Penguatan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif

Authors

  • Rina Nurhidayati Universitas Indraprasta PGRI
  • Argi Thaufani Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.665

Keywords:

literasi digital, guru, kuis interaktif, pelatihan, Quizizz

Abstract

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi digital para guru melalui pelatihan pembuatan kuis interaktif. Literasi digital menjadi salah satu kompetensi esensial bagi pendidik di era pembelajaran abad ke-21, khususnya dalam mendukung penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar. Meski demikian, masih banyak guru yang menghadapi kendala dalam memanfaatkan berbagai platform digital untuk mengembangkan media evaluasi pembelajaran.Pelatihan ini diselenggarakan dalam bentuk pelatihan yang melibatkan guru dari berbagai jenjang pendidikan di bawah naungan Yayasan Nurul Aini. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, meliputi persiapan, penyampaian materi teori, praktik langsung pembuatan kuis menggunakan aplikasi Quizizz, hingga pendampingan dalam penerapan hasil pelatihan ke kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi berbasis digital, merancang kuis interaktif, serta mengintegrasikannya sebagai bagian dari proses evaluasi pembelajaran. Secara keseluruhan, pelatihan ini tidak hanya memperkuat kompetensi literasi digital guru, tetapi juga mendorong terciptanya suasana belajar yang lebih partisipatif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era digital.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Argi Thaufani, Universitas Indraprasta PGRI

 

 

References

Al Adawiyah, A. (2022). Training of Gamified Online Learning for Teachers Through Quizizz. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–99. https://doi.org/10.35870/ajad.v2i2.73

Astuti, N. W. W., & Artawan, K. S. (2023). Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Guru untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar, Prospek Ii, 270–276.

Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65–70.

Batubara, A. F., & Lubis, Y. (2025). TEACHERS’ PERCEPTION OF USING QUIZIZZ TO ENHANCE STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH IN JUNIOR HIGH SCHOOL. IJEAL (International Journal of English and Applied Linguistics), 5(2), 244–258.

Bryan, F. M. A., Prasetya, A. D., & Habibie, B. I. (2023). Pelatihan Digitalisasi Quiz Menggunakan Quizizz untuk Pengajar SMP Johanes Bosco. Prosiding SENAPAS, 1(1), 208–213.

Dewi, N. P. C. P., Wulandari, G. A. A., Dewi, M. S. A., Artini, N. P. J., Paragae, I. G. A. P. N. S., & Dikta, P. G. A. (2025). Analysis of Digital Literacy Through the Quizizz Application in Civic Education Course. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 6(1), 164–175. https://doi.org/10.46843/jiecr.v6i1.2103

Enstein, J., Benufinit, Y. ., & Tanggur, F. . (2024). Challenges and Strategies for Digital Literacy Ecosystem Development in the RI- RDTL Border Region. Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 14, N(Literasi Digital), 39–48. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.617

Hasan, M., Aldyza, N., & Danil, M. (2025). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1329–1335.

Herniyastuti, H., & Kadir, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Solusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v3i1.49

Ismaya, R., & Gunawan, H. I. (2025). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Guru di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(2), 65–69. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.899

Jannah, R. (2025). Transformasi Digital dan Literasi Teknologi Terhadap Profesionalisme Guru. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12), 782–786. https://doi.org/10.5281.zenodo.15614949

Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 131–147. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344

Lestari, R., Rohani, T., Susanti, N., Aristya, I. S., Kalsum, U., Pratama, Y., Feriza, F., & Nugroho, S. (2025). Pelatihan Dasar Literasi Digital bagi Guru SD Aisyiyah 1 Kauman Pagar Alam Menuju Pembelajaran Merdeka Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian, 4(1), 101–108.

Mayasari, Hikmah, N., Julina, S., Silvany, R., Husnita, L., & Nur, M. (2025). HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5714–5720.

Nurwahidah, Sadapotto, A., Manda, I., Ahmad, J., Kasman, N., & Buhari. (2025). Utilizing Quizizz to Enhance Formative Assessment in the Classroom. SSR Journal of Arts, Humanities and Social Sciences (SSRJAHSS), 2(7). https://doi.org/10.5281/zenodo.16256773

Pohan, M. M., Nasution, M. B. K., & Kurniawan, R. (2024). Implementasi Media Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar pada Teks Negosiasi Siswa SMK Pemda Rantauprapat. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.32939/altifani.v4i1.4048

Pratama, S., Ashari, M., Zulkarnain, S. A. B., & Sabrina, E. (2025). The Importance of Digital Literacy in the World of Education : Learning Transformation in the Digital Era. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 554–561.

Purwandari, N., Jihadi, H., Maulana, D., Baskoro, B. H., Zulfikar, M., & Kelmah, S. M. (2024). Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif Dengan Aplikasi Quizizz Dan Mentimeter Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kautsar Cikarang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1666. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21479

Putri, M. W., Irwan, I., & Rahmadani, S. (2025). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 07 SOLOK SELATAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03).

Rizkullah, M. F., Sahlan, M., & Puspitarini, D. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz’’ dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9(4), 860–867. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Sari, D. N., Hasanah, M., & Faisal, A. N. (2025). Urgensi Penguasaan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran di Abad 21. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 1–8.

Downloads

Published

2025-10-16

How to Cite

Nurhidayati, R., & Thaufani, A. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif . Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 425–432. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.665