.54259/DIAJAR.V1I2.660.
M. Muslichah et al., “Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang,” J. Kiprah, vol. 9, no. 2, pp. 90–99, Dec. 2021, doi: 10.31629/KIPRAH.V9I2.3516.
M. Miles and A. M. Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terjemahan. Jakarta: UI Press, 1992.
S. Syahidin, “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah,” ASATIZA J. Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 373–381, Sep. 2020, doi: 10.46963/asatiza.v1i3.163.
T. M. F. Anugrah, “Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19,” AkselerasI J. Ilm. Nas., vol. 3, no. 3, pp. 38–47, Nov. 2021, doi: 10.54783/JIN.V3I3.458.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiarma Intan Marpaung, Yanty Maria Rosmauli Marbun, Herlina Hotmadinar Sianipar, Bernieke Anggita Ristia Damanik, Christian Neni Purba, Firinta Togatorop, Daulat Nathanael Banjarnahor, Melvin Melanthon Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.