Pembelajaran Dengan Media PhET Simulator Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.128Keywords:
Numbered Head Together; Model; Pembelajaran; Hasil Belajar.Abstract
Peningkatan minat belajar siswa menjadi tantangan utama dalam pengembangan pendidikan. Artikel ini membahas hasil pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media PhET Simulator dalam model pembelajaran Discovery Learning. Metode pengabdian dilakukan dengan melibatkan dua sekolah menengah di wilayah tertentu. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan media PhET Simulator dalam model Discovery Learning, sementara kelompok kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Data minat belajar siswa dikumpulkan melalui survei angket dan observasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan PhET Simulator, menggambarkannya sebagai alat yang memudahkan pemahaman konsep dan meningkatkan motivasi belajar.
Downloads
References
Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding and Achievement in Problem-Based and Inquiry Learning: A Response to Kirschner, Sweller, and Clark (2006). Educational Psychologist, 42(2), 99-107.
Linn, M. C., & Eylon, B. (2011). Science Learning and Instruction: Taking Advantage of Technology to Promote Knowledge Integration. Routledge.
Mayer, R. E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning? American Psychologist, 59(1), 14-19.
PhET Interactive Simulations. (s.d.). PhET Interactive Simulations. Diakses dari https://phet.colorado.edu/
Hartini, S. (2016). Pengembangan modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis dengan menggunakan model discovery learning di SMAN 5 Banjarmasin. Jurnal Fisika Flux, 13(1), 121–125. https://doaj.org/article/a88ae7eb8b704421bb1bcee40a989e41.
Putri, I. S., Juliani, R., Fisika, J. P., Learning, D., & Belajar, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan model discovery learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elisa, Chairul Rizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 Elisa
								Elisa
							 
							




















