Pelatihan Desain Kemasan Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal Kepada GEN-Z
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.648Keywords:
Pelatihan, Desain Produk, Digital Printing, Photoshop, CorelDRAW, UMKM, Gen-ZAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generasi muda, khususnya Gen-Z, dalam mendukung pengembangan produk UMKM lokal melalui pelatihan desain berbasis digital printing. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan inovasi dan kreativitas dalam industri kreatif, digital printing menjadi salah satu solusi yang mampu menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi, seperti merchandise, kemasan, dan media promosi. Metode pelatihan dilakukan melalui pendekatan partisipatif dengan tahapan sosialisasi, pemberian materi, praktik langsung desain menggunakan perangkat lunak grafis populer, seperti Adobe Photoshop dan CorelDRAW, serta simulasi proses cetak digital. Peserta pelatihan terdiri dari pelaku UMKM muda serta komunitas Gen-Z yang berfokus pada pengembangan usaha kreatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merancang desain produk yang sesuai kebutuhan pasar, serta tumbuhnya motivasi untuk berwirausaha berbasis teknologi digital. Dengan demikian, program ini berkontribusi pada peningkatan daya saing UMKM lokal dan membekali Gen-Z dengan kompetensi kreatif yang relevan dengan era digital.
Downloads
References
Andy Endra Krisna. (2024). Transformasi UMKM Melalui Industri Kreatif: Pendekatan Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 66–81. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4514
Cynthia, E. P., Permana, I., & Nursalisah, F. (2025). Evaluasi Efisiensi Pemanfaatan Struktur Data dalam Bahasa Pemrograman Python untuk Operasi Pencarian dan Penyimpanan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknik Informatika, 1(1), 1–7.
Fachri, B., Daniel Daud Sunly Bazikho, & Ferdy Syahlan Susilo. (2024). Perancangan Sistem Informasi Penjualan UMKM Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Wordpress. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi (JUKTISI), 3(2), 723–730. https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i2.260
Firdausiah, R. A. (2024). Pelatihan Penguatan Peran Dan Karakter Generasi Penerus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1.1), 635–641.
Gustiana, Z., E, A. H., & Firah, A. (2024). Peningkatan Pemasaran UMKM dengan Teknologi Cloud dan Digital Marketing. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 276–284. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.241
Hasanuddin, M., Randi Rian Putra, Hasan Siregar, M. N., Supiyandi, & Khodijah, S. (2024). Pelatihan Aplikasi Program Paket Niaga dan Internet Dalam Pengembangan Kompetensi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 291–295. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.248
Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran usaha mikro, kecil, dan menengah dalam pertumbuhan ekonomi: Analisis kontribusi sektor umkm terhadap pendapatan nasional di indonesia. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 739–746.
Kirana, C. A. D., Ravenska, N., & Fauzi, R. M. (2024). Upaya Mengoptimalkan Peluang Inovasi Digital Bagi Mahasiswa melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2277–2287. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5264
Maryam, M., Amalia, C. I., Hanum, F., & ... (2025). Inovasi Desain Produk sebagai Strategi Meningkatkan Profitabilitas UMKM Kerajinan Rumahan. Jurnal Serambi …, 10(3). https://jse.serambimekkah.id/index.php/jse/article/view/918%0Ahttps://jse.serambimekkah.id/index.php/jse/article/download/918/701
Mustari, N. H. (2024). Umkm Sebagai Pilar Dalam Membangun Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(3), 198–211. https://doi.org/10.59827/jie.v3i3.187
Roqybah, L., Yuniansyah, I. F., Rizki, A. M., Rokhmaturrizqiyah, F., Zain, B., Muhamad, D. F., Kurniawan, A., Salsabila, A. R., Pramitha, A. S., & Insiyah, M. (2025). Strategi Digital Marketing untuk UMKM: Meningkatkan Daya Saing di Pasar Lokal melalui Media Sosial. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3(1), 41–50. https://ejournal.mediapenamandiri.com/index.php/jomi/article/view/89
Saragih, R., Gultom, I., Jesayas Sembiring, & Divi Handoko. (2024). Pelatihan Design Grafis Sebagai Passive Income Dalam Dunia Advertising Untuk Generasi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 331–335. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.253
Sutantri, & Syawahidul Haq, M. (2023). Strategi Packaging Produk UMKM Oleh Rumah Kurasi Kediri dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.33367/at.v5i1.1479
Tohari, A., Faisol, F., Ayu Septi Fauzi, D., Prayogy, M. D., & Khoiriyah, W. (2025). Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Pendampingan Digital Marketing Untuk UMKM Jatirejo. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v4i1.1358
Wedhasari, T., Ruhyat, N., & Multahada, E. (2025). Pelatihan Komprehensif Desain Mesin Berbasis Teori. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rismayanti Rismayanti, Leni Marlina, Eka Putra, Chairul rizal, Khairunnisa Khairunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 Rismayanti Rismayanti
								Rismayanti Rismayanti
							 
							




















