SOSIALISASI PENERAPAN METODE LATIHAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA
DOI:
https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.112Keywords:
Socialization, Playing Exercise, Rolling Balls, FootballAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas sosialisasi penerapan metode latihan bermain dalam meningkatkan keterampilan menggiring bola pada permainan sepak bola. Keterampilan menggiring bola merupakan komponen penting dalam sepak bola yang memengaruhi performa individu dan tim dalam pertandingan. Metode latihan bermain merupakan pendekatan yang menggabungkan unsur permainan dengan latihan teknis, bertujuan untuk menciptakan lingkungan latihan yang lebih realistis dan menarik. Studi ini dilaksanakan dengan melibatkan sekelompok pemain sepak bola muda dari berbagai tingkat kemampuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Kelompok eksperimen menerima sosialisasi tentang penerapan metode latihan bermain untuk menggiring bola, sementara kelompok kontrol tetap mengikuti latihan konvensional. Pengukuran keterampilan menggiring bola dilakukan sebelum dan setelah intervensi menggunakan pengukuran teknis yang telah diakui. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menggiring bola pada kelompok eksperimen setelah mengikuti sosialisasi metode latihan bermain. Peningkatan tersebut tidak hanya terlihat pada aspek teknis menggiring bola, tetapi juga pada kemampuan pemahaman situasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik selama permainan. Di sisi lain, kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan bermain memiliki potensi untuk secara efektif meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola. Oleh karena itu, disarankan agar pelatih, pemain, dan para praktisi sepak bola mempertimbangkan penggunaan metode latihan bermain dalam program pelatihan untuk mencapai perkembangan keterampilan yang lebih optimal. Studi lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi variabel lain yang mungkin mempengaruhi hasil dari penerapan metode latihan bermain dalam konteks
sepak bola.
Downloads
References
Grehaigne, J. F., Godbout, P., & Bouthier, D. (1999). The teaching and learning of decision making in team sports.
Quest, 51(1), 59-76.
Memmert, D. (2010). Teaching tactical creativity in sport: Research and practice. Routledge.
Travassos, B., Araújo, D., Davids, K., & Esteves, P. T. (2012). Performance analysis in team sports: Advances from
an Ecological Dynamics approach. International Journal of Performance Analysis in Sport, 12(3), 525-528.
Davids, K., Araújo, D., Correia, V., & Vilar, L. (2008). How small-sided and conditioned games enhance
acquisition of movement and decision-making skills. Exercise and Sport Sciences Reviews, 36(4), 209-210.
Hopper, T., & Bagnall, C. (2019). Play with purpose: Game sense to sport literacy. Routledge.
Silva, P., Garganta, J., Araújo, D., Davids, K., & Aguiar, P. (2013). Shared knowledge or shared affordances?
Insights from an ecological dynamics approach to team coordination in sports. Sports Medicine, 43(9), 765-
Ford, P. R., Ward, P., Hodges, N. J., & Williams, A. M. (2009). The role of deliberate practice and play in career
progression in sport: The early engagement hypothesis. High Ability Studies, 20(1), 65-75.
Oslin, J. L., Mitchell, S. A., & Griffin, L. L. (1998). The Game Performance Assessment Instrument (GPAI):
Development and preliminary validation. Journal of Teaching in Physical Education, 17(2), 231-243.
Silva, P., Duarte, R., & Araújo, D. (2014). An ecological approach to expertise effects in memory recall and
decision-making. Human Movement Science, 33, 1-12.
Renshaw, I., Davids, K., Araújo, D., Lucas, A., & Roberts, W. (2016). Constraints-led perspective to understanding
skill acquisition and game play: A basis for integration of motor learning theory and physical education
praxis? Physical Education and Sport Pedagogy, 21(1), 1-21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Suherman, Chairul Rizal, Leni Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Endang Suherman




