Pelatihan TIK untuk Game Edukatif Bagi GEN-Z di LKP KARYA PRIMA KURSUS
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.649Keywords:
Pelatihan TIK, Game Edukatif, Gen-Z, Kreativitas, LKP Karya PrimaAbstract
Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan keterampilan digital generasi muda, khususnya Gen-Z yang sangat dekat dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan TIK melalui pengembangan game edukatif di LKP Karya Prima Kursus sebagai sarana pembelajaran kreatif dan interaktif. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan mengamati proses pelatihan, keterlibatan peserta, serta hasil akhir berupa produk game edukatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kolaborasi peserta dalam menyelesaikan tantangan berbasis teknologi. Selain itu, peserta merasa lebih termotivasi dalam mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi yang menyenangkan. Kesimpulannya, pelatihan TIK berbasis game edukatif efektif dalam memberikan pengalaman belajar yang relevan, adaptif, serta sesuai kebutuhan Gen-Z dalam menghadapi perkembangan era digital.
Downloads
References
Agitha, N., Irmawati, B., Anjarwani, S. E., Afwani, R., & Albar, M. A. (2024). Pemanfaatan Mesin Absensi Berbasis RFID sebagai Media Absensi Sholat Berjamaah pada Santri Pesantren Alam Sayang Ibu Lombok Barat. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 5(1), 26–33.
Ahadiyah, F. N. (2024). Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 41–49.
Carolina, Y. Dela. (2023). Augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif 3D untuk meningkatkan motivasi belajar siswa digital native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16.
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1).
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462.
Khodijah, S., & Harahap, R. R. (2025). Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Dasar Komputer Dan Internet di Desa Saentis. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(3), 162–167.
Kholifah, A. (2022). Strategi pendidikan pesantren menjawab tantangan sosial di era digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978.
Mendrofa, R. N., Fauzi, K. M. S. M. A., & Sitompul, P. (2024). Eksplorasi keterkaitan antara kearifan lokal dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 601–611.
Ovani Purba, F., & Irwanoviana, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Cinta Budaya/Chong Wen. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(2), 200–205. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.127
Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 1–12.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital Program Studi Magister Administrasi Pendidikan , Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Ramadani, F., & Hasanuddin, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Guru SD dalam Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berdampak, 1(1), 1–7.
Simanjuntak, I. D., Sihotang, M. K., Marisa, M., Hafizhah, A., Marbun, M. I., & Aginta, G. (2025). ASPEK TEKNIS DAN TEKONOLOGI DALAM STUDI KELAYAKAN BISNIS. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(3), 227–233.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268.
Yeni Puji Astuti, Choli Astutik, & Asmoni. (2024). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Media Tik Menggunakan Aplikasi Kahoot Sdn Kalianget Timur Ix. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(4), 90–99. https://doi.org/10.61722/japm.v2i4.1967
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendry; Afif Badawi, Hanna Willa Dhany, Supina Batubara, Muhammad Hasanuddin, Siti Khodijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 Hendry
								Hendry
							 
							




















