Pelatihan Sains dan Sosial Dalam Menghadapi Tantangan Global

Authors

  • Muhammad Hasanuddin Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Supiyandi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Siti Khodijah Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Cindy Atika Rizki Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i2.267

Abstract

Pelatihan sains dan sosial memegang peran penting dalam mempersiapkan individu dan komunitas untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, sinergi antara sains dan sosial diperlukan untuk menciptakan solusi inovatif yang berkelanjutan. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman multidisiplin, membangun keterampilan analitis dan kritis, serta memperkuat kerja sama lintas bidang dalam menghadapi isu-isu global seperti perubahan iklim, ketimpangan sosial, dan krisis kesehatan.

Dengan pendekatan interdisipliner, pelatihan ini berfokus pada pemberdayaan peserta dalam memahami dinamika global secara holistik. Peserta akan dilatih untuk menganalisis dan merumuskan kebijakan serta strategi yang responsif terhadap tantangan global dengan mempertimbangkan perspektif ilmiah dan sosial. Hasilnya diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan berkelanjutan serta peningkatan kualitas hidup masyarakat global.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Khodijah, Universitas Pembangunan Panca Budi

Sains danTeknologi,TeknologiInformasi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, Indonesia

References

D. Sukmayana, “ANALISIS POTENSI PASAR GLOBAL BAGI PRODUK KEHUTANAN: PELUANG DAN TANTANGAN BAGI PENGUSAHA BISNIS KAYU DAN HASIL HUTAN LAINNYA,” Komitmen J. Ilm. Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 274–285, 2023.

E. D. Dakabesi and L. Wicaksono, “Kepemimpinan kolaborasi kepala sekolah dalam membangun tim kinerja guru di era society 5.0,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 6, no. 4, 2022.

U. Amelia, “Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan,” Al-Marsus J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 68–82, 2023.

A. Atiaturrahmaniah, I. Bagus, P. Aryana, and I. W. Suastra, “Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 7, no. 2, pp. 368–375, 2022.

S. Pujileksono and M. Siregar, “Pemahaman korupsi dalam teori pilihan rasional dan hubungan prinsipal-agen,” J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 2, no. 2, pp. 139–151, 2022.

A. S. Adnin, “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Islam Kontemporer: Pengembangan Kolaborasi antara Ulama dan Intelektual Muslim,” J. Ikhtibar Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 139–150, 2024.

M. Mashudi, “Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21,” Al-Mudarris (Jurnal Ilm. Pendidik. Islam., vol. 4, no. 1, pp. 93–114, 2021.

A. Hasan, A. I. Devianti, and L. Nulhakim, “Analisis organisasi kurikulum dan struktur kurikulum sekolah dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 9242–9247, 2022.

I. Lathifah, H. Fungkiuudin, R. Trisnaningtyas, R. Y. Setiawan, N. A. Alfiyah, and L. Muthoharoh, “Tantangan implementasi kurikulum pendidikan IPS di era globalisasi,” Concept J. Soc. Humanit. Educ., vol. 2, no. 4, pp. 213–223, 2023.

I. M. Sembiring, I. Ilham, E. Sukmawati, M. Maisuhetni, and O. Arifudin, “Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 2, pp. 305–314, 2024.

A. M. Priyatno, F. I. Firmanda, R. J. Farhas, F. Amalia, and W. F. R. Sudirman, “Pelatihan Data Science menggunakan Bahasa Pemrograman Python di PT Ilmu Data Indonesia,” Dedik. J. Pengabdi. Pendidik. Dan Teknol. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2023.

J. Fakhrurozi, Q. J. Adrian, A. Mulaynto, and S. Samanik, “Pelatihan penulisan jurnalistik dan naskah video bagi siswa smk widya yahya gading rejo,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 5, pp. 503–509, 2022.

M. M. Arifqi and D. Junaedi, “Pemulihan perekonomian indonesia melalui digitalisasi UMKM berbasis syariah di masa pandemi Covid-19,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 3, no. 2, pp. 192–205, 2021.

M. S. Iswahyudi et al., Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

T. Arifianto, M. Syafii, W. D. Febrian, I. Sani, W. Wajnah, and H. Nainggolan, “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus Berbantu Aplikasi Mendeley,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 121–128, 2024.

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356.

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33.

Rizal, C., Supiyandi, S., & Fachri, B. (2024). Mengenalkan Digital Desa Dalam Bentuk Sistem Informasi Desa Sei Limbat. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(3), 241–246

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Muhammad Hasanuddin, Supiyandi, Khodijah, S., & Cindy Atika Rizki. (2024). Pelatihan Sains dan Sosial Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(2), 104–109. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i2.267