Mengedukasi Siswa Kelas Vi Di SD Negeri 15 Kota Bengkulu Tentang Cara Menggunakan Media Sosial Yang Benar

Authors

  • Doni Ekrian Saputra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yogi Kurnia Dwi Putra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rifa’i Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.661

Keywords:

Media Sosial, Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Di era digital, media sosial berkembang pesat dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak dan remaja. Kurangnya pemahaman anak dalam menggunakan media sosial dapat menimbulkan dampak negatif. Di SD Negeri 15 Kota Bengkulu, banyak siswa yang belum memahami penggunaan media sosial secara benar. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan edukasi tentang cara pemanfaatan media sosial yang cerdas. Program pemberdayaan siswa ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab. Melalui metode presentasi, diskusi, dan studi kasus, siswa memperoleh wawasan mengenai etika digital, dampak negatif media sosial, serta cara memanfaatkannya untuk hal positif. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan siswa, termasuk dalam aspek penting seperti keamanan data dan kemampuan membedakan informasi yang benar.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Pendidikan, Sekolah Dasar.

 

Abstract

In the digital era, social media is growing rapidly and becoming part of everyday life, including for children and adolescents. Children's lack of understanding in using social media can have negative impacts. At SD Negeri 15 in Bengkulu City, many students do not understand the correct use of social media. Based on this problem, education was conducted on how to use social media intelligently. This student empowerment program aims to improve understanding and skills in using social media wisely and responsibly. Through presentations, discussions, and case studies, students gain insight into digital ethics, the negative impacts of social media, and how to use it for positive purposes. This activity successfully increased students' knowledge, including in important aspects such as data security and the ability to distinguish between accurate information.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda,Bella. (2024). Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Proses Sosialisai Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sains student Research, 310-322.

Alwendi, Lela Budiarti, Andi Saputra Mandopa. (2025). Sosialisasi Penggunaan Intenet dan Sosial Media Secara Positif di SDN Pintu Padang . Journal of Social Innovation and Community Service, 55-65.

Nadiva Putri Ananda . (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan di SD . Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya (Protasis), 71-78.

Nisrina Akbar Rizky Putri1, Noor Afy Shovmayanti, Ardiansyah. (2025). Edukasi Sosial Media Literasi pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Tonggalan, Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19-25.

Kamila, Oktaviani puspita. (2024). Pendampingan IT Pada Anak Usia Sekolah Di Desa Mulyo Sari Kecamatan Tanjung Sari. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13-18.

Saragih,Y, Azhar. (2024). Sosialisasi Penggunaan HP Dan Internet Sehat Bagi Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bangun Abdimas, 243-239.

Tegar Al Fathan, Rifa’i . (2023). Edukasi Penggunaan Media Sosial Yang Efektif Bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 50 Sawah Lebar Baru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 13-20 .

Zaenur Rozikin, Antika Zahrotul Kamalia, Nursinta Afrianti. (2025). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar dalam Edukasi Penggunaan Media Sosial Yang Cerdas . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 755-762.

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social Networking Sites and Addiction: Ten Lessons Learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 311.

American Academy of Pediatrics. (2016). Media and Young Minds. Pediatrics, 138(5).

Rini, A. S., & Setyowati, N. (2020). Edukasi Pengelolaan Sampah Plastik Melalui Kegiatan Kreatif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas, 4(1), 45–52.

Valkenburg, P. M., & Piotrowski, J. T. (2017). Plugged In: How Media Attract and Affect Youth. Yale University Press.

Downloads

Published

2025-10-22

How to Cite

Ekrian Saputra, D., Dwi Putra , Y. K., & Rifa’i. (2025). Mengedukasi Siswa Kelas Vi Di SD Negeri 15 Kota Bengkulu Tentang Cara Menggunakan Media Sosial Yang Benar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 445–452. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.661