Pembelajaran Dengan Media PhET Simulator Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Elisa Universitas Sumatera Utara
  • Chairul Rizal Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Barany Fachri Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.128

Keywords:

Numbered Head Together; Model; Pembelajaran; Hasil Belajar.

Abstract

Peningkatan minat belajar siswa menjadi tantangan utama dalam pengembangan pendidikan. Artikel ini membahas hasil pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media PhET Simulator dalam model pembelajaran Discovery Learning. Metode pengabdian dilakukan dengan melibatkan dua sekolah menengah di wilayah tertentu. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan media PhET Simulator dalam model Discovery Learning, sementara kelompok kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Data minat belajar siswa dikumpulkan melalui survei angket dan observasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan PhET Simulator, menggambarkannya sebagai alat yang memudahkan pemahaman konsep dan meningkatkan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding and Achievement in Problem-Based and Inquiry Learning: A Response to Kirschner, Sweller, and Clark (2006). Educational Psychologist, 42(2), 99-107.

Linn, M. C., & Eylon, B. (2011). Science Learning and Instruction: Taking Advantage of Technology to Promote Knowledge Integration. Routledge.

Mayer, R. E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning? American Psychologist, 59(1), 14-19.

PhET Interactive Simulations. (s.d.). PhET Interactive Simulations. Diakses dari https://phet.colorado.edu/

Hartini, S. (2016). Pengembangan modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis dengan menggunakan model discovery learning di SMAN 5 Banjarmasin. Jurnal Fisika Flux, 13(1), 121–125. https://doaj.org/article/a88ae7eb8b704421bb1bcee40a989e41.

Putri, I. S., Juliani, R., Fisika, J. P., Learning, D., & Belajar, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94.

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan model discovery learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Elisa, Rizal, C., & Fachri, B. (2023). Pembelajaran Dengan Media PhET Simulator Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.128