Penguatan Peran Gen-Z sebagai Kreator Konten Digital untuk Promosi Produk UMKM di Media Sosial

Authors

  • Eka Pandu Cynthia UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
  • Ramadhan Harahap Universitas Pembangunan Pancabudi, Medan
  • Muhammad Amin Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan
  • Alabbas Hussein Saeed Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Muhammad Hasanuddin Universitas Pembangunan Pancabudi, Medan

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.658

Keywords:

Gen-Z, Kreator Konten Digital, UMKM, Promosi Digital, Media Sosial

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat peran generasi Z sebagai kreator konten digital dalam upaya meningkatkan promosi dan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di media sosial. Generasi Z memiliki potensi besar dalam mengoptimalkan platform digital karena kedekatannya dengan teknologi dan kemampuan adaptif terhadap tren komunikasi modern. Pelatihan dilakukan melalui pendekatan praktik langsung dan pendampingan intensif, meliputi pembuatan konten foto, video, copywriting promosi, serta strategi manajemen media sosial yang efektif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam menghasilkan konten yang menarik, relevan, dan berdampak pada peningkatan interaksi akun promosi UMKM. Selain itu, kegiatan ini turut memperluas jangkauan pemasaran digital UMKM melalui kolaborasi antara pelaku usaha dan kreator muda. Dampak nyata terlihat dari peningkatan engagement dan awareness terhadap produk lokal. Program ini menjadi langkah strategis dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital yang berkelanjutan serta memperkuat sinergi antara generasi muda dan sektor UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, M. D., & Hidayati, L. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(2), 144–159. https://doi.org/10.57119/abdimas.v2i2.75

Ezra Muharrifah, Diana Putri Auliyah Rahma, & Amelia Putri Daulay. (2024). Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Karakteristik Mahasiswa KPI FDK UIN-SU. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 121–139. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1248

Fadhil, M. S., Supiyandi, & Harahap, R. R. (2025). Penerapan Metode Pose To Pose Dalam Pengembangan Animasi 3D Untuk Promosi UMKM. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(2), 398–408. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.431

Firdaus, M., Siregar, H., Wahyudin, A., Hambali, Y. A., & Rasim. (2025). Perancangan Website Servis Laptop dan Komputer Sebagai Wujud Penerapan Technopreneurship Mahasiswa. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(2), 556–565. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i2.453

Gustiana, Z., E, A. H., & Firah, A. (2024). Peningkatan Pemasaran UMKM dengan Teknologi Cloud dan Digital Marketing. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 3(1), 276–284. https://doi.org/10.62712/juribmas.v3i1.241

Hadinata, E., Irwan, D., Elhanafi, A. M., & Handoko, D. (2025). Pelatihan Strategi Marketing Pemanfaatan Content Creator Pada Bisnis Food and Beverage Studi Kasus Bisnis Madu Hutan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 137–148. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.460

Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 92–108. https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.329

Prayoga, J., & Hasugian, B. S. (2025). Pelatihan Desain Grafis untuk Pemberdayaan Pemuda di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berdampak, 1(2), 73–80.

Rismayanti, R., Marlina, L., Putra, E., & Khairunnisa, K. (2025). Pelatihan Desain Kemasan Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal Kepada GEN-Z. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 363–369.

Siagian, F., Nuraini, I., Rahmaini, W., Nuraini, A., Lubis, I., & Dongoran, I. M. (2025). Edukasi Kesehatan Reproduksi melalui Penyuluhan Menopause di Desa Janji Manaon Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(1), 219–226. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i1.477

Sundari, S., Supiyandi, S., Rizki, C. A., Asih, M. S., & Khairuniza, N. (2025). Pemberdayaan GEN-Z melalui Pelatihan Desain Produk Berbasis Digital Printing untuk UMKM Lokal. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 354–362.

Suparmanto, N., Fitrihana, N., & Brilianti, G. P. (2025). Analisis Pemenuhan TKDN Produk Pada Industri Kreatif Sektor Fesyen, Kuliner, dan Kerajinan DI Yogyakarta. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 20(1), 45–54. https://doi.org/10.29244/mikm.20.1.45-54

Susanto, B. F., Muchlis, Raju Maulana, Fauzan, M., & Widyawati. (2024). Strategi Pemasaran Produk Umkm Berbasis Digital Di Kabupaten Indragiri Hilir: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Analisis Manajemen, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.32520/jam.v10i1.3584

Widiati, E., MY, A. S., & Santoso, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemasaran Digital Melalui Optimasi Instagram Bisnis Pada Umkm. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i2.2250

Downloads

Published

2025-10-09

How to Cite

Cynthia, E. P., Harahap, R., Amin, M., Saeed, A. H., & Hasanuddin, M. (2025). Penguatan Peran Gen-Z sebagai Kreator Konten Digital untuk Promosi Produk UMKM di Media Sosial. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 391–398. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.658