Pembuatan Aplikasi Ujian Online Berbasis Web di SMP NU Miftahul Jannah untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Beda Puspita Candra Institut Teknologi Mojosari
  • Imam Thoib Institut Teknologi Mojosari
  • Binti Nailil Muna Institut Teknologi Mojosari
  • Ajeng Siska Lailatul Sifak Institut Teknologi Mojosari
  • Bunga Tsani Syamrotul Maulidiyah Institut Teknologi Mojosari
  • Umi Fariah Institut Teknologi Mojosari
  • Wahyu Tri Hartatik Institut Teknologi Mojosari

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.406

Keywords:

pengabdian masyarakat, ujian online, aplikasi berbasis web, evaluasi hasil belajar, digitalisasi sekolah

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan menjadi langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses belajar-mengajar, khususnya dalam hal evaluasi hasil belajar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi ujian online berbasis web di SMP NU Miftahul Jannah sebagai solusi untuk menggantikan metode ujian konvensional yang masih dilakukan secara manual. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan dan pengembangan aplikasi, pelatihan penggunaan, implementasi, serta evaluasi hasil. Aplikasi yang dikembangkan menyediakan fitur manajemen soal, pelaksanaan ujian hingga penilaian. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan dengan baik serta memberikan dampak positif kepada sekolah sehingga lebih efisien dalam melaksanakan ujian. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam digitalisasi sistem evaluasi pembelajaran di sekolah mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armiady, D. (2022). Pengembangan Aplikasi Berbasis Responsive Website Menggunakan Metode Extreme Programming. Jurnal TIKA, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1266

Mabruri, A. B., & Sanjaya, F. I. (2025). Implementasi Metode Prototyping untuk Aplikasi Ujian Online Berbasis Android Menggunakan Firebase. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 309–320. https://doi.org/10.57152/malcom.v5i1.1732

Masyrufin, A. (2022). Pengembangan Game Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.977

Roza, W., Sari, Y. G., Putra, B. E., & Putri, D. A. E. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Dunia Pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89–98. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.426

Sidiq, A. B., & Kurniadi, D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web pada SMK N 1 Solok. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2), 44. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111521

Yudhistira, J. (2024). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Menggunakan Metode Extreme Programming. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information, 2(2), 87–95. Retrieved from https://ejournal.techcart-press.com/index.php/jaiti/article/view/122

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Candra, B. P., Thoib, I., Muna, B. N., Sifak, A. S. L., Maulidiyah, B. T. S., Fariah, U., & Hartatik, W. T. (2025). Pembuatan Aplikasi Ujian Online Berbasis Web di SMP NU Miftahul Jannah untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 44–50. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.406

Issue

Section

Articles