Penerapan Storytelling Dwibahasa untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.367Keywords:
Storytelling Dwibahasa, kosakata bahasa inggirs, anak usia dini, perpustakaan komunitas, pendidikan non-formalAbstract
Penguasaan bahasa Inggris pada anak usia dini sangat penting untuk menghadapi era globalisasi, namun akses pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan di lingkungan pendidikan non-formal masih terbatas.Masalah yang dihadapi adalah kurangnya paparan bahasa Inggris yang kontekstual dan menyenangkan bagi anak usia dini di lingkungan non-formal. Tujuan pengabdian ini adalah mengimplementasikan metode storytelling dwibahasa untuk memperkenalkan kosakata bahasa Inggris kepada anak-anak prasekolah. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi kepada 12 anak usia 4-8 tahun di Perpustakaan Cinta Baca Palembang, pelaksanaan sesi storytelling dwibahasa selama 12 minggu, dan evaluasi melalui observasi partisipatif serta tes kosakata sederhana. Mitra kegiatan adalah Perpustakaan Cinta Baca Palembang dengan melibatkan 2 staf perpustakaan dan 1 koordinator program. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan partisipasi anak, peningkatan retensi kosakata, serta peningkatan antusiasme belajar bahasa Inggris. Anak-anak mampu mengingat kosakata baru per sesi dan menunjukkan kemampuan menggunakan kosakata dalam konteks percakapan sederhana.
Downloads
References
AminAfshar, M., & Mojavezi, A. (2017). The Effect of Aural and Visual Storytelling on Vocabulary Retention of Iranian EFL Learners. English Language Teaching, 10(4), 92. https://doi.org/10.5539/elt.v10n4p92
Dixon, L. Q., Wu, S., & Daraghmeh, A. (2012). Profiles in Bilingualism: Factors Influencing Kindergartners’ Language Proficiency. Early Childhood Education Journal, 40(1), 25–34. https://doi.org/10.1007/s10643-011-0491-8
Hartshorne, J. K., Tenenbaum, J. B., & Pinker, S. (2018). A critical period for second language acquisition: Evidence from 2/3 million English speakers. Cognition, 177, 263–277. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2018.04.007
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The Effects of Storytelling and Story Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension of Young Children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3
Krisnawati, V., Nugroho, B. A. P., & Sudaryanto, M. (2024). Kegiatan Bercerita Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Jenderal Soedirman. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 02(03), 144–148.
Kuhl, P. K. (2010). Brain Mechanisms in Early Language Acquisition. Neuron, 67(5), 713–727. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2010.08.038
Rizky Aulia, & Normaliza Normaliza. (2024). Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 228–239. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1498
Sevinç, Y. (2022). Mindsets and family language pressure: language or anxiety transmission across generations? Journal of Multilingual and Multicultural Development, 43(9), 874–890. https://doi.org/10.1080/01434632.2022.2038614
Susilowati, A. R., Setyadi, A. B., & Haenilah, E. Y. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3174–3185. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2562
Williams, M. (2002). Teaching Languages to Young Learners. L. Cameron. ELT Journal, 56(2), 201–203. https://doi.org/10.1093/elt/56.2.201
Xu, H. (2023). The Relationship Between Bilingual Children’s Language Anxiety and Learning Motivation. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 8, 2319–2325. https://doi.org/10.54097/ehss.v8i.4711
Zein, S., Sukyadi, D., Hamied, F. A., & Lengkanawati, N. S. (2020). English language education in Indonesia: A review of research (2011–2019). Language Teaching, 53(4), 491–523. https://doi.org/10.1017/S0261444820000208
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atika Puspasari, Siti Fatimah Azzahrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.