Penerapan Kolaborasi Ecoprint dan Ecobrick sebagai inovasi kreatif Pendidikan Lingkungan di SDN Tinggar 1
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.574Abstract
Isu pencemaran lingkungan akibat sampah plastik masih menjadi permasalahan serius di Indonesia, termasuk di Kecamatan Curug, Kota Serang. Sekolah dasar memiliki peran strategis dalam menanamkan pendidikan lingkungan sejak dini, namun praktik pembelajaran seringkali masih bersifat normatif dan teoritis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan kolaborasi ecoprint dan ecobrick sebagai inovasi pembelajaran lingkungan di SDN Tinggar 1. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain Participatory Action Research (PAR), melibatkan 30 siswa kelas IV dan V serta guru pendamping. Tahapan kegiatan meliputi sosialisasi isu sampah plastik, praktik pembuatan ecoprint dari daun dan bunga, serta pembuatan ecobrick dari limbah plastik rumah tangga. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menghasilkan karya kreatif berupa kain bermotif alami dan produk ecobrick yang dimanfaatkan sebagai pot tanaman dan kursi mini. Evaluasi melalui refleksi siswa dan guru mengindikasikan peningkatan pengetahuan, sikap peduli lingkungan, serta keterampilan praktis dalam mengelola sampah plastik. Dengan demikian, program ini terbukti efektif sebagai model pembelajaran lingkungan yang aplikatif, kreatif, dan berkelanjutan, sekaligus dapat direplikasi di sekolah lain untuk mendukung program Education for Sustainable Development (ESD).
Downloads
References
Integrasi. (2021). Evaluasi pengelolaan sampah di TPAS Cilowong. Jurnal Integrasi, 7(2), 101–109.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. Jakarta: KLHK.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.
Local SDGs Indonesia. (2023). Profil TPB/SDGs Daerah Kota Serang.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Piaget, J. (2001). The Psychology of Intelligence. Routledge.
Prasetyo, R. (2019). Pengelolaan sampah plastik melalui ecobrick sebagai solusi lingkungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Lingkungan, 4(1), 33–40.
ResearchGate. (2023). Sosialisasi pengelolaan sampah sebagai upaya peningkatan peran masyarakat di Kota Serang.
Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology (6th ed.). McGraw-Hill.
Senama. (2020). Komposisi sampah domestik di Kecamatan Curug Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat, 2(1), 45–53. Universitas Serang Raya.
Setiawan, A., & Nurhayati, L. (2020). Pemanfaatan teknik ecoprint sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan Seni, 8(2), 112–120.
Tilbury, D. (1995). Environmental education for sustainability: Defining the new focus of environmental education in the 1990s. Environmental Education Research, 1(2), 195–212.
UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO Publishing.
Wahyuni, D. (2021). Integrasi pendidikan lingkungan di sekolah dasar: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(3), 145–154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Ayu Kurniawati, Rani Nadya Fadhilah Tasman, Putri Julianti, Ine Selpiah Aryati, Aan Anipah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 Devi Ayu Kurniawati
								Devi Ayu Kurniawati
							 
							




















