SOSIALISASI PENERAPAN METODE LATIHAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Authors

  • Endang Suherman
  • Chairul Rizal Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Leni Marlina Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.112

Keywords:

Socialization, Playing Exercise, Rolling Balls, Football

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas sosialisasi penerapan metode latihan bermain dalam meningkatkan keterampilan menggiring bola pada permainan sepak bola. Keterampilan menggiring bola merupakan komponen penting dalam sepak bola yang memengaruhi performa individu dan tim dalam pertandingan. Metode latihan bermain merupakan pendekatan yang menggabungkan unsur permainan dengan latihan teknis, bertujuan untuk menciptakan lingkungan latihan yang lebih realistis dan menarik. Studi ini dilaksanakan dengan melibatkan sekelompok pemain sepak bola muda dari berbagai tingkat kemampuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen menerima sosialisasi tentang penerapan metode latihan bermain untuk menggiring bola, sementara kelompok kontrol tetap mengikuti latihan konvensional. Pengukuran keterampilan menggiring bola dilakukan sebelum dan setelah intervensi menggunakan pengukuran teknis yang telah diakui. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menggiring bola pada kelompok eksperimen setelah mengikuti sosialisasi metode latihan  bermain. Peningkatan tersebut tidak hanya terlihat pada aspek teknis menggiring bola, tetapi juga pada kemampuan pemahaman situasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik selama permainan. Di sisi lain, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan bermain memiliki potensi untuk secara efektif meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola. Oleh karena itu, disarankan agar pelatih, pemain, dan para praktisi sepak bola mempertimbangkan penggunaan metode latihan bermain dalam program pelatihan untuk mencapai perkembangan keterampilan yang lebih optimal. Studi lebih lanjut dapat dilakukan untuk  mengeksplorasi variabel lain yang mungkin mempengaruhi hasil dari penerapan metode latihan bermain dalam konteks
sepak bola. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Grehaigne, J. F., Godbout, P., & Bouthier, D. (1999). The teaching and learning of decision making in team sports.

Quest, 51(1), 59-76.

Memmert, D. (2010). Teaching tactical creativity in sport: Research and practice. Routledge.

Travassos, B., Araújo, D., Davids, K., & Esteves, P. T. (2012). Performance analysis in team sports: Advances from

an Ecological Dynamics approach. International Journal of Performance Analysis in Sport, 12(3), 525-528.

Davids, K., Araújo, D., Correia, V., & Vilar, L. (2008). How small-sided and conditioned games enhance

acquisition of movement and decision-making skills. Exercise and Sport Sciences Reviews, 36(4), 209-210.

Hopper, T., & Bagnall, C. (2019). Play with purpose: Game sense to sport literacy. Routledge.

Silva, P., Garganta, J., Araújo, D., Davids, K., & Aguiar, P. (2013). Shared knowledge or shared affordances?

Insights from an ecological dynamics approach to team coordination in sports. Sports Medicine, 43(9), 765-

Ford, P. R., Ward, P., Hodges, N. J., & Williams, A. M. (2009). The role of deliberate practice and play in career

progression in sport: The early engagement hypothesis. High Ability Studies, 20(1), 65-75.

Oslin, J. L., Mitchell, S. A., & Griffin, L. L. (1998). The Game Performance Assessment Instrument (GPAI):

Development and preliminary validation. Journal of Teaching in Physical Education, 17(2), 231-243.

Silva, P., Duarte, R., & Araújo, D. (2014). An ecological approach to expertise effects in memory recall and

decision-making. Human Movement Science, 33, 1-12.

Renshaw, I., Davids, K., Araújo, D., Lucas, A., & Roberts, W. (2016). Constraints-led perspective to understanding

skill acquisition and game play: A basis for integration of motor learning theory and physical education

praxis? Physical Education and Sport Pedagogy, 21(1), 1-21.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Suherman, E., Rizal, C., & Marlina, L. (2023). SOSIALISASI PENERAPAN METODE LATIHAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(1), 55–59. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.112

Issue

Section

Articles