Pelatihan Pembuatan Foto Produk Wisata di BUMDES Mitra Usaha Desa Cikakak Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i2.275Keywords:
BUMDes; foto produk; pemasaran digital.Abstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai sebuah entitas usaha telah berusaha memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Permasalahan yang banyak ditemui pada BUMDes adalah konten promosi yang dibuat masih minim dan belum menarik target pasar dan konsumen potensial. Begitu pula yang terjadi di BUMDes Mitra Usaha Desa Cikakak Kabupaten Banyumas yang mengelola sebuah desa wisata. Permasalahannya bahwa mitra memiliki keterbatasan pembuatan konten promosi yang menarik karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan peralatan pendukung yang belum memadai untuk pengambilan foto produk wisatanya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian kepada pengelola BUMDes tentang pentingnya menciptakan dan memvisualisasikan produk wisatanya melalui pelatihan pembuatan foto produk wisata. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan. Peserta yang dilibatkan adalah para pengurus BUMDes Mitra Usaha, Desa Cikakak. Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 5 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan pertanyaan secara langsung di awal kegiatan dan di akhir kegiatan dalam bentuk deep interview dan membandingkan hasil praktik foto produk sebelum dan sesudah pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan peningkatan pengetahuan tentang foto produk serta peningkatan keterampilan dalam pengambilan dan penyuntingan foto
Downloads
References
Agusta, R., & Fatkhurohman, A. (2019). Pengembangan Fotografi Produk Dalam Pemasaran Digital Produk Konveksi Zubs Di Yogyakarta. Open Journal System Prosiding Pengabdian Masyarakat, 313–317. Retrived from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2441
Aziz, R. A., Turmudi, H., Saputro, I. A., Widianti, I. S., & Widiyanti, S. (2024). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Obyek Wisata Janti Park Kabupaten Klaten. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(2), 131–138. Retrived from https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/1461
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40
Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168
Kusuma, S. P. (2024). Peran Fotografi Produk dalam Dunia Digital Marketing. Sanggitarupa, 4(1), 14–18. Retrived from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/sanggitarupa/article/view/5995
Ratnaningtyas, P. (2022). Pelatihan Foto Produk Bagi Aswan Snack. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 497–506. Retrived from https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/5186
Rohmah, A. N., & Setyowati, R. (2022). Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 75–82. Retrived from https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/236
Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180–189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522
Tanjung, M. R. (2016). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. Jurnal Proporsi, 1(2), 224–234. https://doi.org/10.22303/PROPORSI.1.2.2016.224-234
Tyas, A. G. N., Untari, S., Ridho, N., Rispambudi, Y. D., Mboeik, J. A., & Aziz, R. A. (2024). Pelatihan Foto Produk Bagi Pelaku UMKM Desa Wisata Sumber Bulu Kabupaten Karanganyar. SENDIKO, 3, 7–12. Retrived from https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/5387
Wibowo, A. A. (2015). Fotografi Tak Lagi Sekadar Alat Dokumentasi. Jurnal Seni, 9(2), 137–142. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/nju/imajinasi/article/view/8847
Rizal, C., Supiyandi, S., & Fachri, B. (2024). Mengenalkan Digital Desa Dalam Bentuk Sistem Informasi Desa Sei
Limbat. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(3), 241–246
Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall
Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Viviana Mayasari, Sofiatul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 Viviana Mayasari
								Viviana Mayasari
							 
							




















