Optimalisasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Kursus Komputer di LKP Karya Prima Secara Hybrid
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.441Keywords:
pembelajaran interaktif, kursus keterampilan, pemberdayaan masyarakat, soft skill, karya primaAbstract
Permasalahan utama dalam pelaksanaan kursus keterampilan di Lembaga Karya Prima adalah metode pembelajaran yang masih bersifat satu arah, sehingga partisipasi peserta kurang optimal. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan efektivitas kursus keterampilan. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, workshop, dan praktikum interaktif yang melibatkan 25 peserta dari berbagai latar belakang usia produktif. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung, pre-test dan post-test, serta refleksi harian peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan praktis peserta sebesar 75% dan peningkatan soft skill seperti komunikasi dan kerja tim sebesar 60%. Sebagian peserta juga mampu memanfaatkan keterampilan yang diperoleh untuk membuka usaha kecil secara mandiri. Kegiatan ini membuktikan bahwa metode pembelajaran interaktif mampu meningkatkan efektivitas proses kursus serta memberi dampak nyata terhadap kemandirian ekonomi peserta.
Downloads
References
Ahmad, A., Sari, A. J. T., Wardana, A. H., Rosyid, M. N. I., Widianto, E., & Rasyad, A. (2022). Tren Perkembangan Pendidikan Non-Formal. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 7(2), 76–82.
Angreini, W., & Purnomo, T. (2024). Integrasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 9(1), 1–8.
Erikson, J. P., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Memahami Peran Pendidikan Di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(11), 1572–1578.
Fatmawati, I. (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 25–39.
Mildawati, T., & Tangngareng, T. (2023). Jenis-Jenis Pendidikan (Formal, Nonformal Dan Informal) Dalam Perspektif Islam. Vifada Journal of Education, 1(2), 1–28.
Nasaruddin, N., Ilham, I., Nurdiniawati, N., & Alimudin, A. (2024). Pendampingan dan Peran TPQ Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an di Dusun Soro Bali Desa Karampi. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 29–41.
Ngatinem, N., & Talkah, A. (2022). Strategi Pelatihan Pertanian Dalam Rangka Peningkatan Mutu Sumberdaya Manusia Di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Pertanian Lawang Kabupaten Malang. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 199–215.
Nurhaida, I., Windah, A., & Yudha, A. N. (2023). Transformasi Paradigma Pembelajaran: Kolaborasi dan Partisipasi Aktif Melalui Sosialisasi Program Praktisi Mengajar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1315–1325.
Perdana, A., Farhana, N. A., Nurmadi, R., Duha, A. N., Pinem, M. Z., & Chairani, T. S. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING INTERAKTIF BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 5652–5662.
Risana, F., Hadi, A. I. M., Pratama, A., Rahmah, F., & Syafe’i, I. (2025). Transformasi metode pembelajaran pendidikan agama Islam: Dari konvensional ke pendekatan student-centered learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 619–632.
Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia Saat Ini: Suatu Kajian Literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292–309.
Sava, N. A., Kusumawati, N. K., & Hazin, M. (2024). Evaluasi Program Sekolah Penggerak Di Kota Kediri Menggunakan Model KIRKPATRICK. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 6(1), 53–66.
Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). PELATIHAN PERANGKAT DESA DALAM PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI DESA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356.
Suryanda, D., & Supiyandi, S. (2025). Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah PMI Cabang Medan Berkerjasama Dengan Rumah Sakit Umum Sufina Aziz. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 9–16.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Wahyuningrum, P. M. E., Winei, A. A. D., Sawo, E. S., & Aprilia, S. (2024). Model pembelajaran bagi guru pendidikan agama Katolik. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 448–457.
Zuliyawati, E. M., & Agustin, A. S. (2024). Analisis respon peserta didik terhadap penguatan literasi dalam pembelajaran IPAS berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(2), 509–532.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zen, Rusmin Saragih, Imeldawaty Gultom, Ayu Puspita Sari Sinaga, Eka Pandu Cynthia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.