Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memimpin Perencanaan Kelas Melalui Penugasan Terstruktur

Authors

  • Memet Sudaryanto Universitas Jenderal Soedirman
  • Vera Krisnawati Universitas Jenderal Soedirman
  • Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i3.68

Keywords:

Kompetensi, Perencanaan Kelas, Penugasan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pada kurikulum merdeka, peran guru memiliki tujuan sentral jika dilihat dari perencanaan kelas sampai pada penilaian. Pada tingkat PAUD, guru dituntut mampu menggiring kelas untuk mengikuti celoteh siswa sehingga anak dapat menemukan pengalaman belajar yang menyenangkan dan sesuai kebutuhannya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui teknik coaching dan penugasan pada guru dengan karakteristik tertentu yang telah ditunjuk di TK Pertiwi 25.10 Debong Tengah Kota Tegal. Pelaksnaan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada saat project management office (PMO) yakni pada bulan Januari dan Maret 2023. Guna memperoleh kredibilitas data maka hasil penugasan dan coaching dikonfirmasi melalui observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan perencanaan dalam menentukan modul ajar yang digunakan di kelas. Selain itu, terjadi peningkatan komunikasi antarguru dalam interaksi belajar mengajar guna menyamakan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan solusi alternatif perangkat pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru. Setiap proses pembelajaran yang didesain oleh guru adalah hasil diskusi antarguru yang dilaporkan kepada kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud, P. P. (2016). Pengembangan Silabus Dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158.

Rohmadi, M., & Sudaryanto, M. (2023). Teachers' self-efficacy in dealing with students' online learning difficulties: A study of psychopragmatics in Indonesian language learning. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 51(1), 13-26.

Rohmadi, M., Sudaryanto, M., Ulya, C., Akbariski, H., & Putri, U. (2020, May). Case Study: Exploring Golden Age Students’ Ability and Identifying Learning Activities in Kindergarten. In Proceedings of the First Brawijaya International Conference on Social and Political Sciences, BSPACE, 26-28 November, 2019, Malang, East Java, Indonesia.

Sudaryanto, M., Rohmadi, M., Ulya, C., Wulansari, K., & Rizqi, U. (2021, May). Case Study of Problem-Based Teaching Material Development Simulation in School. In MICOSS 2020: Proceedings of the 1st MICOSS Mercu Buana International Conference on Social Sciences, MICOSS 2020, September 28-29, 2020, Jakarta, Indonesia (Vol. 343). European Alliance for Innovation.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Sudaryanto, M., Krisnawati, V., & Nugroho, B. A. P. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memimpin Perencanaan Kelas Melalui Penugasan Terstruktur. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(3), 83–87. https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i3.68

Issue

Section

Articles