Pelatihan Pembuatan Foto Produk Wisata di BUMDES Mitra Usaha Desa Cikakak Banyumas

Authors

  • Viviana Mayasari Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Taufiq Universitas Jenderal Soedirman
  • Atiek Sri Purwati Universitas Jenderal Soedirman
  • Sofiatul Khotimah Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i2.275

Keywords:

BUMDes; foto produk; pemasaran digital.

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai sebuah entitas usaha telah berusaha memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Permasalahan yang banyak ditemui pada BUMDes adalah konten promosi yang dibuat masih minim dan belum menarik target pasar dan konsumen potensial. Begitu pula yang terjadi di BUMDes Mitra Usaha Desa Cikakak Kabupaten Banyumas yang mengelola sebuah desa wisata. Permasalahannya bahwa mitra memiliki keterbatasan pembuatan konten promosi yang menarik karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan peralatan pendukung yang belum memadai untuk pengambilan foto produk wisatanya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian kepada pengelola BUMDes tentang pentingnya menciptakan dan memvisualisasikan produk wisatanya melalui pelatihan pembuatan foto produk wisata. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan. Peserta yang dilibatkan adalah para pengurus BUMDes Mitra Usaha, Desa Cikakak. Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 5 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan pertanyaan secara langsung di awal kegiatan dan di akhir kegiatan dalam bentuk deep interview dan membandingkan hasil praktik foto produk sebelum dan sesudah pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan peningkatan pengetahuan tentang foto produk serta peningkatan keterampilan dalam pengambilan dan penyuntingan foto

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, R., & Fatkhurohman, A. (2019). Pengembangan Fotografi Produk Dalam Pemasaran Digital Produk Konveksi Zubs Di Yogyakarta. Open Journal System Prosiding Pengabdian Masyarakat, 313–317. Retrived from https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2441

Aziz, R. A., Turmudi, H., Saputro, I. A., Widianti, I. S., & Widiyanti, S. (2024). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Obyek Wisata Janti Park Kabupaten Klaten. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(2), 131–138. Retrived from https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/1461

Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168

Kusuma, S. P. (2024). Peran Fotografi Produk dalam Dunia Digital Marketing. Sanggitarupa, 4(1), 14–18. Retrived from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/sanggitarupa/article/view/5995

Ratnaningtyas, P. (2022). Pelatihan Foto Produk Bagi Aswan Snack. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 497–506. Retrived from https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/5186

Rohmah, A. N., & Setyowati, R. (2022). Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 75–82. Retrived from https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/236

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180–189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522

Tanjung, M. R. (2016). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. Jurnal Proporsi, 1(2), 224–234. https://doi.org/10.22303/PROPORSI.1.2.2016.224-234

Tyas, A. G. N., Untari, S., Ridho, N., Rispambudi, Y. D., Mboeik, J. A., & Aziz, R. A. (2024). Pelatihan Foto Produk Bagi Pelaku UMKM Desa Wisata Sumber Bulu Kabupaten Karanganyar. SENDIKO, 3, 7–12. Retrived from https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/5387

Wibowo, A. A. (2015). Fotografi Tak Lagi Sekadar Alat Dokumentasi. Jurnal Seni, 9(2), 137–142. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/nju/imajinasi/article/view/8847

Rizal, C., Supiyandi, S., & Fachri, B. (2024). Mengenalkan Digital Desa Dalam Bentuk Sistem Informasi Desa Sei

Limbat. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(3), 241–246

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall

Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Viviana Mayasari, Taufiq, M., Purwati, A. S., & Sofiatul Khotimah. (2024). Pelatihan Pembuatan Foto Produk Wisata di BUMDES Mitra Usaha Desa Cikakak Banyumas. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(2), 110–117. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i2.275