Pelatihan Desain Kemasan Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal Kepada GEN-Z

Authors

  • Rismayanti Rismayanti Universitas Harapan Medan
  • Leni Marlina Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Eka Putra Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Chairul rizal Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.648

Keywords:

Pelatihan, Desain Produk, Digital Printing, Photoshop, CorelDRAW, UMKM, Gen-Z

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generasi muda, khususnya Gen-Z, dalam mendukung pengembangan produk UMKM lokal melalui pelatihan desain berbasis digital printing. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan inovasi dan kreativitas dalam industri kreatif, digital printing menjadi salah satu solusi yang mampu menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi, seperti merchandise, kemasan, dan media promosi. Metode pelatihan dilakukan melalui pendekatan partisipatif dengan tahapan sosialisasi, pemberian materi, praktik langsung desain menggunakan perangkat lunak grafis populer, seperti Adobe Photoshop dan CorelDRAW, serta simulasi proses cetak digital. Peserta pelatihan terdiri dari pelaku UMKM muda serta komunitas Gen-Z yang berfokus pada pengembangan usaha kreatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merancang desain produk yang sesuai kebutuhan pasar, serta tumbuhnya motivasi untuk berwirausaha berbasis teknologi digital. Dengan demikian, program ini berkontribusi pada peningkatan daya saing UMKM lokal dan membekali Gen-Z dengan kompetensi kreatif yang relevan dengan era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andy Endra Krisna. (2024). Transformasi UMKM Melalui Industri Kreatif: Pendekatan Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 66–81. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4514

Cynthia, E. P., Permana, I., & Nursalisah, F. (2025). Evaluasi Efisiensi Pemanfaatan Struktur Data dalam Bahasa Pemrograman Python untuk Operasi Pencarian dan Penyimpanan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknik Informatika, 1(1), 1–7.

Fachri, B., Daniel Daud Sunly Bazikho, & Ferdy Syahlan Susilo. (2024). Perancangan Sistem Informasi Penjualan UMKM Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Wordpress. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi (JUKTISI), 3(2), 723–730. https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i2.260

Firdausiah, R. A. (2024). Pelatihan Penguatan Peran Dan Karakter Generasi Penerus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1.1), 635–641.

Gustiana, Z., E, A. H., & Firah, A. (2024). Peningkatan Pemasaran UMKM dengan Teknologi Cloud dan Digital Marketing. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 276–284. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.241

Hasanuddin, M., Randi Rian Putra, Hasan Siregar, M. N., Supiyandi, & Khodijah, S. (2024). Pelatihan Aplikasi Program Paket Niaga dan Internet Dalam Pengembangan Kompetensi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 291–295. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.248

Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran usaha mikro, kecil, dan menengah dalam pertumbuhan ekonomi: Analisis kontribusi sektor umkm terhadap pendapatan nasional di indonesia. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 739–746.

Kirana, C. A. D., Ravenska, N., & Fauzi, R. M. (2024). Upaya Mengoptimalkan Peluang Inovasi Digital Bagi Mahasiswa melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2277–2287. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5264

Maryam, M., Amalia, C. I., Hanum, F., & ... (2025). Inovasi Desain Produk sebagai Strategi Meningkatkan Profitabilitas UMKM Kerajinan Rumahan. Jurnal Serambi …, 10(3). https://jse.serambimekkah.id/index.php/jse/article/view/918%0Ahttps://jse.serambimekkah.id/index.php/jse/article/download/918/701

Mustari, N. H. (2024). Umkm Sebagai Pilar Dalam Membangun Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(3), 198–211. https://doi.org/10.59827/jie.v3i3.187

Roqybah, L., Yuniansyah, I. F., Rizki, A. M., Rokhmaturrizqiyah, F., Zain, B., Muhamad, D. F., Kurniawan, A., Salsabila, A. R., Pramitha, A. S., & Insiyah, M. (2025). Strategi Digital Marketing untuk UMKM: Meningkatkan Daya Saing di Pasar Lokal melalui Media Sosial. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3(1), 41–50. https://ejournal.mediapenamandiri.com/index.php/jomi/article/view/89

Saragih, R., Gultom, I., Jesayas Sembiring, & Divi Handoko. (2024). Pelatihan Design Grafis Sebagai Passive Income Dalam Dunia Advertising Untuk Generasi Gen Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 331–335. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.253

Sutantri, & Syawahidul Haq, M. (2023). Strategi Packaging Produk UMKM Oleh Rumah Kurasi Kediri dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.33367/at.v5i1.1479

Tohari, A., Faisol, F., Ayu Septi Fauzi, D., Prayogy, M. D., & Khoiriyah, W. (2025). Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Pendampingan Digital Marketing Untuk UMKM Jatirejo. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v4i1.1358

Wedhasari, T., Ruhyat, N., & Multahada, E. (2025). Pelatihan Komprehensif Desain Mesin Berbasis Teori. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(5).

Downloads

Published

2025-10-04

How to Cite

Rismayanti, R., Marlina, L., Putra, E., rizal, C., & Khairunnisa, K. (2025). Pelatihan Desain Kemasan Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal Kepada GEN-Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 363–369. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.648