Penerapan Inovasi Pembelajaran Panca Indra: Implementasi "Misteri Box" Sebagai Media Edukasi ABK Tunarungu di SLB
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.373Keywords:
Pendidikan Inklusif, Anak Tunarungu, Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Indra, MIKABIAbstract
Anak tunarungu menghadapi kesulitan dalam memahami materi pembelajaran abstrak dan verbal, khususnya Sistem Indra pada mata pelajaran IPA, karena keterbatasan komunikasi. Kurangnya media pembelajaran yang sesuai di sekolah inklusi memperparah masalah ini. Mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran visual-kinestetik, MIKABI (Misteri Kotak Biologi), untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar peserta didik tunarungu pada materi Sistem Indra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada 28 Mei 2025 di SLB Ma’arif Muntilan, yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kontribusi edukatif dalam pengembangan media pembelajaran yang ramah dan sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus, khususnya peserta didik tunarungu jenjang SMA. Sebanyak 8 peserta didik tunarungu gabungan kelas X dan XI menjadi subjek. Evaluasi dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap antusiasme, keterlibatan aktif, dan interaksi peserta didik. Implementasi MIKABI menunjukkan peningkatan antusiasme dan keterlibatan aktif peserta didik tunarungu. Diskusi spontan menggunakan bahasa isyarat serta pertanyaan kepada tim pengabdian/wali kelas mengindikasikan bahwa media ini berhasil memfasilitasi pemahaman dan komunikasi. MIKABI terbukti efektif sebagai solusi alternatif untuk pembelajaran biologi berbasis kebutuhan khusus.
Downloads
References
Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis di Sekolah Luar biasa. Jurnal Algoritma, 16(1), 51-57.
Amka, A. (2018). Media pembelajaran inklusi.
Ariatama, S., Mona Adha, M., Tosy Hartino, A., & Prawisudawati Ulpa, E. (2021). PenggunaanTeknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
Brunning, R.H., Schraw, G.J., & Ronning, R.R., 1995, Cognitive Psychology and Instruction, Edisi 2, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Bustamin, S., Hamdani, I. M., & Hadi, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Media Pembelajaran Bahasa Isyarat Di Slb Negeri 1 Palopo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI, 3(1), 37-43.
Fausiah, F., Nawir, M., & Nursalam, N. (2024). Pengaruh Model Talking stick Berbantuan Media Pembelajaran Mystery Box terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Gugus 3 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 626-638.
Hakim, A. R., & HI, S. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Autis Jenjang Pendidikan SMP Di SLB Bina Anggita Yogyakarta. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Diambil dari http://digilib. uin-suka. ac. id/27525.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media pembelajaran dalam pembentukan interaksi belajar siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.
Kurniawan, Y. I., Yulianti, U. H., Yulianita, N. G., & Faza, M. N. (2022). Gamifikasi media pembelajaran untuk siswa tuna rungu wicara di Sekolah Luar Biasa B Yakut Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 649-661.
Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 186-199.
Rahmayanti, R., Azizahwati, A., & Ernidawati, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking stick Berbantuan Media Mystery Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII SMPN 2 Koto Kampar Hulu. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6037-6049.
Ramadani, S. D., Budiyono, A., & Makruf, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SLB Negeri Bugih Pamekasan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Aplikasi Belajar Online. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 644-652.
Schunk, D. H, Learning Theories (Terjemahan Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar), Yogyakarta: Pustaka, 2012.
Tristiantari, N. K. D., & Wulandari, P. M. D. S. (2024). Media Pembelajaran Spinner. Uwais Inspirasi Indonesia.
Tumanggor, S., Siahaan, P. A., Aruan, J. S., Sitorus, W. W., Manik, I. S., Simare-mare, Y., & Widyastuti, M. (2023). Upaya meningkatkan minat belajar anak Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam menggunakan media. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 25-32
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sylvia Rasyha Suci Amelia, Denisa Anisa Apriliana, Junita Apriliani, Yasmin Nuraisyah Dewifitri, Amelia Agista, Ferisa Prasetyaning Utami, Weni Anggraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.