Optimalisasi Penggunaan Komputer Sebagai Alat Edukasi di Komunitas Lokal
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.319Keywords:
Komputer, Pendidikan, Komunitas Lokal, Literasi Digital, Pendidikan InformalAbstract
Kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang besar di dunia pendidikan, termasuk di tingkat masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempertimbangkan strategi untuk mengoptimalkan penggunaan komputer sebagai peralatan pendidikan di masyarakat, terutama untuk mendukung pembelajaran non-formal, pengembangan keterampilan digital dasar, dan meningkatkan kemampuan informasi publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode perekaman data dalam bentuk pengamatan lapangan, wawancara dengan manajer pusat pembelajaran masyarakat, dan dokumentasi kegiatan pendidikan berbasis komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer secara tepat meningkatkan akses publik ke sumber belajar, memperkuat kemampuan teknologi informasi, dan mempromosikan kemandirian pembelajaran. Namun, ada banyak hambatan, termasuk perangkat terbatas, kurangnya pelatihan, dan kemampuan digital awal yang buruk di masyarakat. Oleh karena itu, strategi optimasi diperlukan dalam bentuk pelatihan langkah demi langkah, pengadaan fasilitas komputer yang berkelanjutan, dan pembentukan tim sukarelawan pendidikan berbasis teknologi. Studi ini merekomendasikan bahwa sinergi dengan pemerintah, lembaga pendidikan dan komunitas membantu mendigitalkan pendidikan berdasarkan standar. Mengoptimalkan penggunaan komputer tidak hanya akses ke pendidikan, tetapi juga memperkuat kemampuan masyarakat dalam era digital yang terintegrasi dan kompetitif.
Downloads
References
Ahmad, A., Halimuddin, H., Alfina, A., Nurrisma, N., Nurrizqa, N., & Anisah, A. (2024). Peningkatan Pengetahuan Dasar-Dasar Komputer Bagi Komunitas Teknologi Informatika (KTI) Banda Aceh Sebagai Jembatan Menuju Kesempatan Kerja. Jurnal IPMAS, 4(3), 217–231.
Aliyah, H., & Masyithoh, S. (2024). Tinjauan literatur: Peran teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(4), 681–687.
Arifin, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Branding Perguruan Tinggi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 6(1), 70–102.
Caswanda, C., Sutisna, E., & Saputra, K. E. A. (2024). Peran Manajemen Pendidikan Pada Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 57–67.
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 2(2), 39–46.
Fira, F., Ilham, I., Rahmania, R., Irwandi, I., & Hudri, M. (2024). Meningkatkan keterlibatan siswa melalui teknologi pendidikan: Tinjauan sistematis. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 1–13.
Hakim, L. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam:(Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Handayani, L., Samosir, E. N., Riana, D., Turan, S. I., & Dwiyono, Y. (2024). Peran Kepemimpinan Pendidikan Dalam Mengintegrasikan Teknologi Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Negeri. Sistema: Jurnal Pendidikan, 5(1).
Hasanah, B., Sururi, A., Prananda, D. P., & Noval, A. M. (2022). Kewirausahaan sosial: partisipasi masyarakat dan evaluasi dampak sosial-ekonomi. Jurnal Administrasi Negara, 28(3), 291–317.
Izhari, F. (2024). Implementasi Program Peningkatan Literasi Digital Pada Masyarakat Pedesaan Melalui Workshop Komputer. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 30–36.
Ma’ruf, M., Ikhbaluddin, I., Suripto, S., & Abdurohim, A. (2021). Pengembangan kapasitas (capacity building) usaha kecil dan menengah bidang pertanian di kecamatan rancabungur kabupaten bogor. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 16–32.
Musbaing, M. (2024). Kompetensi guru PAI di abad 21: Tantangan dan peluang dalam pendidikan berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 315–324.
Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 241–255.
Sari, T. N., & Ghoni, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran IPA melalui game interaktif berbasis PALIBER (papan lingkar berputar) pada materi ekosistem. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1540–1546.
Usanto, U., Sucahyo, N., Warta, W., Khie, S., & Fitriyani, I. F. (2023). Transformasi kepemimpinan yang bersifat profetik dan pemberdayaan masyarakat di era Society 5.0 yang berkelanjutan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5287–5301.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindy, Hendry Hendry, Eka Putra, Muhammad Noor Hasan Siregar, Mardiah, Muhammad Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.