Pemberdayaan GEN-Z melalui Pelatihan Desain Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.645Keywords:
GEN-Z, Pemberdayaan, Pelatihan, Desain Produk, Digital Printing, UMKM LokalAbstract
Generasi Z memiliki potensi kreatif tinggi dalam bidang desain digital yang dapat dioptimalkan untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, keterbatasan keterampilan teknis dan pemahaman teknologi digital printing sering menjadi hambatan dalam menghasilkan produk yang inovatif dan kompetitif. Program pengabdian ini bertujuan memberdayakan Gen-Z melalui pelatihan desain produk berbasis digital printing yang difokuskan pada kebutuhan UMKM lokal. Metode pelatihan dilakukan secara praktik langsung dengan pendekatan kolaboratif antara peserta dan pelaku UMKM, mencakup penguasaan perangkat lunak desain grafis, teknik produksi digital printing, hingga strategi pemasaran produk kreatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan desain peserta, terciptanya produk-produk baru yang sesuai tren pasar, serta meningkatnya kolaborasi Gen-Z dengan UMKM dalam menciptakan nilai tambah ekonomi. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memperkuat kapasitas generasi muda, tetapi juga mendukung keberlanjutan dan daya saing UMKM di era digital.
Downloads
References
Andy Endra Krisna. (2024). Transformasi UMKM Melalui Industri Kreatif: Pendekatan Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 66–81. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4514
Ardiansyah, M. R. N., Ariesta, D. R., Hariroh, S. Q., Antika, S. A., Maharani, S. D., & Nafi’ah, B. A. (2024). Analisis Voting Behavior Gen-Z pada Pemilu 2024 dan Pengaruh Terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045: Studi Kasus Mahasiswa Kota Surabaya. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 390–408. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.401
Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Apriliana Dewi, L. O., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi Digital dan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global dalam Dunia Perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.114
Febrianto, M. D., & Wartariyus, W. (2023). Pemanfaatan Software Bone dalam Pembuatan Sistem Kasir pada Percetakan Kingprinting. Jurnal Ilmu Siber Dan Teknologi Digital, 1(2), 135–141. https://doi.org/10.35912/jisted.v1i2.2316
Hendry, Wasito, M., & Supiyandi. (2023). Toko Online Berbasis Web Dalam Mengenalkan Produk UMKM Pada Desa Suka Damai Kecamatan Kuala Kabupataen Langkat. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(2), 182–186. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.119
Huda, A., Firdaus, F., Qadir, S. A., Rahmadani, S., & Febrianti, W. (2022). Pengembangan Modul Pelatihan Desain Grafis dan Digital Printing Berbasis Flip Book. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 114–120. https://doi.org/10.24036/javit.v2i3.127
Imaduddin, I., Sari, S. A. A., Hermansyah, T. A., & Tenridolong, A. C. T. R. (2024). Pengaruh Teknologi Industri 5.0 terhadap Efisiensi Manajemen Produksi di Perusahaan Manufaktur. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 2376–2384. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.5969
Kusumandari, R. B., Faturrohman, H., Kusumaningtyas, N., Nisak, S. H., & Solikhah, N. P. (2024). Pengembangan Kapasitas Produksi dan Diversifikasi Produk Jamu Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Gununggajah Kabupaten Klaten. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 346–352. https://doi.org/10.30762/welfare.v2i2.1602
Laia, A., Lase, D., Waruwu, S., & Buulolo, N. A. (2024). Evaluasi Pelatihan Keterampilan di Kantor Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 34–31. https://doi.org/10.62138/tuhenori.v2i1.41
M. Shoim Anwar, M. S. A., Luluk Isani Kulup, L. I. K., & Prawoto, E. (2022). Pemilihan Masalah Dan Judul Karya Tulis Best Practice Untuk Guru-Guru Smpn Se-Kabupaten Sidoarjo. Pancasona, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36456/pancasona.v1i1.6140
Prayoga, J., & Hasugian, B. S. (2025). Pelatihan Desain Grafis untuk Pemberdayaan Pemuda di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berdampak, 1(2), 73–80.
Puspasari, A., & Azzahrah, S. F. (2025). Penerapan Storytelling Dwibahasa untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 163–168.
Putra, R. A., & Dianastiti, Y. (2023). Kesiapan Berwirausaha Yang Didukung Oleh Keterampilan Berkomunikasi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Bagi Siswa Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 71–84. https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i1.67852
Ramadani, Z. F., Putri, D. M., Nafisah, A. H., Olyvviane, J., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Perencanaan dan Pengembangan Portofolio Produk Gantungan Kunci Kawat Bulu sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing pada UMKM Kreatif. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 13. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.717
Ramdhani, A. T. A., & Agung Rashif Madani. (2024). Aktivasi Gen-Z Terhadap Pengembangan Umkm Melalui Digitalisasi. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 23(2), 159–166. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v23i2.3300
Saragih, R., Gultom, I., Jesayas Sembiring, & Divi Handoko. (2024). Pelatihan Design Grafis Sebagai Passive Income Dalam Dunia Advertising Untuk Generasi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 331–335. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.253
Suci Ramadani, Dilla Amelia Ramadhani, Muhammad Ikrom, & Lokot Muda Harahap. (2025). Peran Strategis UMKM dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 158–166. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3183
Syahfitri Siregar, R., & Matang. (2023). Indonesia Era Globalisasi: Peran Dan Tantangan Generasi Kedua Digital Native. At-Tawasul, 2(2), 101–109. https://doi.org/10.51192/ja.v2i2.470
Tarwoto, Eka Ardiya Putri, & Dwi Puji Lestari. (2024). Pelatihan Desain Produk Menggunakan Aplikasi Adobe Ilustrator Untuk Guru Dan Siswa Di SMK Miftahul Huda Rawalo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 241–250. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1619
Widyastuti, L. Y., Maulana, H., Erik, E., Izzah, K. A., & Azzahra, Y. C. (2023). Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Sundari, Supiyandi Supiyandi, Cindy Atika Rizki, Munjiat Setiani Asih, Nabila Khairuniza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 Siti Sundari
								Siti Sundari
							 
							




















