Pemberdayaan GEN-Z melalui Pelatihan Desain Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal

Authors

  • Siti Sundari Universitas Harapan
  • Supiyandi Supiyandi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Cindy Atika Rizki Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Munjiat Setiani Asih Universitas Harapan
  • Nabila Khairuniza Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.645

Keywords:

GEN-Z, Pemberdayaan, Pelatihan, Desain Produk, Digital Printing, UMKM Lokal

Abstract

Generasi Z memiliki potensi kreatif tinggi dalam bidang desain digital yang dapat dioptimalkan untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, keterbatasan keterampilan teknis dan pemahaman teknologi digital printing sering menjadi hambatan dalam menghasilkan produk yang inovatif dan kompetitif. Program pengabdian ini bertujuan memberdayakan Gen-Z melalui pelatihan desain produk berbasis digital printing yang difokuskan pada kebutuhan UMKM lokal. Metode pelatihan dilakukan secara praktik langsung dengan pendekatan kolaboratif antara peserta dan pelaku UMKM, mencakup penguasaan perangkat lunak desain grafis, teknik produksi digital printing, hingga strategi pemasaran produk kreatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan desain peserta, terciptanya produk-produk baru yang sesuai tren pasar, serta meningkatnya kolaborasi Gen-Z dengan UMKM dalam menciptakan nilai tambah ekonomi. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memperkuat kapasitas generasi muda, tetapi juga mendukung keberlanjutan dan daya saing UMKM di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andy Endra Krisna. (2024). Transformasi UMKM Melalui Industri Kreatif: Pendekatan Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 66–81. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4514

Ardiansyah, M. R. N., Ariesta, D. R., Hariroh, S. Q., Antika, S. A., Maharani, S. D., & Nafi’ah, B. A. (2024). Analisis Voting Behavior Gen-Z pada Pemilu 2024 dan Pengaruh Terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045: Studi Kasus Mahasiswa Kota Surabaya. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 390–408. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.401

Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Apriliana Dewi, L. O., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi Digital dan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global dalam Dunia Perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.114

Febrianto, M. D., & Wartariyus, W. (2023). Pemanfaatan Software Bone dalam Pembuatan Sistem Kasir pada Percetakan Kingprinting. Jurnal Ilmu Siber Dan Teknologi Digital, 1(2), 135–141. https://doi.org/10.35912/jisted.v1i2.2316

Hendry, Wasito, M., & Supiyandi. (2023). Toko Online Berbasis Web Dalam Mengenalkan Produk UMKM Pada Desa Suka Damai Kecamatan Kuala Kabupataen Langkat. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(2), 182–186. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.119

Huda, A., Firdaus, F., Qadir, S. A., Rahmadani, S., & Febrianti, W. (2022). Pengembangan Modul Pelatihan Desain Grafis dan Digital Printing Berbasis Flip Book. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 114–120. https://doi.org/10.24036/javit.v2i3.127

Imaduddin, I., Sari, S. A. A., Hermansyah, T. A., & Tenridolong, A. C. T. R. (2024). Pengaruh Teknologi Industri 5.0 terhadap Efisiensi Manajemen Produksi di Perusahaan Manufaktur. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 2376–2384. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.5969

Kusumandari, R. B., Faturrohman, H., Kusumaningtyas, N., Nisak, S. H., & Solikhah, N. P. (2024). Pengembangan Kapasitas Produksi dan Diversifikasi Produk Jamu Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Gununggajah Kabupaten Klaten. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 346–352. https://doi.org/10.30762/welfare.v2i2.1602

Laia, A., Lase, D., Waruwu, S., & Buulolo, N. A. (2024). Evaluasi Pelatihan Keterampilan di Kantor Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 34–31. https://doi.org/10.62138/tuhenori.v2i1.41

M. Shoim Anwar, M. S. A., Luluk Isani Kulup, L. I. K., & Prawoto, E. (2022). Pemilihan Masalah Dan Judul Karya Tulis Best Practice Untuk Guru-Guru Smpn Se-Kabupaten Sidoarjo. Pancasona, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36456/pancasona.v1i1.6140

Prayoga, J., & Hasugian, B. S. (2025). Pelatihan Desain Grafis untuk Pemberdayaan Pemuda di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berdampak, 1(2), 73–80.

Puspasari, A., & Azzahrah, S. F. (2025). Penerapan Storytelling Dwibahasa untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 163–168.

Putra, R. A., & Dianastiti, Y. (2023). Kesiapan Berwirausaha Yang Didukung Oleh Keterampilan Berkomunikasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Bagi Siswa Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 71–84. https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i1.67852

Ramadani, Z. F., Putri, D. M., Nafisah, A. H., Olyvviane, J., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Perencanaan dan Pengembangan Portofolio Produk Gantungan Kunci Kawat Bulu sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing pada UMKM Kreatif. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 13. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.717

Ramdhani, A. T. A., & Agung Rashif Madani. (2024). Aktivasi Gen-Z Terhadap Pengembangan Umkm Melalui Digitalisasi. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 23(2), 159–166. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v23i2.3300

Saragih, R., Gultom, I., Jesayas Sembiring, & Divi Handoko. (2024). Pelatihan Design Grafis Sebagai Passive Income Dalam Dunia Advertising Untuk Generasi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 331–335. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.253

Suci Ramadani, Dilla Amelia Ramadhani, Muhammad Ikrom, & Lokot Muda Harahap. (2025). Peran Strategis UMKM dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 158–166. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3183

Syahfitri Siregar, R., & Matang. (2023). Indonesia Era Globalisasi: Peran Dan Tantangan Generasi Kedua Digital Native. At-Tawasul, 2(2), 101–109. https://doi.org/10.51192/ja.v2i2.470

Tarwoto, Eka Ardiya Putri, & Dwi Puji Lestari. (2024). Pelatihan Desain Produk Menggunakan Aplikasi Adobe Ilustrator Untuk Guru Dan Siswa Di SMK Miftahul Huda Rawalo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 241–250. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1619

Widyastuti, L. Y., Maulana, H., Erik, E., Izzah, K. A., & Azzahra, Y. C. (2023). Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Sundari, S., Supiyandi, S., Rizki, C. A., Asih, M. S., & Khairuniza, N. (2025). Pemberdayaan GEN-Z melalui Pelatihan Desain Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 354–362. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.645