Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah Dalam Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.487Keywords:
Sosialisasi, Pelatihan, Berkomunikasi ilmiah, Pembelajaran aktif, Project based learningAbstract
Sekolah SD Negeri 101874 Tumapatan Nibung sebagai mitra dalam pengabdian ini belum menerapkan dengan maksimal komunikasi ilmiah baik lisan maupun tulisan dalam proses pembelajaran IPA, disebabkan kurangnya pemahaman guru terkait proses pembelajaran aktif yang menekankan pada identifikasi, memecahkan masalah melalui analisis data dan berfikir kritis. Oleh sebab itu perlu dilakukan peningkatan kemampuan melalui PKM agar pembelajaran IPA dilaksanakan secara inquiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pelatihan terhadap 26 guru dalam bentuk project based learning, tim pengabdian sebagai pengajar sedangkan guru-guru sebagai peserta didik, dengan tahapan; (1) Start with the essential question; (2) Design a plan for the project; (3) Create a schedule; (4) Monitor the students and the progress of the project; (5) Asses the outcome; (6) Evaluate the experience. Hasil refleksi pada kegiatan yang dilakukan dengan penerapan langsung metode project based learning, 90% guru-guru semakin mudah memahami dan akan menerapkannya di kelas.
Downloads
References
Aini, E. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Menggunakan Pembelajaran Inquiry Berbantuan Simulasi PhET Pada Materi Fluida Dinamis. Journal of Learning, Teaching, and Instruction, 3(1), 1–11.
Cynthia, E. P., Saeed, A. H., Rizki, C. A., Khairuniza, N., Komputer, I., Ulama, U. N., & Utara, S. (2025). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Google Workspace. 1(1), 29–36.
Hadinata, E., Irwan, D., Elhanafi, A. M., & Handoko, D. (2025). Pelatihan Strategi Marketing Pemanfaatan Content Creator Pada Bisnis Food and Beverage Studi Kasus Bisnis Madu Hutan. 4(1), 137–148.
Hasanuddin, M., Khodijah, S., & Rizki, C. A. (2024). Pelatihan Sains dan Sosial Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(2), 369–374.
Khodijah, S., & Harahap, R. R. (2025). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Dasar Komputer Dan Internet di Desa Saentis. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(3), 162–167.
Maftuh, M. S., & Khofifa, L. N. (2023). Representasi Matematis Siswa Sma Dengan Gaya Kognitif Field Dependent Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 261–268. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.28
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132. Jurnal Papeda, 5(2), 120–132.
Muamala, K., & Wulandari, R. (2024). Keterampilan Kolaborasi Komunikasi Sains Siswa Sekolah Menengah Sebuah Studi Profil. Jurnal Biologi, 1(4), 1–19. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2907
Mubin, M., & Moh. Arif Furqon. (2023). Pelaksanaan Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 78–88. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1387
Nurohman Dede, Abd Aziz, M. F. F. (2021). 済無No Title No Title No Title. Kodifikasia : Jurnal Penelitian Islam, Vol 15, No. 01 (2021), 133-158, 15(01), 133–158.
Ramadani, F., & Hasanuddin, M. (2025). Pendampingan Belajar Matematika Dasar Menggunakan Media Permainan Edukatif untuk Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 1–7.
Sahronih, S., Suryono, T., Maemuna, S., & Hasanah, D. (2023). Integrasi Teknologi Augmented Reality Berbasis Model Samr (Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition) Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 619–629. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3230
Saragih, R., Gultom, I., & Khalidy, F. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Kasir Digital Berbasis Android untuk UMKM di Desa Cinta Rakyat. 1(1), 22–28.
Suherman, E. (2023). Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (Juribmas), 02(01), 55–59.
Suryanda, D., & Supiyandi, S. (2025). Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah PMI Cabang Medan Berkerjasama Dengan Rumah Sakit Umum Sufina Aziz. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 9–16.
Zen, M., Saragih, R., Gultom, I., Puspita, A., Sinaga, S., & Pandu, E. (2025). Optimalisasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Kursus Komputer di LKP Karya Prima Secara Hybrid. 4(1), 66–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shinta Marito Siregar, Elia Putri, Beta Rapita Silalahi, Aminda Tri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.