Pelatihan E-Marketing Bagi Penggiat Wisata Curug Gomblang Desa Kalisalak

Authors

  • Sofiatul Khotimah Universitas Jenderal Soedirman
  • Oke Setiarso Universitas Jenderal Soedirman
  • Retno Kurniasih Universitas Jenderal Soedirman
  • Meutia Karunia Dewi Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i3.71

Abstract

Teknologi yang semakin canggih harusnya mampu menyentuh seluruh aspek kegiatan. Salah satunya yaitu dalam aspek pemasaran untuk memberikan informasi mengenai destinasi wisata baru. Saat ini, tren masyarakat mengalami peningkatan dalam melakukan pencarian objek wisata melalui media sosial, baik itu instagram, facebook, google, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penggiat wisata sudah seharusnya dapat memahami penggunaan media sosial sebagai salah satu alternatif E-Marketing (pemasaran elektronik). Program pengabdian penerapan IPTEKS ini bertujuan untuk melakukan pelatihan dan pendampingan E-Marketing kepada penggiat wisata di Curug Gomblang yang bertempat di Desa Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas sehingga minat masyarakat berkunjung ke wisata Curug Gomblang dapat meningkat. Program pengabdian penerapan IPTEKS dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan E-Marketing dan pengabdian dalam bentuk pelatihan video, pembuatan konten youtube dan media sosial, serta penggunaan copywriting. Luaran yang diharapkan dari adanya program ini adalah artikel pengabdian, makalah yang diseminarkan, dan video.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhika, A. 2020. Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Ke Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Arifin, S., & Krisnadita, Y. 2017. Aplikasi Plugin Transfer Domain Di PT Beon Intermedia. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, 8(1), 1-84.

Irkhos, I., & Risdianto, E. (2022). Pelatihan Pengelolaan Website dan Konten Youtube Untuk Promosi Wisata Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah. DIKDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11-20.

Mahdi, M. I., 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. diakses pada tanggal 19 september 2022.

Marliana, R. R., Sejati, W., Nisa, W. A., Pujayanti, U., Sopian, R., & Noergana, W. 2022. Rancang Bangun Website Desa Citengah Untuk Pengembangan Promosi Potensi Desa. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 193-197.

Rahim, A. R., Syufa’atus, S., & Triska, P. L. 2019. Pembuatan Web Desa Karanggeneng Sebagai Sarana Informasi Desa Dan Promosi Desa. DedikasiMU: Journal of Community Service, 1(1), 35-42.

Widiastini, N. M. A., Andiani, N. D., Rahmawati, P. I., Yasa, I. W. P., & Wirata, G. 2018. Pelatihan Penyusunan Profil Wisata Berbasis Teknologi Informasi Di Desa Sudaji, Kabupaten Buleleng. Jurnal Difusi, 1(2).

Rizal, C., Supiyandi, S., Zen, M., & Eka, M. (2022). Perancangan Server Kantor Desa Tomuan Holbung Berbasis Client Server. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(1), 27–33.

Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346–2356.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Sofiatul Khotimah, Setiarso, O., Retno Kurniasih, & Meutia Karunia Dewi. (2023). Pelatihan E-Marketing Bagi Penggiat Wisata Curug Gomblang Desa Kalisalak. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(3), 96–102. https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i3.71

Issue

Section

Articles