Pelatihan Design Grafis Sebagai Passive Income Dalam Dunia Advertising Untuk Generasi Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.253Abstract
Penelitian ini mengkaji potensi pelatihan desain grafis sebagai sumber pendapatan pasif dalam dunia periklanan bagi generasi Gen Z, dengan fokus pada program yang diselenggarakan oleh Lembaga Kursus dan Seiring dengan pertumbuhan industri periklanan digital, keterampilan desain grafis yang baik menjadi kunci untuk memanfaatkan peluang pendapatan tambahan. Penelitian ini menunjukkan efektivitas kurikulum pelatihan yang mencakup penggunaan aplikasi desain populer seperti Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan Canva. Melalui pendekatan metodologi kualitatif, penelitian ini menganalisis pelatihan bagaimana ini mempersiapkan peserta untuk menciptakan konten visual yang menarik dan strategi untuk pasar periklanan. Temuan menunjukkan bahwa pelatihan yang mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan desain berkualitas serta strategi pemasaran yang efektif, yang pada pasangannya mengoptimalkan potensi pendapatan pasif melalui platform digital. Studi ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan program pelatihan yang lebih menyeluruh dan relevan dengan kebutuhan industri, serta dampaknya terhadap pemberdayaan Gen Z sebagai desainer grafis dan pengusaha kreatif di sektor periklanan.
Downloads
References
Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1), 234–240.
Fitriyadi, M. Y., Rahman, M. R., Asshidiqi, M. R. A., Ilham, M. A., Aibina, O. I., Hesda, N., & Al Fayyedh, F. (2023). pengaruh dunia IT terhadap perilaku remaja generasi z. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(2), 21–37.
Hasanuddin, M., Putra, R. R., Noor, M., Siregar, H., & Khodijah, S. (2024). Pelatihan Aplikasi Program Paket Niaga dan Internet Dalam Pengembangan Kompetensi Gen Z. 3(1), 291–295.
ND, K. F., Satria, A., & Chaira, C. (2023). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Digital Dalam Berwirausaha Di Kabupaten Aceh Barat. CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 1(2), 42–49.
Nugraha, N., Novantara, P., & Nugraha, D. (2024). Eksplorasi Canva: Pelatihan Konten Visual yang Praktis untuk Pemasaran Produk Lokal di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 467–474.
Rifai, D., Fitri, S., Ramadhan, I. N., & Ramadan, R. (2022). Perkembangan ekonomi digital mengenai perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 49–52.
Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69–75.
Sirajuddin, N. T., & Wahditiya, A. A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Bagi Guru SMP 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(2), 44–54.
Supiyandi, S., Lingga, C. V., Firtiani, A. I., Tanjung, A. H., & Malau, S. V. (2024). Pelatihan Aplikasi Responsive Web dan Konten Web Dalam Pemrograman Web Multimedia. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(3), 264–268. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i3.159
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rusmin Saragih, Imeldawaty Gultom, Jesayas Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.